Cara Membuat Lilin Dari Cotton Bud, Kapas,Minyak Goreng Tidak Akan Habis

Cara Membuat Lilin Dari Cotton Bud, Kapas,Minyak Goreng Tidak Akan Habis - Membuat lilin sendiri untuk digunakan saat listrik padam terkadang memerlukan waktu yang lama dan tentu saja bagi orang yang masih awam sulit untuk mempraktekkan bagaimana untuk mengetahui cara membuat lilin sendiri.

Listrik padam tak bisa diduga-duga karena biasanya sering ada perbaikan jaringan dari PLN entah itu karena juga ada kerusakan akibat sudah waktunya maintenance ataupun bisa saja di daerah tertentu sedang ada musibah seperti jaringan yang putus karena tertimpa ranting-ranting pohon atau pohon yang tumbang karena diterpa oleh angin.

Biasanya hal ini sering terjadi pada saat musim penghujan. Dikarenakan biasanya ada hujan lebat yang membuat pohon-pohon di pinggir jalan biasanya tumbang dan menimpa jaringan listrik yang ada di dekatnya. Mau tak mau membuat aliran listrik terputus untuk sementara waktu.

Akibat dari aliran listrik yang terputus tersebut membuat rumah-rumah warga tak bisa mendapat pasokan listrik dan harus rela gelap-gelapan saat malam dan tidak bisa menggunakan alat-alat elektronik yang sumber kekuatan utamanya menggunakan listrik.

Bisa saja saat mati lampu kita membeli alat penerangan lain sebagai alternatif saat listrik sedang padam. Seperti menggunakan lilin yang mudah didapat dan dibeli di toko-toko kelontong di sekitar rumah. Harganya pun bisa dikatakan ramah untuk kantong.

Namun apa jadinya jika kita ingin membeli lilin pada saat listrik padam dan tiba-tiba lilin sudah habis stoknya. Sedangkan tidak punya alat bantu penerangan untuk menerangi malam yang gelap di dalam rumah. Lalu apa yang bisa dilakukan?

Jika memang hal ini terjadi tenang saja karena masih ada senter yang bisa digunakan. Tapi senter tersebut tentu saja punya masa waktu untuk bisa menyala dengan batasan waktu tertentu dan tidak bisa menyala dalam waktu yang lama. Terus bagaimana solusinya?

Oleh karena itulah sebaiknya kita tahu bagaimana tips untuk mencari alat penerangan lain sebagai alternatif lilin jika lilin sedang habis.

Tenang saja saat listrik sedang padam bisa di akali dengan cara menggunakan lilin buatan jika lilin yang ada di toko sudah habis stoknya

Lilin buatan ini tidak seperti lilin yang ada di toko dan Kebanyakan orang jual namun ini adalah lilin improvisasi yang kita buat sendiri menggunakan alat dan bahan seadanya yang ada di rumah tanpa harus membeli alat dan barang tambahan.

Apa saja barang dan alat yang diperlukan untuk membuat bintang sebagai alternatif dari lilin yang tidak kita dapatkan. Berikut bahan yang perlu disiapkan pun mudah sekali untuk didapat dan pastinya tak perlu beli.

Bahan-Bahan:
1. Kapas
2. Garpu
3. Piring seng
4. Minyak goreng
5. Korek api

Setelah semua bahan terkumpul, tuangkan minyak goreng ke dalam piring secukupnya kira-kira setengahnya saja. Kalau sudah setelah itu ambil kapas gulung memanjang setelah itu sisipkan kapas tersebut diantara sela-sela dari lubang garpu.

Kemudian letakkan garpu yang telah disisipi kapas tersebut ke dalam piring, tunggu beberapa saat hingga kapas menyerap minyak yang ada di dalam piring. Tunggu sekitar 5 menit, setelah itu nyalakan kapas menggunakan korek api. Dan api pun menyala seperti gambar dibawah.


Mudah bukan cara membuat lilin alternatif untuk penerangan saat tidak ada lilin? Kamu bisa praktekkan cara di atas di manapun seperti camping, saat liburan malam hari atau saat sedang ada di rumah saudara dan kebetulan sedang terjadi listrik padam.

Satu hal yang penting untuk diperhatikan bahwa jangan sekali-kali menggunakan piring yang terbuat dari kaca karena jika kelamaan nanti menyala maka bisa-bisa piring tersebut pecah karena tak mampu menahan suhu panas yang dipancarkan dari api tersebut.

Solusinya adalah dengan menggunakan piring yang terbuat dari seng. Karena berapapun suhunya piring dari seng tersebut tidak akan pecah karena panas yang ada dari api tak mampu membuat piring retak apalagi pecah.

Namun jika menggunakan minyak goreng biasanya akan menimbulkan bau yang kurang enak, sudah pernah mencium bau minyak goreng kan? Apalagi jika dibakar dengan api, bisa-bisa malah pusing karena baunya.

Ingat masa kecil suka buat lilin dari kapas yang diputar-putar dan dicelup minyak goreng di wadah. Jika listrik mati dan di rumah tidak tersedia lilin atau lampu darurat bisa langsung dibuat 5 menit jadi.

Tips berikut ini bisa di coba bagi yang belum tahu, bahwa penerangan bisa dibuat dari bahan yang ada disekeliling kita dan tentunya tak menguras kantong sama sekali. Yaitu membuat lilin sebagai solusi kalau tak ada penerangan saat mati lampu.

Jika cara diatas masih menimbulkan bau yang tak enak karena minyak gorengnya, cara dibawah bisa dicoba yaitu dengan air yang dicampur minyak goreng dalam sebuah wadah.

Menggunakan minyak goreng dicampur air selain tak menimbulkan bau tak sedap juga pastinya memberikan keuntungan dari segi ekonomis. Pasalnya kita tak perlu menggunakan banyak minyak goreng. Berikut bahan yang diperlukan.

Bahan-Bahan:

1. Gelas
2. Air
3. Minyak Goreng
4. Cotton Bud

Cara membuat:

  • Apabila ingin kelihatan cantik, bisa isi dasar gelas dengan batu-batu atau manik-manik. Kemudian letakkan (tegak) 1 cotton bud di bagian tengahnya.
  • Selanjutnya isi air, kira-kira 2/4 gelas. Setelah itu isi minyak goreng bagian atasnya. Sampai sedikit mengenai cotton bud.
  • Dan selesai, tinggal nyalakan pakai korek api. Nyalanya dari api ini biasanya akan bertahan sampai berhari-hari. Cukup efektif menghadapi PLN yang sering padam listriknya.


Kalau mau lebih praktis lagi bisa pakai kaleng minuman bekas dan juga selembar tisue. Kaleng sebagai pengganti gelas supaya meminimalisir pecahnya gelas. Lalu tisue sebagai pengganti cutton bud.

Cara membuat:

1. Isi minyak ke dalam kaleng bekas
2. Masukkan tisue ke dalam kaleng bekas
3. Tunggu sampai minyak naik ke permukaan atas tisu
4. Nyalakan korek dan bakar tisue-nya
5. Jadi deh lilin darurat.


Bagaimana tertarik mencobanya? Atau bagi kalian yang sudah pernah mencoba barangkali ada tambahan atau kritik saran bisa sampaikan pada kolom komentar dibawah. Semoga apa yang saya sampaikan mengenai cara membuat lilin dari cotton bud, kapas, minyak goreng yang tidak akan habis dapat bermanfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel