Soal USBN Bahasa Indonesia SMA/SMK Tahun 2018

Bagi kalian yang mencari-cari soal USBN Bahasa Indonesia Tahun 2018 dan belum mendapatkannya, maka disinilah tempat yang tepat.


Sebelumnya yang harus diperhatikan sebelum mengerjakan USBN Bahasa Indonesia saat berada di ruangan kelas ada baiknya kalian mengecek kelengkapan soal terlebih dahulu. Karena sering terjadi murid mendapat soal yang tidak lengkap atau dalam artian salah cetak ataupun yang lainnya.

Selain itu soal USBN Bahasa Indonesia ini juga tak akan jauh berbeda dengan soal yang akan kalian hadapi pada saat UNBK. Pengalaman admin sendiri dulu sih gitu ya. Kalo belajarnya buat USBN udah mantep ya UNBK bakal ikut terkena imbasnya.

Namun jangan hanya karena bahasa Indonesia adalah bahasa kita sehari-hari, kalian jadi menyepelekan dan jangan sampai bilang : "Apaan sih, bahasa indonesia doang, gak belajar juga bisa." Eittt itu salah besar lho. Bisa jadi kalian yang menyepelekan malah akan disepelekan oleh soal (pengalaman sih).

Tips mengerjakan soal USBN Bahasa Indonesia :


1. Punya kisi-kisi (opsional)

Kalau ada kisi-kisi dari bapak ibu guru yang mengampu itu mungkin akan memberikan sedikit nafas lega. Itu artinya kalian sudah terbantu 50% dari total nilai yang akan didapat.

Tapi lain halnya jika tidak ada kisi-kisi, kita tetap bisa belajar dengan mengandalkan feeling, yaitu memahami materi yang paling sering muncul.

2. Memahami materi yang sering keluar dalam USBN Bahasa Indonesia


Dengan atau tanpa kisi-kisi kita tetap akan bisa mengerjakan soal kok. Kata siapa tanpa kisi-kisi kita akan dapat nilai jelek?

Materi yang paling sering keluar di USBN bahasa Indonesia contohnya unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen/novel, pantun, puisi, majas, daftar pustaka, dan lainnya. Darimana bisa tahu? lihat aja soal USBN tahun lalu.

3. Gunakan waktu sebaik mungkin


Pengalaman admin dulu pas USBN Bahasa Indonesia itu waktunya mepet banget. Waktu mau abis tapi soal masih banyak. Tapi untungnya bisa selesai tepat waktu. Tipsnya biar nggak kehabisan waktu adalah "FOKUS". Fokus disini contohnya jangan terlalu cepat ataupun lambat, dan kalau bisa tidak terlalu banyak mengulang bacaan yang ada. Kalau bisa membaca sekali langsung paham sih malah bagus, apalagi jika sudah tau maksud bacaan tanpa harus membacanya.

Penasaran bagaimana soalnya?
Berikut adalah salinan soal uraian (essay) USBN bahasa Indonesia tahun 2018.

SOAL URAIAN

41.) Bacalah potongan cerpen berikut!

“Menjelang hari raya ini, aku terbaring di rumah sakit yang kudiami, aku bisa melihat
ke luar dengan jelas.hujan menderas, manusia-manusia menepi pada kesunyian, lagu
hujan, lagu kleneng becak. Di ruangan ini, aku cuma berdua. Selisih satu ranjang,
terbaring seorang perempuan tua. Sendiri. Tak kulihat semenjak aku di sini, seorang
pun yang menengoknya, yang mengajaknya bercakap, kecuali dokter dan perawat
yang memeriksanya. Itu pun sesuai jadwal dan sebentar saja.”

Tuliskan bukti bahwa dalam kutipan cerpen ini terdapat latar waktu, latar tempat dan
latar suasana!


42.) Judul : Landasan Matematika
Pengarang : Andi Hakim Nasution
Tahun terbit : 1982
Kota : Jakarta
Penerbit : Bharata Karya Aksara

Buatlah daftar pustaka berdasarkan data di atas!

43.) Bacalah kutipan teks dialog berikut!

Wali kelas : “Anto, bagaimana rencana studi wisata ke Yogyakarta, apakah
teman-temanmu setuju?”

Ketua kelas : “Saya sudah berbicara dengan teman-teman, mereka ingin ke Bali,
Bu.”

Wali kelas : a. [….]
Ketua kelas : “Kalau Yogyakarta kita sudah sering berkunjung ke sana sedangkan ke Bali belum pernah.”

Wali kelas : “Tetapi ibu sudah menyampaikan rencana ini kepada kepala sekolah
dan beliau menyetujuinya.”

Ketua kelas : “Kalau ke Yogyakarta banyak teman yang tidak mau ikut, Bu.”

Wali kelas : “Bagaimana ya, padahal ibu sudah mempersiapkan semuanya.”

Ketua kelas : b. [….]

Wali kelas : “Baiklah kalau begitu, secepatnya bicarakan dengan beliau,
nanti hasilnya laporkan kepada ibu.”

Lengkapilah kutipan teks dialog tersebut dengan kalimat pada bagian yang rumpang!
Gunakan kalimat, ejaan, dan tanda baca yang tepat!



44.) Bacalah teks berikut!

Masyarakat banyak yang memiliki budaya ‘tempat sampah adalah seluas Pulau
Jawa dan sepanjang sungai’. Mengubah budaya tersebut bukanlah pekerjaan yang
mudah, baik pada stratifikasi sosial kelas atas, menengah, maupun bawah. Masalah
ini memang sudah menjadi masalah nasional, tetapi jika tidak diatasi secara cepat
akan menyebabkan sungai menjadi dangkal dan selokan mampet, yang dapat
menimbulkan banjir .

Tuliskan apakah maksud isi teks di atas!

45. Bacalah kutipan novel berikut!

“ Ibu Hanafi memerlukan benar menyembelih ayam, tiap-
tiap kedatangan anak-anak sekolah dari Betawi. Pemuda-
pemuda itu senang sekali datang berkunjung ke rumah orang
yang peramah dan arif bijaksana itu dan banyaklah di antara
mereka yang mendapat berbagai nasihat dari ibu Hanafi
berhubung dengan pakaian hidup. Banyaklah keluar pandangan Timur yang sekali-kali janganlah menjadi
sepuhan orang Barat.
Syafei turut mendengarkan nasihatnya itu dan senantiasa ia
berjanji sepulangnya dari negeri Belanda kelak akan kembali
ke kampung meluku sawah ibunya

Apakah amanat yang terkandung dalam kutipan novel tersebut?


Untuk melihat selengkapnya bisa menuju tautan yang ada dibawah ini.Dan untuk kunci jawabannya sengaja tidak saya share sekarang, mungkin nanti akan saya update postingan ini secepatnya. Semoga soal USBN Bahasa Indonesia SMK/SMA Tahun 2018 ini dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel