Service Mesin Diesel : Mesin Tidak Mau Menyala Saat Di Start

Service Mesin Diesel : Mesin Tidak Mau Menyala Saat Di Start - Pengecekan apabila terjadi masalah pada mesin diesel banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah mesin pada mobil tidak mau menyala saat di start. Lalu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi agar bisa kembali normal lagi? Simak penjelasan singkatnya berikut.


Adakalanya sebuah mesin mencapai titik puncak performa saat digunakan. Yang mana sering kali di jumpai masalah-masalah yang muncul mengganggu kenyamanan untuk berkendara.

Tak melihat mesin bensin ataupun diesel sama saja sebenarnya inti dari permasalahannya yang dihadapi yaitu ketidakmampuan komponen atau sistem untuk menjalankan tugas seperti seharusnya. Ini disebabkan karena adanya beberapa faktor yang bisa mempengaruhinya.

Diantara faktor-faktor tersebut yaitu faktor usia mesin yang sudah tua,serta adanya gangguan pada komponen dan sistem pada mesin. Dua hal ini sebenarnya saling berkaitan antar yang lain yang mana bila umur tak elak menjadi faktor utama yang sering dijumpai kala terjadi masalah pada mesin disamping adanya masalah pada komponennya.

Saat itulah ketika terjadi gangguan pada kendaraan perlu dilakukan sebuah penangan khusus. Bila anda seorang mekanik mungkin anda tidak perlu membaca tulisan saya ini karena anda pasti jauh lebih tahu seluk beluk permasalahannya. Tulisan ini saya khususkan untuk membantu teman-teman yang membutuhkan referensi untuk mengatasi masalah pada mobil dieselnya.

Bilamana terjadi masalah pada mesin diesel misalnya tenaga mesin yang loyo atau mungkin saja mesin yang sulit untuk di start pada awalnya. Nah untuk mengatasi masalah tenaga mesin yang loyo atau mesin sulit untuk di start baca panduan dibawah ini untuk referensinya ya.

Langkah-langkah pengecekan apabila terjadi masalah pada mesin diesel yaitu :

1. Cek starter dan pastikan putaran mesin minimal 250 rpm (rotation per minutes)

Pertama posisikan kunci kontak pada posisi on lalu start. Setelah mesin di start lihatlah pada dashboard berapa putaran mesin yang tertera pada indikatornya. Sambil menyetart baca hasil yang ada dan bandingkan dengan data referensi yaitu minimal putaran saat di start yaitu 250 rpm. Jika pembacaan pada indikator yang di tampilkan kurang dari 250 rpm berarti kemungkinan terjadi throuble.

2. Cek solar pada tangki bahan bakar dan pastikan bahan bakar mmasih ada.

Sebuah hal yang sederhana sebenarnya memang untuk melihat jumlah dari bahan bakar yang ada pada fuel tank. Tapi bisa saja saat mesin sulit untuk hidup saat di start terjadi masalah pada jumlah bahan bakar yang ada pada fuel tank kurang sehingga tidak bisa digunakan untuk menjalankan sistem.

3. Cek ilter udara, lepas filter udara dan starter mesin apabila mesin menyala berarti masalah bukan pada filter begitu sebaliknya

4. Cek aliran solar dari tangki bahan bakar menuju water sedimenter, jika terdapat air yang berlebihan maka kuras air pada water sedimenter melalui glow plug
hal ini jika lampu indikator menyala pada saat mesin di start menandakan water sedimenter telah penuh terisi air

5. Lalu setelah itu cek aliran bahan bakar yang menuju ke injektor

Dapat dilakukan dengan cara mengendorkan nok injektor lalu start mesin,apabila saluranyang menuju injektor mengeluarkan solar menandakan bahan bakar telah sampai ke injektor dan tidak terjadi trobel

6. Lalu setelah itu cek kompresi apabila mesin di start tidak mau hidup maka lepaskan injektor dan masukan kurang lebih 3 sendok makan oli kedalam silinder melalui lubang pada injektor yang telah dilepas tadi. Hal ini bertujuan untuk merapatkan antara piston dan dinding silinder apaila kemungkinan terjadi kebocoran pada ring

7. Apabila mesin tidak mau hidup maka periksa katup

Namun bila langkah langkah penanganan diatas belum mampu memperbaiki kinerja dan performa mesin tidak kunjung mencapai titik puncak saat masih normal, maka solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah membawa mobil Anda ke tempat reparasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel