Pengalaman Gagal Bidikmisi Dan Lolos Bidikmisi Tambahan Unnes

Pengalaman Gagal Bidikmisi Dan Lolos Bidikmisi Tambahan Unnes - Pada masa-masa sewaktu usai lulus dari sekolah menengah seperti kebanyakan anak pada umumnya yang baru saya pun berkeinginan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi yaitu bangku perkuliahan.

Tak banyak harap dan pinta yang ada di dalam hati kalau itu karena saya adalah siswa dari sekolah menengah kejuruan yang pasti bisa dikatakan adalah minoritas yang berkeinginan untuk melanjutkan kuliah.

Namun hal ini tak menghalangi dan membuat surat niat saya untuk bisa mengenyam pendidikan di bangku perkuliahan disaat teman-teman yang lain bermimpi setelah lulus SMK nanti bisa bekerja di perusahaan perusahaan yang bonafit serta mendapatkan gaji yang besar namun pikiran saya saat itu berbeda ada Saya ingin nanti setelah lulus bisa kuliah dan membanggakan kedua orang tua saya.

Mulailah waktu kelas 2 SMK saya curi-curi waktu untuk belajar materi yang diajarkan untuk SBMPTN yaitu materi yang dipelajari anak SMA. Karena saya dari SMK maka tentu saja harus mulai dari nol belajar materi SMA yaitu matematika dasar, sosiologi sejarah, ekonomi, dan juga geografi

Tak mudah memang belajar tanpa guru karena pada hakikatnya nya nya pastilah perlu guru untuk membimbing dan mengarahkan Bagaimana dan kemana arah yang harus diambil ketika sedang kebingungan dan tidak tahu arah.

Berbekal buku yang saya beli dari wangsit education Om Jero yang saat itu banyak memberikan tips-tips yang sangat berguna untuk saya yang notabene adalah anak SMK yang ingin melanjutkan kuliah.

Di sela-sela waktu belajar pelajaran sekolah Saya selingi belajar materi SBMPTN dari nol saya buka-buka buku dari wangsit education saya pelajari soalnya saya kerjakan soalnya saya sendiri lalu cari cari materi di internet download video di YouTube saya pelajari sendiri siang dan malam tanpa henti dengan semangat-semangatnya.

Waktu itu juga saya sempat membeli video tutorial dari Zenius education yang berisi penjelasan dari materi-materi SMA mulai dari nol yang diajarkan dengan pembelajaran dan pemahaman tentang konsep dasar jadi kita tidak melulu belajar tentang hafalan tapi kita mulai memahami Bagaimana sih konsep dari suatu permasalahan itu sendiri.

Kita tidak memungkiri bahwa belajar dengan hafalan itu memang perlu tapi tidak semua materi harus dilakukan dan dipelajari dengan proses hafalan banyak juga materi yang bisa kita kuasai dengan tentu saja memahami bagaimana konsep dari materi tersebut

Lewat buku-buku dari Om Jero wangsit education dan juga video-video pembelajaran dari Zenius Education lah saya bisa belajar materi materi SMA yang akan diujikan untuk SBMPTN yang sebelumnya Saya tidak paham lalu lambat laun saya kemudian sedikit menjadi paham dan alhamdulillah bisa paham walaupun tidak melebihi apa yang telah dipahami oleh teman-teman yang ada di SMA.

Saat kelas 3 SMK dan waktu pendaftaran SNMPTN dimulai saya agak pesimis soalnya Kenapa karena saya sadar diri kalau saya dari SMK Teknik dan saya ya tak terlalu berharap banyak bisa lolos SNMPTN karena saya lihat diri saya sendiri tidak punya prestasi nilai akademik biasa-biasa aja nggak ada yang bisa dibanggain dan malahan saya lebih mencondongkan harapan hati kepada tes tulis SBMPTN daripada SNMPTN.

Dan bener saat waktu pengumuman tiba dan Alhamdulillah saya tidak lolos SNMPTN. Tidak kaget sih karena memang dari awal udah yakin kalau nggak bakal lolos. Mulailah perjuangan selanjutnya dan perjuangan yang sesungguhnya dimulai yaitu pertarungan melawan SBMPTN waktu yang benar-benar sangat menakutkan dan menentukan Bagaimana nasib saya kedepannya nanti Apakah bisa kuliah ataukah menjadi pengangguran yang udah mandi sana sini mencari pekerjaan seperti teman-teman yang lain.

Tibalah saat tes SBMPTN tiba saya kebagian tes di Universitas Diponegoro bersama dengan teman-teman waktu SMP dulu kami berangkat dari Blora naik travel dengan tujuan Semarang berangkat pukul 9 pagi dan sampai di Semarang tepatnya di masjid kampus Undip jam 1 siang.

Hari H tiba tes SBMPTN dimulai masa-masa yang menakutkan ada di depan mata Sarah coret saja di lembar jawab komputer bisa menentukan Bagaimana nasib ke depan saya nanti karena jika sampai kertas lembar jawab komputer kotor karena coretan atau karena basah terkena keringat ataupun terlipat karena tidak sengaja Hal inilah ah yang bisa menjadi malapetaka bagi para pejuang SBMPTN yang membuat mereka gagal karena faktor dari lembar jawab komputer mereka sendiri yang bermasalah.

Lanjut setelah selesai SBMPTN kira-kira sekitar 1 bulan setelahnya tibalah waktu pengumuman SBMPTN dan saya dinyatakan lolos di jurusan Unnes. Sebelumnya sempat syok Kenapa kok bisa lolos di Unnes padahal yang saya harapkan bisa lolos di jurusan sastra Arab UNS ataupun bahasa Arab UIN Walisongo Semarang dan Unnes adalah pilihan yang sebenarnya tidak saya inginkan namun Entah kenapa balesnya pilihan yang terakhir ini.

Karena sebelumnya saya mendaftar SBMPTN melalui Bidikmisi maka pendaftaran SBMPTN saya gratis tanpa dipungut biaya sepeser apapun. Lalu selanjutnya setelah pengumuman SBMPTN yaitu masa pendaftaran ulang bagi mahasiswa baru yang lolos jalur SBMPTN di Universitas Negeri Semarang.

Karena saya lolos SBMPTN dengan beasiswa Bidikmisi maka sebelum proses berlanjut yaitu penentuan kate maka sebelumnya dilakukan survei ke rumah masing-masing dari mahasiswa yang lolos SBMPTN mendaftar Bidikmisi.

Setelah survei dilakukan saat pengumuman UKT ada dua kemungkinan yaitu lolos Bidikmisi atau pun mendapatkan upah yang rendah Besar harapan saya waktu itu bisa lolos Bidikmisi dan bisa kuliah tanpa membayar UKT dan bisa meringankan beban kedua orang tua hanya tinggal membayar biaya kos dan biaya hidup di Kota Semarang nanti namun setelah saya buka di datapokok Unnes Ternyata saya gagal diterima beasiswa Bidikmisi dan mendapatkan uang sebesar Rp 1.000.000.


Jalan Allah memang mengejutkan terkadang kita tahu apa yang kita inginkan namun Allah jauh lebih tahu apa yang kita butuhkan. Mau tak mau saya ambil Unnes dan membayar biaya sebesar Rp 1.000.000.

Sebenarnya dari info yang saya dapat kuota Bidikmisi di Unnes itu adalah salah satu dari beberapa kampus penerima Bidikmisi terbanyak di Indonesia namun saya mencoba husnudzon kepada Allah saja kalau memang Mungkin ada yang lebih membutuhkan daripada saya.

Satu semester berjalan ada info yang beredar kalau telah dibuka pendaftaran beasiswa Bidikmisi tambahan bagi yang kemarin waktu SBMPTN Di semester sebelumnya tidak lolos Bidikmisi dan ingin mencoba kembali mendaftar Bidikmisi tambahan bisa mendaftar dan mengisi data-data lewat Google formulir.

Alhamdulillah doa dan harapan saya selama ini terkabul saya lolos Bidikmisi tambahan Di semester berikutnya sebuah nikmat yang tak terkira datang dari Allah subhanahuwata'ala hikmah dari husnudzon berprasangka baik kepada Allah terhadap apa yang telah dia tetapkan untuk kita itu adalah yang terbaik. Tergantung Bagaimana kita menyikapi dari ketentuan yang telah Allah buat itu dengan perbuatan perbuatan yang mencerminkan rasa ikhlas di dalam hati dan penerimaan yang setulus-tulusnya.


Bagi kalian yang punya pertanyaan seputar Bidikmisi di Unnes atau mungkin punya keluhan-keluhan permasalahan dan sejenisnya bisa tanyakan langsung ke saya lewat kolom komentar di bawah atau bisa aja lewat DM ke IG saya di @yogaaditya.k (jangan lupa di follow ya 😁).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel