Tips Lulus SBMPTN di UI ITB UGM UNDIP

SBMPTN 2018 Telah resmi Dibuka, Kamu wajib mempersiapkan dengan sungguh-sungguh. Beragam tips belajar supaya lulus SBMPTN harus dilakukan secara intensif demi satu bangku ke kampus impian.

Bagi yang tidak lolos SNMPTN 2018 mungkin mengikuti jalur ujian tulis adalah hal yang wajib dilakukan. Tak terkecuali para siswa/i yang gagal karena tidak lolos pemeringkaran.

Kendati demikian kamu tak perlu khawatir karena jalan masuk kuliah tak hanya SNMPTN . Didepan mata masih ada SBMPTN.

Dalam SBMPTN tak seperti SNMPTN yang hanya memerlukan nilai raport saja sebagai bekal. Kamu wajib mengetahui apa saja hal yang harus dipersiapkan sejak jauh-jauh hari untuk menghadapinya. Karena tak jarang yang lolos adalah mereka yang belajar tekun dan tidak setengah-setengah.

Ketahuilah adik-adik sekalian, jika kalian sekarang sedang bermalas-malasan dan belajar setengah-setengah, diluar sana ratusan ribu pesaingmu sedang belajar serius demi bangku ke PTN.

Jangan sampai kisah mereka yang gagal SBMPTN terjadi pada kalian. Oleh karena itu pesan saya bersiaplah mulai dari sekarang. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar lolos nanti. Simak uraiannya dibawah.

Nah biar sukses hadapi SBMPTN ikuti 5 tips berikut ini.

1. Membuat Jadwal


Buatlah jadwal belajar versi kamu sendiri. Juga pastikan Kamu memiliki kalender pribadi untuk menandai kapan UAS, USBN, UNBK, Les, Bimbel, hingga SBMPTN nanti.

Manajemen waktu perlu kamu lakukan. Ini sangat penting karena padatnya aktivitas kamu di kelas 12. Jika sampai kamu lalai dalam mengatur waktu bisa jadi kamu juga akan gagal dalam belajar dan pastinya mengakibatkan hasil yang buruk pada SBMPTN.

Salah satu kunci keberhasilan yang mendasar adalah disiplin. Tak terkecuali disiplin waktu. Bisa kamu mulai dengan membuat jadwal harian sendiri kapan waktu untuk belajar dan aktivitas lain.

2. Kurangi Kegiatan tak bermanfaat


Jika sebelumnya sering keluar jalan-jalan, mulai sekarang kurangi aktivitas tersebut, dan kalau bisa dihilangkan sama sekali. Kamu tidak bisa membebani waktu belajar dengan menggunakan untuk kegiatan yang tak memberi manfaat.

Tambahlah alokasi waktu belajar dirumah. Tak harus dirumah sebenarnya, yang penting tempat dimana kamu bisa belajar dengan nyaman. Misalnya di perpustakaan.

3. Cari Motivasi untuk Sukses di SBMPTN


Kamu bisa baca-baca buku kisah orang sukses SBMPTN :


Namun belajar tak harus dari kisah sukses orang lain. Terkadang ada kekurangan pada diri kita yang belum kita ketahui yang bisa saja akan terjadi pada saat ujian nanti. Untuk itu belajarlah juga dari kisah kegagalan orang lain dalam SBMPTN agar kita nanti tak ikut jatuh pada lubang yang sama. Jika kamu ingin membaca kisah kegagalan SBMPTN bisa membacanya dibawah ini :

Pengalaman gagal SBMPTN dan hikmah yang terkandung didalamnya

Atau bisa juga kamu tuliskan jurusan dan universitas impian mu dalam selembar kertas. Lalu tempelkan pada dinding kamarmu sehingga setiap kamu belajar, bangun tidur, dan aktivitas sehari-hari akan melihat tujuan mu itu.

4. Lupakan sejenak bermain Smartphone


Pernahkah kamu sehari tidak menggunakan Smartphone? Jika belum pernah maka buatlah sejarah mulai dari sekarang dengan melupakan smartphone dari hari-hari.

Mau tidak mau jika sudah lengket dengan benda yang satu ini pasti akan terbius dengan sosial media atau game. Dua hal ini menjadi magnet yang akan membuat fokus belajarmu rusak.

Jika mau lolos SBMPTN mulai sekarang berhenti menggunakan smartphone-mu. Kedengarannya memang sulit karena benda ini kegunaan utamanya untuk komunikasi, namun apa salahnya mencoba untuk keberhasilan kita sendiri. Karena keberhasilan yang memulai adalah kita sendiri. Bukan begitu?

5. Sering latihan soal tahun sebelumnya


Jangan pernah ragu latihan soal tahun sebelumnya ya, karena materi dan komposisi soalnya hampir mirip.

Namun bagi kamu yang sedang mencari soal TKPA SBMPTN 2017 dan tidak menemukannya jangan bersedih ya dik. Karena soal TKPA 2017 tidak boleh dibawa pulang. Tapi jangan sedih ya karena model soalnya hampir mirip kok dengan soal TKPA pada tahun 2016, 2015, 2014, dan tahun-tahun yang terdahulu.

Pastikan juga kamu intensif latihan soal SBMPTN setiap minggunya sehabis mereview materi. Lakukan hal ini secara teratur sampai H-7 SBMPTN.

6. Jaga Kesehatan dan Jangan Lupa Berdoa


Di waktu mendekati Hari-H tetap jaga kesehatan dengan berolahraga, mengonsumsi makanan makanan sehat, dan jangan lupa istirahat yang cukup.

Lalu pesan yang terakhir yaitu selalu jangan lupa berdoa.
Momen yang satu ini memang selalu erat kaitannya dengan 'beribadah'. Berdoa dan berbuat baiklah terhadap sesama. Minta doa restu juga ke orangtua agar nanti diberi kelancaran dalam ujian dan bisa lolos SBMPTN.

Penutup

Tak banyak yang bisa saya tuliskan terkait tips lulus SBMPTN kali ini. Karena telah saya tulis pada artikel yang terdahulu. Tulisan ini sifatnya hanya melengkapi saja.

Akhir kata saya berpesan kepada adik-adik semua, belajarlah sungguh-sungguh. Jangan sampai kalian nanti menyesal. Jika sudah gagal akan berat melawan rasa putus asa. Semoga bermanfaat!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel