Soal USBN Sejarah SMA/MA Tahun 2018 Beserta Rangkuman Materi Lengkap Berdasarkan Kisi-Kisi

Soal USBN Sejarah SMA/MA Tahun 2018 Beserta Rangkuman Materi Lengkap Berdasarkan Kisi-Kisi - kampusajaib.blogspot.com | Berbicara mengenai mata pelajaran sejarah, menurut saya tidak berdampak langsung pada kehidupan sehari-hari. Tidak seperti matematika atau bahasa Inggris yang ketika orang mempelajarinya lalu paham dan hal ini akan memberikan dampak yang begitu jelas terlihat.


Namun meskipun begitu pelajaran sejarah tetaplah penting. Seperti kata yang seringkali dilontarkan pada saat hari pahlawan, yaitu "JAS MERAH"; jangan sekali-kali melupakan sejarah.

Dengan belajar sejarah, kita akan tahu bagaimana negara ini bisa berdiri, siapa saja tokoh yang berjasa, peristiwa penting apa saja yang terjadi, dan terakhir kita akan menjadi arif dan bijak dalam menghargai orang lain, terutama jasa orang lain walaupun mereka telah tiada sekalipun.

Tanpa sejarah kita tidak akan bisa berkaca dan tidak tahu siapa diri kita sendiri. Orang yang tidak tahu identitas mereka, mereka akan kehilangan arah dalam melangkah dan membuat menjadi orang tidak bersyukur atas apa yang telah didapat.

Tapi kak, kenapa harus menghafal nama, tanggal peristiwa, dan tokohnya?


Mungkin hal itulah yang menyebabkan pelajaran sejarah di sekolah kurang diminati dan dirasa tidak begitu memberikan dampak yang nyata di kehidupan sehari-hari.

Tapi menurut saya sejarah bukan hanya menghafal nama, tanggal, dan peristiwa. Lebih dari itu seperti penuturan saya diatas dengan mempelajari sejarah, kita akan berlatih menghargai apapun yang telah dilakukan orang lain serta belajar lebih arif dan bijak dengan peristiwa yang telah terjadi.

Mempelajari sejarah itu penting dan jangan sampai bagi Kamu (anak IPS) tidak menguasainya. Boleh saja Kamu di UNBK tidak memilih sejarah, namun saat USBN dan SBMPTN tetap akan bertemu soal sejarah. Jadi mau tidak mau harus mau untuk mempelajarinya.

Terkait dengan hal ini saya ingin berbagi soal USBN Sejarah tahun 2018. Penting sekali untuk dipelajari sebab USBN lah yang saat ini menjadi penentu kelulusan. Jadi sebisa mungkin mendapatkan nilai yang maksimal agar bisa lulus nanti.

Soal USBN Sejarah tahun 2018 ini terdiri dari soal pilihan ganda dan soal essay atau uraian. Soal pilihan ganda terdiri dari 40 item soal, sedangkan soal essay atau uraian terdiri dari 5 item soal.

Berikut Kampusajaib berikan screenshot soal uraian USBN sejarah tahun 2018 :


SOAL URAIAN

41. Seorang sejarawan akan melakukan penelitian tentang lahirnya gerakan reformasi di
Indonesia. Untuk melakukan penelitian tersebut maka sejarawan tersebut melalui tahapan-tahapan. Sebutkan dan jelaskan 3 tahapan dalam penelitian sejarah tersebut!

42. Sebutkan 4 (empat) ciri kehidupan sosial-budaya masyarakat pada Zaman Batu Tua
(Paleolithikum)!

43. Tunjukkan 3 perbedaan antara organisasi Budi Utomo dan Serikat Islam!

44. Buatkan tabel perbandingan pergolakan DI/TTI Kartosuwiryo dan APRA dilihat dari segi:
a. Tujuan
b. Cara penanggulangan

45. Mahasiswa merupakan salah satu kelompok sosial masyarakat yang paling vokal dalam
menyuarakan perbaikan struktur pemerintahan pada saat itu. Mereka juga yang menyusun
strategi untuk memberikan umpan balik terhadap kelemahan sistem pemerintahan. Berbagai
aksi demonstrasi pun digelar untuk menuntut sebuah perubahan.

Dari ilustrasi tersebut, sebutkan perbedaan tuntutan dari kelompok mahasiswa pada masa
akhir pemerintahan Presiden Soekarno dengan tuntutan dari kelompok mahasiswa pada masa
akhir pemerintahan Presiden Soeharto !

SOAL URAIAN

41.) Penelitian sejarah harus dilakukan dengan persiapan yang matang dan dilakukan dengan cara yang tepat. Dalam melakukan penelitian sejarah, terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan.

Sebutkan dan uraikan 2 dari 4 langkah yang harus dilakukan dalam penulisan sejarah!

42. Rakyat Indonesia melakukan perlawanan terhadap kekuasaan asing, diantaranya di Aceh adalah Teuku Umar, Panglima Polim, dan Cut Nya’ Dien. Mengapa mereka melakukan perlawanan terhadap Belanda?

43. Terdapat perbedaan sikap antara golongan tua dan golongan muda, tentang pelaksanaan proklamasi pasca menyerahnya Jepang terhadap Sekutu. Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

44. Awal pemerintahan Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan, Indonesia bagaikan bayi
yang baru lahir, oleh karena itu PPKI melakukan sidang-sidang. Bandingkan hasil sidang PPKI yang pertama dengan yang kedua!

45. Salah satu agenda reformasi tahun 1998 adalah penghapusan dwifungsi ABRI. Mengapa dwifungsi ABRI tersebut, dituntut untuk dihapuskan?

SOAL URAIAN
3


41. Pengalaman yang dimiliki oleh suatu masyarakat di masa lampau merupakan pengalaman yang bernilai sejarah dan berharga bagi bangsa tersebut pada masa kini.

Sebutkan dan uraikan 2 dari 4 kegunaan mempelajari sejarah!

42. Rakyat Indonesia melakukan perlawanan terhadap kekuasaan asing, diantaranya adalah
perlawanan yang dilakukan oleh Pangeran Diponegoro di Mataram. Mengapa Pangeran
Diponegoro, melakukan perlawanan terhadap Belanda?

43. Peristiwa Rengasdengklok adalah salah satu peristiwa penting disekitar proklamasi
kemerdekaan Indonesia.

Bagaimana peristiwa Rengasdengklok tersebut terjadi?

44. Awal pemerintahan Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan, Indonesia bagaikan bayi
yang baru lahir, oleh karena itu PPKI melakukan sidang-sidang. Bandingkan hasil sidang PPKI yang pertama dengan yang kedua?

45. Kemunculan gerakan reformasi dilatarbelakangi oleh terjadinya krisis multidimensi yang dihadapi Bangsa Indonesia. Mengapa di Indonesia terjadi krisis multidimensi, sehingga
memunculkan gerakan tersebut?

Untuk melihat selengkapnya dapat mengunjungi pranala yang ada dibawah ini. Semoga soal USBN sejarah tahun 2018 ini dapat bermanfaat.


Harapannya soal-soal latihan yang ada di atas bisa bermanfaat untuk adik-adik semua dan bisa melancarkan persiapan kalian guna menghadapi usbn yang akan datang nanti Akhir kata dari saya terima kasih karena telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel