FAQ : Pentingkah dapat nilai tinggi dan IPK 4?

Kak, saya telah menjalani matrikulasi di salah satu PTN, yang saya ingin tanyakan adalah bagaimana bersaing dengan orang lain yang kita rasa lebih pintar, saya agak minder tapi saya bukan pemalas saya selalu rutin belajar. Mohon solusinya kak.

Barangkali ini sudah menjadi pertanyaan yang sering ditanyakan oleh adik-adik kepada kakak tingkat atau kakak kelas yang sudah kuliah. Sebenarnya kalau pola pikir kita terarah dengan benar kita tak perlu takut kalau ada mahasiswa lain yang nilainya cenderung lebih baik daripada kita dan kita khawatir kalau tidak bisa menyamai atau bahkan melampaui capaian yang telah dia dapat hidup bukan sebuah permasalahan yang perlu dipikirkan.


Pasalnya pada dasarnya setiap orang dilahirkan dan memiliki kemampuan yang berbeda-beda setiap orangnya dan tidak mungkin kemampuan yang dimiliki oleh si A akan sama persis dengan kemampuan yang dimiliki oleh si B.

Namun jika kita perhatikan pada saat masih anak-anak dulu Barangkali kemampuan yang dimiliki masih sama saat berusia 5 bulan sama-sama belum bisa berjalan sama-sama belum bisa membaca menulis atau bahkan menyanyi yang bisa dilakukan oleh bayi berusia 5 bulan adalah sama-sama bisa merengek dan menangis kepada ibunya.

Lalu selanjutnya yang mempengaruhi bagaimana perkembangan dari kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing anak adalah lingkungan yang ada di sekitar dia serta proses pendidikan yang masuk ke dalam kepalanya.

Seorang anak yang lahir dibesarkan dan dididik di dalam sebuah lingkungan yang alakadarnya dan tidak mendukung untuk kemampuan si anak tersebut berkembang lebih baik mengakibatkan anak tersebut bisa saja yang awalnya yang memiliki potensi dan kemampuan yang baik namun karena tidak ada dukungan dari lingkungan sekitar ataupun bahkan dari keluarga bisa saja membuat anak berebut potensinya lama-kelamaan akan surut dan hilang.

Namun lain cerita dengan anak yang sedari kecil dibesarkan di didik serta dibimbing di dalam sebuah lingkungan yang lingkungan tersebut mengajarinya bagaimana cara bersikap berperilaku dan memahami norma serta mengamalkan ilmu yang didapat dalam kehidupan sehari-hari tentu saja alat di kemudian hari anak tersebut sedikit banyak akan terpengaruh menjadi pribadi yang lebih baik terutama dalam segi IQ yang dimiliki.

Dari pengalaman Kakak sendiri setelah selama ini berada di bangku perkuliahan lingkungan yang ada di kampus itu sebenarnya tergantung bagaimana diri kita memposisikan. Kalau kita ingin mendapatkan lingkungan yang dalam hal ini teman yang mendukung bagaimana kepribadian serta ilmu kita dapat berkembang menjadi lebih baik maka tempatkanlah diri ini dengan teman-teman yang mampu membersamai dalam setiap langkah keinginan kita tersebut.

Maka dengan itu kita akan berada satu langkah lebih maju dibanding teman-teman yang lain saat yang lain harus belajar sendiri namun kita justru memiliki teman yang memiliki visi yang sama dalam belajar dan mengembangkan skill serta pengetahuan.

Tak dapat dipungkiri memang teman akan mempengaruhi bagaimana seseorang dalam bersikap karena kebanyakan waktu sehari-hari yang ada di dalam hidup kita habiskan dengan bersama teman mulai dari bersosialisasi menghibur diri ataupun hal-hal yang tak disengaja lainnya yang memaksa kita untuk berinteraksi dengan orang lain.

Sederhananya seperti itu gambarannya yang ada kenapa kok ada orang lain yang memiliki hak lebih tinggi daripada kita. Karena pada dasarnya seperti yang telah saya jabarkan di atas tadi setiap orang punya kemampuan yang berbeda-beda. Namun bukan berarti kemampuan tersebut datang secara alami. Tak perlu minder dan takut kalau ada teman yang memiliki IQ lebih tinggi daripada kita.

Tak ada hal yang datang secara instan terutama pengetahuan. Kita wajib belajar dengan tekun kalau ingin menyemai kemampuan yang dimiliki oleh teman kita tersebut dan bukan malam mengurung diri dan memberi batas secara tidak nyata untuk kita tidak mau mengejar kemampuan yang dimiliki oleh teman kita tersebut.

Jadi kemampuan bisa diasah dengan adanya ikhtiar serta doa-doa yang di panjatkan kepada Allah. Kita tinggal minta saja pengetahuan agar ilmu yang ada dapat kita serap dan kita pahami dengan mudah karena hanya Allah-lah zat yang memiliki pengetahuan yang tidak terbatas.

Rendahkanlah dirimu serendah rendahnya saat bersujud dan mohonlah pengetahuan serta kemudahan dalam menuntut ilmu di bangku perkuliahan. Insya Allah segala hajat dan keinginan akan dimudahkan kalau kita melibatkan Allah dalam setiap keinginan. Selamat belajar, tetap semangat dan semoga tercapai apa yang diinginkan. Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel