Ide Kreasi Rak Buku Dari Kulkas Bekas

Ide Kreasi Rak Buku Dari Kulkas Bekas - Barang bekas tak selalu harus berakhir ke tempat pembuangan akhir dan berujung menjadi rongsokan yang dinilai tak memiliki daya guna serta nilai fungsi.


Karena barang bekas Sebenarnya ada enggak barang yang masih bisa dipakai namun enggan digunakan lagi oleh pemiliknya dan memilih untuk membuangnya ke tempat sampah dan menggantinya dengan barang yang baru dengan harapan barang yang baru tersebut dapat lebih memenuhi hasrat dan kebutuhan dari pemiliknya tersebut.

Di era sekarang ini sampah semakin ada di mana-mana demi memenuhi setiap ruang gerak kita dimanapun kita berada misalnya kata karena di taman di sekolah di tempat umum di jalanan atau bahkan di dalam kamar pun ada sampah.

Bayangkan jika sampah-sampah tersebut terus menumpuk setiap waktunya dan akan menggunung dengan seketika sehingga membuat kehidupan dalam beraktivitas sehari-hari kita menjadi tidak nyaman karena gangguan sampah yang ada.

Mungkin tak terlalu jadi masalah jika sampah tersebut dapat diolah kembali menjadi barang yang lebih berguna daripada sebelumnya ketimbang dibiarkan menumpuk begitu saja dan memenuhi ruang pandan menjadi tidak sedap.

Misal Katakanlah sampah organik bisa diolah menjadi pupuk sampah plastik bisa diolah menjadi berbagai macam kerajinan tangan yang bisa menjadi sumber pendapatan alternatif atau sampingan bagi mereka yang mungkin memiliki waktu luang dan ingin mengisi dengan kegiatan yang bermanfaat hal ini bisa dilakukan.

Beda sampah organik dan plastik beda juga dengan sampah elektronik sama elektronik pun tak kalah banyaknya dengan sampah organik dan anorganik setiap tahunnya Indonesia menyumbang 500 juta ton sampah elektronik yang semakin hari semakin mempersempit ruang yang ada pada kehidupan.

Bisa saja sampah elektronik tersebut diolah kembali menjadi bahan-bahan plastik serta logam untuk menjadi bahan baku digunakan sebagai bahan pembuatan barang kebutuhan yang lainnya.

Namun selain dimanfaatkan untuk menjadi bahan baku pembuatan barang dengan jenis yang lain barang-barang bekas elektronik tersebut dapat pula digunakan atau dialihfungsikan untuk hal yang lain .

Misalnya saja kulkas yang ada di rumah kita yang mungkin sudah tidak terpakai sekian tahun lamanya dan belum sempat dijual ke tukang rongsokan dan masih menumpuk ada di gudang bisa kita gunakan dengan mengkreasikannya.

Hal ini kita bisa ambil contoh bawa kulkas bekas bisa digunakan sebagai rak buku. Kita bisa memanfaatkan kulkas bekas yang ada di rumah kita yang sudah tidak terpakai sebagai tempat untuk menyusun buku agar terlihat lebih artistik dan cantik.

Dengan ukuran kulkas yang agak besar memungkinkan dapat menampung banyak buku bacaan yang dapat kita susun dengan rapi dan cantik hingga dapat kita sebut sebagai perpustakaan mini.

Perpustakaan mini dapat kita buat di berbagai tempat tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya misalnya saja di ruang tamu di kamar di ruang tengah ataupun di teras rumah dengan hanya memanfaatkan kulkas bekas yang sudah tidak terpakai untuk menempatkan buku sebagai pengganti rak buku agar terlihat lebih indah.

Daripada dijual ke penjual barang bekas, ide kulkas bekas yang dimanfaatkan untuk perpustakaan mini ini, boleh juga ditiru. Rombak sedikit, isi buku dan tempatkan di sudut rumah atau tempat-tempat umum yang memungkinkan.

Ide kreasi penggunaan kulkas bekas menjadi rak buku merupakan salah satu contoh inovasi untuk mengkreasikan barang bekas yang sudah tidak terpakai menjadi barang yang lebih bermanfaat kedepannya daripada barang tersebut digunakan yang tidak terpakai.

Sebenarnya masih banyak bahan-bahan lain yang bisa digunakan dan dikreasikan untuk membuat rak buku dari barang bekas Misalnya saja dari kardus bekas dari kayu bekas yang sudah tidak terpakai atau dari ranting-ranting pohon yang ada di sekitar rumah dan itu semua tergantung dari kreativitas kalian semua

Mungkin cukup Sekian dari pembahasan tentang membuat rak buku dari bahan bekas yaitu dari kulkas bekas yang sekiranya Semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih telah membaca. 😁

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel