Tips Lulus CPNS Berdasarkan Kisah Nyata

Lulus CPNS dan menjadi ASN siapa yang tak ingin? Bukankah ini mimpi kebanyakan dari mereka yang baru saja menamatkan studi di bangku perguruan tinggi. Keinginan yang hampir tiap dari mereka pasti pernah terbersit untuk mencoba jalan ikut seleksi CPNS.


Alih-alih jadi ASN, yang didapat malah kegagalan. Bukan tanpa sebab, kurang persiapanlah alasan utamanya. Banyak yang cuma ikut-ikutan adu nasib dengan bermodalkan kalimat "siapa tahu lolos". Padahal ikut seleksi CPNS tak sesederhana itu seperti yang dibayangkan.

Maka dari itu diperlukan persiapan yang matang agar yang dicita-citakan dapat terwujud. Tak hanya dengan mencari-cari soal di internet lalu mendownload dan dikerjakan. Lebih dari itu. Anda harus paham soal apa saja yang sering diujikan bahkan aturan dalam pengerjaan soal juga tak boleh luput dari perhatian.

Perlu belajar pula dari mereka yang sudah lulus CPNS untuk tahu bagaimana pengalaman yang sudah mereka dapatkan dan bagaimana saja tips yang dilakukan supaya bisa lolos. Bukankah kata banyak orang "pengalaman adalah guru yang terbaik?".

Tak menyia-nyiakan perkataan ini, bergegas saya akan membagikan tips lulus CPNS berdasarkan kisah nyata.
1. Jangan hanya fokus pada soal tahun sebelumnya
Jangan terlalu fokus mempelajari soal-soal tes CPNS tahun sebelumnya, terutama yang bersifat hafalan. Misalnya seperti menghafal nama pahlawan, tanggal-tanggal bersejarah, dan lain-lain. Karena pemerintah tidak akan mengulang soal yang sama. Ini masalah nasib, kalau beruntung Anda akan mendapatkan soal hafalan yang kebetulan Anda tahu.

Namun jika hanya terpaku pada soal hafalan dan mengabaikan jenis soal CPNS yang sering keluar lainnya juga akan menjadi bumerang untuk Anda sendiri. Pasalnya Anda harus menguasai sebagian besar materi dan bukan hanya fokus pada satu jenis materi. Itulah betapa pentingnya mengapa kita harus berstrategi dalam hal ini.

2. Persiapan belajar jauh-jauh hari
Persiapkan ujian dengan belajar jauh-jauh hari. Buat catatan singkat tentang soal-soal yang sudah keluar tersebut. Pelajari konsepnya, kembangkan, lalu kemudian cari soal yang hampir mirip. Tak ada salahnya bukan untuk mencoba cara ini. Kebanyakan dari mereka yang sudah lulus tes seleksi CPNS yang mau berbagi ceritanya tak jarang juga melakukan cara ini.

Namun yang paling penting juga harus paham konsep dari materi yang lainnya. Memang kita tak akan bisa jika hanya memaksakan untuk memaksimalkan satu jenis materi saja, jika itu dilakukan maka akan berimbas pada jenis materi lainnya yang nanti akan kurang penguasaan materinya. Maka persiapan segala sesuatunya sebaik mungkin.

3. Perbanyak pelajari soal kategori TIU
Anda harus memperbanyak mempelajari soal kategori TIU. Karena soal TIU lebih mengarah kepada pemahaman. Jadi kalau Anda paham mau soalnya seperti apa pasti bisa mengerjakan, karena pada dasarnya sudah paham konsep. Contoh soal TIU yang hampir pasti muncul tiap tes CPNS adalah test deret angka dan gambar, silakan pelajari pola-polanya (silogisme, mean, median, modus, sinonim dan antonim).

Kalau Anda sebelumnya dulu pernah ikut SBMPTN atau sebelumnya yang bernama SPMB pasti pernah merasakan bagaimana atmosfer perjuangannya. Ya, seperti itulah rasanya. Anda akan dipaksa bernostalgia dengan tujuan yang berbeda, tujuan sekarang bukan lagi masuk perguruan tinggi impian melainkan menjadi ASN.

4. Tips penting untuk soal TKP
Untuk soal TKP jika Anda mendapat pilihan untuk memilih pekerjaan keluarga, maka pilihlah dua-duanya. Dengan catatan utamakan yang terlebih dulu bikin janji. Misal Anda sudah minta cuti untuk ulang tahun anak, tapi tiba-tiba disuruh ke kantor, ya Anda hadiri dulu ulang tahun anak baru ke kantor, walaupun terlambat sampai kantor.

Dan kalau ada soal tentang teman yang malas di kantor maka pilihlah jawaban yang melapor ke pimpinan, jangan pilih yang misalnya menegur teman agar rajin. Karena kita adalah karyawan, maka seharusnya adalah dengan menyerahkan segala urusan yang diluar konteks pekerjaan kepada pimpinan.

5. Ikut grup CPNS di sosial media
Banyak ikut grup-grup CPNS di medsos, karena biasanya ada orang berhati mulia yang membagikan soal-soal tes CPNS terbaru yang baru saja dijalaninya. Jujur bagi saya ini sangat membantu, karena memberi gambaran bagi saya sebelum tes dan Anda tidak perlu untuk download soal tes CPNS terbaru yang ada di internet.

Ikutilah grup SKD, grup CPNS dan grup apa saja yang berhubungan dengan CPNS lalu pantau terus grupnya. Karena dulu para peserta ujian CPNS yang sudah melaksanakan ujian, sering membagikan soal yang keluar. Meski soal tidak sama, tapi setidaknya polanya hampir mirip.

Dengan tahu soal yang sudah dikerjakan maka setidaknya bisa membandingkan dengan soal-soal sebelumnya dan kemungkinan bisa memprediksi dan menyiapkan materi sedari sekarang karena Anda punya strategi dan modal yang bagus karena sudah tahu tipe soal yang sering keluar dalam tes seleksi CPNS tiap tahun.

6. Berdo'a dan meminta restu kepada orang tua
Walau bagaimanapun restu orangtua ialah segalanya. Bukan tidak mungkin jika tak mendapat izin dari beliau maka kita akan gagal. Dan sangat mungkin sekali dengan persiapan yang sudah sangat matang ditambah izin dan restu dari mereka maka peluang untuk bisa lolos akan sangat-sangat terbuka lebar untuk Anda.

Banyak yang mengabaikan orangtuanya, padahal ketika itu dilakukan maka bisa jadi kegagalan bertubi-tubi siap menghampiri di setiap perjuangan yang Anda lakukan. Sekali lagi saya tekankan. Minta izin dan do'a restu dulu dari orangtua sebelumnya agar langkah kaki dan perjuangan Anda dimudahkan. Jika sudah tinggal ikhtiar dan do'a sekeras-kerasnya.

7. Pasrah dan tawakal
Selanjutnya yang terakhir Anda tinggal pasrah dengan bertawakal. Setelah ikhtiar dan do'a dilakukan maka tinggal serahkan semua hajat dan keinginan kepada Allah semata, berharap semoga  keinginan benar-benar dikabulkan untuk menjadi kenyataan. Karena tugas kita hanya ikhtiar dan meminta, selebihnya kita tak tahu apa yang akan terjadi.

Pastikan juga bahwa semua dokumen yang diperlukan sudah sesuai ketentuan. Tentu syarat utama Anda harus lulus administrasi. Karena tak mungkin memaksakan diri melanjutkan ke sesi selanjutnya tanpa kelengkapan berkas sesuai aturan, aturannya jika ada yang tidak lengkap maka Anda sudah dinyatakan gagal.

Itu beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Setiap orang mempunyai pengalaman berbeda dan cara yang berbeda pula dalam memperjuangkan impiannya. Semoga kawan-kawan yang akan mengikuti ujian dipermudah dan diluluskan. Semangat selalu, dan jangan menyerah!!

Hai, Mau berbagi cerita pengalamanmu untuk diterbitkan di blog Kampusajaib.com dan menginspirasi ribuan orang? Caranya mudah sekali "Klik Disini"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel