Ini Cara Membuat Bibit Kelapa Agar Cepat Tumbuh

Ini Cara Membuat Bibit Kelapa Agar Cepat Tumbuh - Kelapa atau cocos nucifera adalah tumbuhan yang hampir semua bagian pada tubuhnya bisa dimanfaatkan oleh manusia tanaman ini adalah tanaman serbaguna yang banyak memberikan manfaat serta memberikan nilai ekonomis pada masyarakat.


Mulai dari atas hingga bawah seperti daunnya bisa digunakan untuk membuat ketupat, lupis atau yang kebanyakan orang gunakan saat acara pernikahannya itu untuk membuat janur kuning yang melengkung. Batang kayunya bisa digunakan untuk bahan bakar memasak bisa digunakan juga untuk bahan bangunan atau dijual.

Lalu dari buah kelapa nya itu sendiri juga banyak memberikan manfaat seperti serabut pada kulit kelapa bisa digunakan untuk membuat sapu atau ragam hiasan karya seni rupa yang tentu saja akan bernilai ekonomis yang tinggi jika diolah dengan teknik dan cara yang benar.


Kemudian dari cangkang buah kelapa itu sendiri yang keras biasanya digunakan juga untuk membuat hiasan-hiasan karya seni rupa. Dan dari buahnya sendiri bisa digunakan untuk bahan campuran makanan dengan melalui proses pemarutan atau diparut secara manual dan juga bisa menggunakan mesin.

Tapi jangan lupa juga karena di dalam buah kelapa juga ada air yang yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Dan sering kita jumpai di pinggir-pinggir jalan ketika ada orang yang jualan es kelapa muda saat cuaca terik di siang hari.

Tentu dengan beragam manfaat yang ada tersebut daerah-daerah yang mempunyai potensi dapat digunakan untuk menanam kelapa karena tanahnya yang sesuai dengan daerah untuk berkembang biaknya pohon kelapa ini akan sangat baik jika mampu membudidayakan melalui penanaman yang berkelanjutan.


Namun untuk dapat ditanam pohon kelapa ini tentu saja membutuhkan jangka waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu perlu cara pembibitan dan perawatan tertentu supaya bibit pohon kelapa ini bisa tumbuh dengan baik dalam waktu yang relatif pendek dengan waktu penanaman pada umumnya yang sering dilakukan.

Faktanya yang terjadi di lapangan adalah tunas kelapa tumbuh dengan waktu yang relatif lambat dan hal ini membutuhkan kesabaran yang ekstra penyebab dari lambatnya tunas kelapa tumbuh adalah karena memiliki kulit paling luar yang keras sehingga sulit untuk ditembus oleh air.

Solusinya agar pertumbuhan pada tunas dapat lebih cepat bisa dilakukan dengan pemotongan kulit luar pada buah kelapa agar mempermudah proses penyiraman dan pemupukan. Namun pelubangan pada kulit luar bagian pada buah kelapa tidak boleh sembarangan karena harus ditentukan lebih dahulu daerah mana yang akan dipotong.

Untuk mencari daerah mana yang akan dipotong dan dilubangi masukkan buah kelapa ke dalam air, lalu saat mengapung lihat dan tandai bagian atas yang tidak tercelup air. Nah daerah itulah yang nanti akan dilubangi. Karena hal ini bisa jadi patokan untuk melihat ke arah mana tunas akan tumbuh.

Pelubangan pada buah kelapa saat akan dilakukan pembibitan tersebut lebih memberikan keuntungan dari pada pembibitan yang dilakukan dengan cara biasa. Pasalnya jika dilakukan dengan cara biasa akan membutuhkan waktu kira-kira 1 tahun, namun jika dilakukan pelubangan pada bibit buah kelapa langsung bisa ditanam dalam rentang waktu yang lebih sedikit yaitu 7 bulan.

Jika hendak melakukan pembibitan tunas kelapa bisa dilakukan dengan ilustrasi seperti berikut yaitu 2500 butir kelapa disusun berjajar di atas lahan seluas 700 m². Sebelum disusun buah kelapa dilubangi dulu kulit luarnya dengan cara menggunakan palu dan paku supaya air mudah dimasukkan ketika disiram sehingga tunas akan cepat tumbuh.


Berlanjut ke proses penyiraman yang dilakukan dengan periode setiap 2 hari sekali agar bibit pohon kelapa bisa ditanam setelah 7 bulan kemudian. Lalu untuk proses pemupukan sendiri dapat dilakukan setelah tunas sudah tumbuh 2 atau ketika sudah berusia 3 bulan. Penyiraman harus dilakukan secara rutin setelah pemupukan agar pupuk dapat masuk ke dalam sabut kelapa.

Sedangkan untuk proses perawatan dari hama sendiri hanya tinggal melakukan pembersihan dari gulma dan hama yang menyerang. Kelihatannya sepele namun jangan diremehkan. Inilah yag sering dilupakan. Butuh perhatian khusus untuk melihat apakah ada gulma apa tidak.


Pupuk untuk pohon kelapa agar berbuah lebat


Pemupukan dikerjakan ketika tanah yang ditanami sudah kekurangan nutrisi untuk tanaman. Karena jika sudah sampai kekurangan nutrisi Maka lama-kelamaan nanti akan mengakibatkan tanaman kelapa itu tidak tumbuh sesuai apa yang diharapkan dan mungkin saja tidak akan bisa berbuah bahkan layu.

Biasanya pada bulan pertama menggunakan 100 gram pupuk urea yang diberikan pada 15 cm dari pangkal batang tanaman kelapa. Pemupukan selanjutnya adalah dua kali dalam satu tahun yaitu ketika musim hujan berakhir sekitar bulan April atau Mei dan ketika awal musim hujan telah tiba yaitu bulan Oktober atau November.


Tak ada salahnya bukan untuk mencoba menanam pohon kelapa sendiri di rumah dengan cara melakukan pembibitan sendiri sesuai dengan tutorial yang telah saya tuliskan di atas. Karena jika sampai berhasil menanam pohon kelapa sendiri dan berbuah banyak nanti akan ada rasa bangga tentunya karena punya pohon kelapa sendiri dan tidak usah membeli di toko atau pasar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel