Apa itu simulasi UNBK?


Mungkin ada diantara kalian yang kurang ngeh tentang apa itu simulasi UNBK. Menurut Wikipedia simulasi adalah
suatu proses peniruan dari sesuatu yang nyata beserta keadaan sekelilingnya (state of affairs). Aksi melakukan simulasi ini secara umum menggambarkan sifat-sifat karakteristik kunci dari kelakuan sistem fisik atau sistem yang abstrak tertentu.

Jadi bisa kita tarik pengertian bahwa simulasi UNBK adalah suatu proses peniruan dari UNBK menggunakan seperangkat komputer beserta keadaan disekelilingnya yang bertujuan untuk memberikan gambaran nyata tentang situasi yang akan dihadapi saat ujian sungguhan.

Karena banyaknya pertanyaan yang masuk ke Admin seputar simulasi UNBK maka akan saya jawab disini saja. Berikut pertanyaan yang sering diajukan :

FAQ : Kak, apakah simulasi UNBK akan dimasukkan kedalam nilai raport?

Jawab : Ngga, simulasi unbk itu murni buat latihan ya jadi ngga masuk ke nilai raport. Kalo yang masuk nilai raport ya kalian udah taulah kaya nilai UAS dan ekstrakurikuler. Tapi walaupun gitu bukan berarti males-malesan ngerjain soal ya. Kalo kamu males-malesan terus gimana mau ngukur kesiapan buat UNBK yang sungguhan. Gunakan simulasi untuk bahan evaluasi guna mendapat nilai UNBK yang tinggi. Karena biasanya tiap selesai simulasi akan segera di umumkan berapa nilai yang diperoleh.

FAQ : Simulasi UNBK itu ngapain aja sih kak?

Jawab : Yang pasti intinya kamu masuk kedalam ruangan yang penuh komputer terus disuruh ngerjain soal dengan waktu yang udah ditentukan. Udah gitu aja. Cuma bedanya kita ngga pakai kertas lagi kan, kita pakai komputer. Soalnya udah ada di monitor, jawabannya tinggal klik aja. Kalo udah selesei tinggal diem aja nunggu waktunya abis.

FAQ : Kak, apa soal saat simulasi dan UNBK nanti sama?

Jawab : Kalo menurut saya sih gini ya soal pas simulasi sama UNBK itu beda, cuma modelnya mirip. Tapi kalo pas simulasi itu soal yang keluar biasanya soal UN tahun lalu (2014 kebelakang). Iya ini beneran, dari 3 kali simulasi banyak banget soal yang ngga beda alias sama seperti soal tahun sebelumnya. Entah pada males buat soal apa gimana.

FAQ : Kak, kalo soal punyaku dengan punya teman sama apa beda?

Jawab : Sama. Tapi dalam tanda kutip soal akan di acak. Jadi kalo kebetulan ada nomor dengan soal yang sama bisa diskusi sama temen hehe. Jadi ini pengalaman temen juga biasanya dulu temen sering nanya "eh soal yang cerpen roro jonggrang apa jawabannya?" gitu biasanya. Jadi kita ngga sebut nomor tapi sebut apa yang dibahas pada soal tersebut. Tapi saya sendiri lebih milih ngerjain sendiri biar tahu kemampuan yang aku milikki. Kalian jangan coba coba nyontek atau nanya temen yah, kalau masih sekolah aja ngga jujur gimana nanti pas udah hidup di dalam masyarakat.

FAQ : Kakak jomblo ngga?
Jawab : Iya... hehe

Nah, biasanya simulasi UNBK dilakukan tiga kali sebelum UNBK yang sesungguhnya.

Tempat pelaksanaanya yaitu pada lab komputer masing-masing sekolah SMA dan atau sederajat.

Untuk bisa melakukan kegiatan simulasi UNBK dibutuhkan seperangkat komputer yang tidak sedikit. Oleh karena itu biasanya simulasi tidak dilakukan serentak namun dibagi lagi menjadi beberapa sesi.

Bagi sekolah yang tidak memiliki sarana komputer yang memadai biasanya mereka melakukan simulasi di sekolah lain. Hal ini karena jika dipaksakan akan tidak dapat mengakomodir jumlah siswa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel