Pemerintah Akan Hapus SBMPTN Tahun Depan, Benarkah?

Halo kawan, jumpa lagi dengan admin Blog Kampusajaib. Kali ini akan admin bahas mengenai isu
SBMPTN yang akan di hapus pemerintah pada 2019 mendatang.

img : viva.co.id

Jalur masuk ke perguruan tinggi negeri selama ini dikenal terdapat 5 jalur masuk. Salah satu jalur masuk ke bangku perkuliahan adalah SBMPTN. Seperti yang kita ketahui bahwa sistem dari SBMPTN adalah menggunakan tes sebagai penilaian lolos atau tidaknya.

Seiring berjalannya waktu yang dulunya tes SBMPTN dilakukan dengan kertas (PBT) , mulai diberlakukan sistem yang baru yaitu menggunakan komputer sebagai pengganti kertas.

CBT sendiri memiliki beberapa kelebihan selain tidak perlu adanya kertas sebagai LJK dan soal tetapi juga akan lebih efektif dan efisien terhadap waktu. Siswa tidak perlu menggunakan dan mempersiapkan alat tulis sebelum tes.

Namun kini pemerintah nampaknya akan mulai berulah lagi. Belum selesai dengan perubahan pada kurikulum, kini berganti dengan wacana penghapusan SBMPTN. Baru saja saya baca beritanya pertama saya rasa kaget.Nanti takutnya malah jadi masalah seperti perubahan kurikulum kemarin.

Dilansir dari situs VIVA.CO.ID, pemerintah sedang merancang sistem seleksi baru yang disebut Pusat Layanan Tes atau Test Center. Mereka menilai hal ini bisa menjangkau lebih banyak siswa dari berbagai daerah.

"Harapannya saya begitu (tahun depan tidak ada SBMPTN). Hanya SNMPTN. Yang melalui test center harapan saya orang tidak bergantung pada saat sekarang selesai sekolah. Begitu masuk kelas tiga bisa lakukan seleksi, karena banyak anak pintar Indonesia dijaring di luar negeri. Bulan Desember sudah diterima di kampus sana," kata Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohammad Nasir.

Harapan pemerintah terkait wacana penghapusan SBMPTN pada tahun mendatang ada dua, yaitu diharapkan dapat mengatasi kebocoran soal yang sering terjadi setiap tahunnya, selain itu juga diharapkan semua anak Indonesia yang berprestasi bisa mencicipi bangku perguruan tinggi.

Selain itu pemerintah juga mengklaim bahwa sistem yang baru nanti juga akan membuat siapa pun siswa yang sudah duduk di bangku kelas tiga SMA bisa kapan saja mengikuti ujian sesuai jadwal yang sudah ditentukan yang dibuka sepanjang tahun.

Oke kita tunggu saja apakah nanti masih sama menggunakan sistem CBT atau PBT. Tapi jika dilihat tidak memungkinkan jika menggunakan CBT karena keterbatasan fasilitas komputer yang ada. Patut dinanti perkembangan selanjutnya mengenai wacana penghapusan SBMPTN ini, pemerintah selalu membuat kontroversi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel