Cara Pendaftaran Online SMK N 1 Blora Tahun 2020/2021

Cara Pendaftaran Online SMK N 1 Blora Tahun 2020/2021 - kampusajaib.com | Halo adik-adik semuanya, bagaimana sudah selesai UNBK kan? Kalau sudah selamat yah karena kalian tinggal selangkah lagi buat masuk ke jenjang sekolah yang lebih tinggi lagi. Pastinya dengan harapan bahwa hasil UNBK akan sesuai harapan untuk dapat masuk ke sekolah yang diinginkan.


Kali ini Kampusajaib Blog akan sharing mengenai tata cara pendaftaran serta alur pendaftaran untuk jenjang SMK, khususnya SMK N 1 Blora. Kenapa harus SMK N 1 Blora? Karena SMK N 1 Blora merupakan salah satu sekolah favorit yang ada di Blora dan merupakan eks RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional).

Admin sendiri juga lulusan dari sini. Jadi kalau mau tanya-tanya tentang fasilitas, keunggulan, metode KBM, dan tanya yang lainnya bisa japri ya, nanti akan segera dibalas kalau tidak sibuk.

Bagi kalian yang baru saja lulus tahun 2020 ini dari bangku SMP/MTs dan ingin melanjutkan jenjang ke SMK akan admin beri penjelasan pada artikel kali ini.

1. Kenapa Harus SMK N 1 Blora?
Sebenarnya tidak harus. Pertama kenali bakat dan minat kamu dulu. Apakah nanti mau kuliah apa langsung kerja setelah lulus. Jika mau langsung kerja bisa masuk ke SMK, begitu sebaliknya.

SMK N 1 Blora merupakan sekolah favorit dan merupakan eks RSBI ( Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional). Bahkan sudah terkenal sampai ke kota-kota lainnya berkat prestasi dan kontribusinya bagi lingkungan dan masyarakat.

Jadi jangan heran jika pendaftar setiap tahunnya hampir mencapai 5 ribuan. Bahkan tak sedikit pula yang datang dari luar kota demi menuntut ilmu disini.

2. Berapa jurusan yang ada di SMK N 1 Blora? Di tahun 2020 ini ada 8 jurusan, yaitu Teknik Geomatika, Bisnis Konstruksi dan Properti, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Kendaraan Ringan (Otomotif), Teknik Pengelasan, Teknik Pemesinan, Teknik Audio Video, dan Multimedia.

3. Apa saja jurusan favorit di SMK N 1 Blora?
Jurusan favoritnya adalah TKR. Walaupun jurusan lain juga tidak kalah banyak peminatnya seperti Teknik Pemesinan.

4. Jurusan apa saja di SMK N 1 Blora yang peluang kerjanya besar setelah lulus?
Sebenarnya semua jurusan sama saja peluangnya untuk mendapat pekerjaan. Misalnya jika mau mendaftar di PT.PAMA PERSADA NUSANTARA untuk bagian operator magang boleh dikikuti oleh semua jurusan.

Hanya saja mungkin ada beberapa industri yang meng-khusus-kan jurusan tertentu karena bidang keahlian yang tidak dimiliki orang lain. Misalnya yang boleh mendaftar di PT.ADM (Astra Daihatsu Motor) adalah dari 3 jurusan yaitu TKR, TPM, dan TLAS.

5.Apakah ada beasiswa bagi siswa/i yang kurang mampu?
InsyaAllah ada. Admin sendiri merupakan siswa penerima BSM (beasiswa tidak mampu) dan juga dari program KIP (Kartu Indonesia Pintar). Yang mana kita akan dibebaskan dari biaya SPP dan juga biaya SPI (uang gedung).

Namun ada juga yang tidak mendapat beasiswa BSM dan KIP namun berasal dari keluarga tidak mampu, tetap mendapatkan beasiswa juga dengan syarat dan ketentuan yang berlaku sudah terpenuhi yang salah satunya adalah memiliki SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) dari Kepala Desa.

Namun kebijakan dari pihak SMK N 1 Blora terkadang berubah, pada waktu admin masih sekolah dari yang awalnya gratis SPP jadi membayar 50% biaya SPP/bulan.

Jadi berdoa saja semoga dimudahkan jalannya oleh ALLAH agar dapat menuntut ilmu disini dengan biaya yang ringan dan gratis.

Sebelum masuk ke pembahasan utama alangkah baiknya catat dulu jadwalnya.

Jadwal pendaftaran peserta didik baru (PPDB) SMK N 1 Blora :

1. Pendaftaran Online Mandiri Tanggal, 1 - 6 Juli 2018
2. Pendaftaran Online di SMK N 1 Blora : 2 - 6 Juli 2018
3. Verifikasi Berkas : 2 - 6 Juli 2018
4. Tes Khusus : 2 - 6 Juli 2018
5. Batas Akhir Pencabutan Berkas Pendaftaran : 6 Juli 2018, pukul 10.00 WIB
6. Analisis dan Penyusunan Peringkat : 9 Juli - 10 Juli 2018
7. Pengumuman : 11 Juli 2018 selambat-lambatnya pada pukul 23.55 WIB
8. Pendaftaran Ulang : 12 - 13 Juli 2018
9. Hari Pertama Masuk Sekolah : 16 Juli 2017

Langsung saja kita masuk ke pokok pembahasan mengenai langkah-langkah pendaftaran yang harus ditempuh.

Tata cara pendaftaran :


1. Calon peserta didik mendaftarkan diri secara mandiri melalui internet atau dapat datang langsung ke SMK N 1 Blora untuk dibantu oleh operator sekolah.

2. Untuk calon peserta didik yang berasal dari luar provinsi Jawa Tengah wajib datang langsung ke SMK N 1 Blora sekaligus melakukan verifikasi berkas pendaftaran yang dibutuhkan.

3. Calon peserta didik SMK dapat mendaftarkan diri dengan maksimal 4 pilihan jurusan/peminatan/kompetensi keahlian yang masih satu Bidang Keahlian yang sesuai pada satu sekolah yang tuju atau lebih.

4. Mengubah pilihan jurusan/peminatan/kompetensi keahlian pada satuan pendidikan yang sama cukup dengan mengganti data pilihan peminatan/kompetensi keahlian sebelumnya.

5. Bagi yang ingin membatalkan pendaftaran dan mendaftar pada sekolah lain dapat melakukan pencabutan berkas. Pencabutan berkas pendaftaran dapat dilakukan paling lambat pukul 10.00 WIB sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh panitia PPDB Kabupaten Blora.

Alur pendaftaran :


Berikut alur tata cara pendaftaran dengan mendaftar datang langsung ke SMK N 1 Blora :

1. Calon peserta didik datang ke SMK N 1 Blora dengan membawa berkas pendaftaran sebagai persyaratan yang telah ditetapkan. Perhatikan kelengkapan berkas karena jika terdapat berkas yang tertinggal akan menghambat proses pendaftaran.

2. Calon peserta didik akan masuk kedalam lab komputer SMK N 1 Blora guna melalukan pendaftaran online yang dibimbing oleh petugas. Selanjutnya calon peserta didik mencetak print out bukti pendaftaran di lab komputer SMK N 1 Blora.

3. Selanjutnya tanda bukti pendaftaran berupa print out pendaftaran dan syarat-syarat yang dibutuhkan diserahkan kepada petugas untuk dilakukan verifikasi oleh Panitia Pendaftaran.

4. Selanjutnya tunggu pengesahan dan penyerahan tanda bukti pendaftaran dari Panitia Pendaftaran dan apabila menerima tanda bukti pendaftaran ulang berarti dinyatakan telah diterima.

5. Calon peserta didik SMK Negeri 1 Blora mengikuti tes khusus di SMK N 1 Blora yang pelaksanaannya bersamaan dengan waktu verifikasi berkas pendaftaran.

6. Bagi calon peserta didik yang dinyatakan langsung diterima karena memiliki prestasi yang sesuai ketentuan tetap wajib mengikuti tes khusus. Adapun prestasi yang dimaksud adalah prestasi Tingkat Internasional Peringkat I s/d III, dan Prestasi Tingkat Nasional Peringkat I.

Persyaratan Pendaftaran :


Berikut kelengkapan persyaratan administrasi guna mengikuti pendaftaran yang harus disiapkan oleh calon peserta didik :

A. Foto copy yang telah dilegalisir pejabat berwenang (diserahkan pada saat verifikasi berkas):

1. Ijazah SMP/sederajat atau surat keterangan yang setingkat dengan SMP.

2. Akta kelahiran dengan batas usia paling tinggi 21 tahun pada awal Tahun Pelajaran baru 2018/2019 serta belum pernah menikah.

3. Kartu Keluarga.
Minimal tinggal di Kabupaten/Kota yang bersangkutan selama 6 bulan sebelum waktu pendaftaran tiba.

B. Foto copy dan telah dilegalisir pejabat berwenang, serta menunjukkan berkas yang asli pada saat verifikasi berkas :

1. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) bagi calon peserta didik dari keluarga kurang mampu dari Kelurahan, atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) dari pemerintah.

2. Piagam prestasi tertinggi yang dimiliki dan sesuai kriteria yang ditetapkan.

3. Surat keterangan anak guru yang diterbitkan oleh sekolah dari guru yang bersangkutan bertugas.

4. Surat keterangan sehat dari dokter yang ditunjuk oleh SMK N 1 Blora.

Surat keterangan sehat adalah surat yang menerangkan hasil pemeriksaan kesehatan calon peserta didik sesuai dengan bidang keahlian yang dipilih.

Pemeriksaan yang dilakukan antara lain adalah sebagai berikut :


1. Teknologi dan Rekayasa :

- Tinggi badan Minimal Putra 155 cm, Putri 150 cm
- Tidak buta warna
- Tidak bertatto
- Tidak bertindikk
- Mata + dan – maksimal 2 dan tidak silindris

2. Teknologi Informasi dan Komunikasi :

- Tidak buta warna
- Tidak bertatto
- Tidak bertindikk
- Mata + dan – maksimal 2 dan tidak silindris

Untuk daya tampung di SMK N 1 Blora sendiri mengalami peningkatan tiap rombel. Awalnya tiap rombel berjumlah 32 orang peserta didik, namun sekarang ada penambahan 4 peserta didik lagi tiap rombel. Jadi per rombel ada total 36 peserta didik. Berikut daya tampung selengkapnya per jurusan :

Jurusan dan Daya Tampung SMK N 1 Blora :


1. Teknik Geomatika (1 rombel) : 36
2. Bisnis Konstruksi dan Properti (3 rombel) : 108
3. Teknik Instalasi Tenaga Listrik (2 rombel) : 72
4. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (3 rombel) : 108
5. Teknik Pengelasan (1 rombel) : 36
6. Teknik Pemesinan (2 rombel) : 72
7. Teknik Audio Video (3 rombel) : 108
8. Multimedia (1 rombel) : 36

Tips Penting Buat Kalian Yang Ingin Lolos :


1. Berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

2. Pastikan kamu yakin akan jurusan yang kamu pilih. Yakin dengan nilai UN yang kamu punya akan lolos di jurusan yang kamu ingin. Kalau menarget lolos di jurusan TKR (Otomotif) maka pastikan nilai kamu bisa bersaing karena yang memilih TKR banyak sekali.

3. Maksimalkan tes khusus.
Tes khusus yang admin maksud adalah tes buta warna. Jangan sampai gagal pada tahap ini. Ini yang penting, walaupun yang lainnya lolos kalau gagal pada tahap ini maka pupuslah sudah harapan sekolah di SMK N 1 Blora.

Ini kisah nyata bahwa dulu pernah sekali admin mendaftar di SMKN 1 Blora bersama teman-teman, Alhamdulillah dengan izin Allah admin lolos bersama dengan 4 teman. Namun ada teman yang gagal, penyebab gagalnya hanya satu yaitu gagal pada tes buta warna. Maka pesan admin rajinlah berlatih pada tes buta warna.

Terakhir, tidak ada yang tidak mungkin. Percaya saja. Tidak ada yang sulit kalau kita selalu libatkan Allah dalam setiap aktivitas. Berdoalah agar diterima, namun jika tidak diterima tetaplah berbaik sangka kepada Allah. Selamat berjuang..!!! SMK BISA...!!!!

Demikianlah Cara pendaftaran SMK N 1 Blora tahun 2018/2019. Semoga bermanfaat.!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel