Tips Lolos SBMPTN di UGM, UI, UNDIP, ITB, ITS

Ingin lulus dan diterima di UGM, UI, ITB, atau UNDIP? Ingin kuliah di kampus impian? Atau ingin mengejar kembali jurusan yang belum di dapat sewaktu SBMPTN tahun sebelumnya? Tenang dulu, banyak juga yang sehati dengan Kamu kok.

Hal yang mendasar yang dialami sebagian banyak yang belum kenal SBMPTN adalah persiapan untuk menghadapinya. Termasuk juga alumni yang gagal mendapat jurusan impiannya dan juga yang gagal lulus seleksi.

Apa saja yang harus dilakukan guna mengjadapi seleksi SBMPTN? Banyak lah pasti jawabannya. Bukan cuma belajar, baca, dan hafal saja. Banyak hal terkait teknis yang patut diperhatikan. Terlihat sepele memang, namun efeknya besar nanti sewaktu ujian SBMPTN usai.

Saya mau cerita sedikit betapa sulitnya masuk kuliah. Iya masuk kuliah itu sulit. Apalagi jika berbicara ujian tulisnya. Konon katanya kalau tidak siap bakalan tersingkir. Karena yang akan lolos hanya sekitar 15% saja dari 800.000 pendaftar.

Butuh lebih dari sekedar usaha dan kerja keras untuk melewatinya.Karena tahun kemarin saja jumlah pendaftar mengalami peningkatan. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan masa pendaftaran diperpanjang oleh panitia pusat.

Belum lagi kalian siswa/i kelas 12 bukan hanya bertarung melawan teman sepantaran saja, melainkan harus bertaung melawan para alumni. Entah mereka yang gap year atau yang tidak puas dengan jurusan yang telah didapat. Belum lagi para alumni tentu sudah kenyang pengalaman baik dari segi mental saat ujian berlangsung dan juga dari materi yang diujikan.

Buat adik-adik kelas 12 jangan panik, tetap tenang. Karena bisa jadi kalian lah yang lebih baik dari para alumni jika mau berusaha keras. Kalian sudah selangkah lebih unggul dari alumni. Unggul apa? Istilahnya kalian punya "pisau yang masih tajam". Maksudnya yaitu kelas 12 lebih unggul karena mereka masih dalam peak performance-nya dibanding alumni yang sudah menganggur satu tahun.

Oleh karena itu akan saya bahas sedikit saja mengapa kalian harus berjuang lagi setelah UNBK. Karena ini adalah awal dari perjuangan-perjuangan yang akan kalian hadapi nanti. Di mulai dari SBMPTN. Bacalah tips dibawah ini semoga dapat membantu persiapan buat ujian nanti.

Tips sederhana mempersiapkan SBMPTN ala Kampusajaib Blog :

1. Persiapkan sejak jauh-jauh hari (mulai dari nol)


Pernah membaca kisah JK Rowling? Karyanya sempat ditolak 12 kali sebelum akhirnya menulis dan menebitkan Harry Potter. Siapa mengira jika coretan ide JK Rowling diatas tisu bekas akan menjelma menjadi karya luar biasa yang bertahun-tahun menghipnotis dunia? JK Rowling mempunyai cita-cita menjadi penulis, dan sejak kecil ia sudah berlatih memulainya, bahkan ide sekecil apapun takkan rela ia biarkan pergi begitu saja. Dan sekarang impiannya berbuah hasil berkat usahanya. Karena ia tahu apa yang harus ia lakukan.

Sama halnya dengan mempersiapkan SBMPTN. Jika berharap dapat lulus juga harus rela mempersiapkan sejak jauh hari, dari kelas 10 misal. Tak ada salahnya kan?

Tapi kalau sekarang baru kelas 12 baru mau persiapan bagaimana kak?

Baiklah, sebenarnya bukan masalah kok. Karena esensi dari belajar adalah mencari pengetahuan, maka jika sudah memiliki bekal yang cukup dalam menghadapi ujian nanti ya bukan masalah. Namun alangkah lebih baik jika persiapan lebih awal kalau bisa sejak kelas 11. Karena kita tahu sendiri jika sudah menginjak kelas 12 akan dipenuhi aktivitas yang padat - mulai dari les, bimbel, tryout, uas, upk, usbn dan unbk.

2. Tentukan jurusan yang diinginkan

img : experts.management

Berbicara mengenai jurusan kuliah erat kaitannya dengan bakat yang telah mendarah daging atau passion diri.
Tak mudah memang menentukan jurusan untuk kuliah karena salah sedikit akan besar dampak yang akan dirasakan nanti. Jangan sampai salah pilih jurusan.

Tak masalah jika passion yang dimiliki menyimpang dari jurusan saat SMA. Misal jika Kamu dari SMA IPA tapi passion Kamu dalam Bahasa Inggris tak masalah jika SBMPTN memilih jurusan tersebut. Justru malah bagus karena sesuai dengan minat dan bakat.

Banyak aspek yang harus kamu pertimbangkan sebelum memilih jurusan. Diantaranya adalah passion, lokasi Universitas tujuan, biaya hidup, dan prospek setelah lulus. Oleh sebab itulah Kamu harus tahu tips cara memilih jurusan kuliah yang tepat agar tidak salah jurusan.

3. Ikut bimbel

img : grid.id

Setelah Kamu menentukan jurusan kuliah yang hendak diambil nanti, langkah selanjutnya adalah dengan memperbanyak intensitas belajar. Bagi yang telah melakukan tips no.1 tapi merasa masih kurang bekal persiapan belajarnya bisa mengikuti bimbingan belajar di tempat tinggalmu.

Banyak yang Kamu dapat jika mengikuti bimbel. Kamu akan diajarkan metode belajar yang belum pernah sama sekali diberikan di sekolah. Bisa dari konsep dasar, awal mula rumus, variasi soal dan cara mengerjakan, tingkat kesulitan soal dan cara mengatasinya, modul belajar praktis dan masih banyak lagi.

Tentu jika mengikuti bimbel harus rela mengeluarkan biaya demi dapat merasakannya. Biayanya pun tergolong lumayan mahal. Tidak semua mampu mengikuti bimbel karena mahalnya biaya yang harus dibayar. Lalu bagaimana cara belajar SBMPTN tanpa bimbel? Simak tips no.4 dibawah ya...

4.Belajar mandiri

img : askiitians.com

Admin sendiri memilih tidak mengikuti bimbel karena biayanya yang mahal menurut admin pribadi, entah kalau menurut orang lain. Ada cara kok buat mempersiapkan ujian SBMPTN tanpa bimbel, caranya yaitu dengan belajar secara mandiri.

Tips belajar mandiri SBMPTN :

a. Mencari teman seperjuangan

Bersama dengan teman yang mempunyai tujuan yang sama akan membuat kalian bisa saling berbagi satu sama lain. Jika ada yang kurang bisa saling membantu, jika ada yang belum paham bisa menjelaskan.

b.Mencari waktu nyaman belajar

Untuk mencapai kenyamanan dalam belajar seseorang memiliki caranya sendiri. Boleh jadi cara yang kamu anggap nyaman tidak disukai oleh orang lain, begitupun sebaliknya. Jadi temukan cara nyamanmu dalam belajar, dan nikmatilah.

c. Mempelajari materi yang sering keluar dalam SBMPTN

Ini penting lho, karena setiap tahun materi SBMPTN itu hampir sama komposisi soalnya. Jadi kamu harus mencari rincian materi apa saja yang kemungkinan besar akan keluar nanti. Caranya adalah dengan mencari kumpulan statistik daro frekuensi kemunculan materi setiap tahunnya.

5. Ikut tryout bersama SBMPTN


Banyak kok yang menyelenggarakan tryout SBMPTN setiap tahunnya, apalagi jika sudah memasukki semester kedua. Biasanya tiap sekolah menyelenggarakan tryout sendiri untuk para siswanya. Namun jika sekolahmu tidak melakukannya, kamu bisa mencari lembaga-lembaga bimbel di kotamu dan mencari informasi seputar tryout disana.

Tak hanya itu, biasanya para mahasiswa dari berbagai Universitas juga kerap menyelenggarakan tryout bagi kelas 12. Tinggal kamu saja yang harus mencari infonya.

Namun jika kamu malas ikut tryout di luar sana karena beberapa alasan. Kamu bisa melakukan tryout mandiri kok di rumah. Mau tahu caranya? Lihat tips no.6 dibawah.

6. Tryout mandiri di rumah


Penting sekali, karena kalau tidak terbiasa nanti akan kaget dengan jenis soal SBMPTN. Berlatihlah dengan soal-soal SBMPTN tahun sebelumnya karena jenis dan bentuk soalnya hampir sama. Hanya kata-kata dan angka yang berubah. Berlatihlah dengan waktu yang sesungguhnya seperti pada SBMPTN, maksudnya begini pakailah timer atau stopwatch pada saat mengerjakan soal-soal tahun sebelumnya, jika waktu selesai maka berhentilah mengerjakan. Lakukan ini pada setiap mata uji. Strategi ini saya menyebutnya dengan tryout mandiri, yang mana kita tidak perlu repot-repot datang ke tempat bimbel atau yang menyediakan tryout SBMPTN. Kita cukup download soal-soal SBMPTN dari internet lalu print untuk bisa dikerjakan. Jangan lupa juga download lembar jawab komputer untuk lembar jawabnya. Kalau sudah tinggal siapkan alat tulis dan stopwatch lalu mulai tryout mandiri. Ini sangat efektif untuk melatih naluri saat mengerjakan soal yang sesungguhnya.

7. Minta restu ke Orangtua

‘‘Do'a dan restu dari orangtua adalah kunci utama sukses, tak terkecuali untuk bisa diterima SBMPTN’’. Tapi sesulit apapun keadaan sekarang jangan kesampingkan restu dan doa orang tua. Banyak anak muda yang meremehkan doa dan restu orang tua untuk ngotot melakukan sesuatu, akhirnya seiring berjalannya waktu, dia mengalami kegagalan.

Seperti yang kita tahu, restu ALLAH SWT turun melalui restu orang tua, terutama restu ibu. Sekeras apapun usaha seseorang, sekuat apapun doa Kamu pada ALLAH SWT, jangan pernah lupa untuk memohon restu dan izin dari orang tua. Restu mereka akan membuat langkah Kamu semakin ringan dan dipenuhi banyak berkah.

8. Berdoa dan rajin ibadah

Berdoa dapat memacu dan menyemangati seseorang untuk bisa mengembangakan dan mengeluarkan semua potensi yang ada pada dirinya. Dengan doa pula membuat kita semakin menyadari bahwa begitu kecilnya seorang hamba tanpa bantuan dari Allah.

Penutup

Oleh karena itu persiapkan baik-baik tips lulus SBMPTN agar bisa membantu persiapan nanti karena Hari-H kian dekat. Semoga nanti adik-adik bisa lulus SBMPTN 2018 dan diterima di Universitas yang diinginkan. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel