Nilai UN Berpengaruh Dan Menentukan Dalam SNMPTN

Nilai UN Berpengaruh Dan Menentukan Dalam SNMPTN - Seleksi nasional masuk perguruan tinggi akan segera dilaksanakan menurut jadwal yang telah ditetapkan oleh panitia pusat SNMPTN. Banyak yang harap-harap cemas mengenai seleksi ini, terutama siswa kelas 12 yang akan segera ikut berpartisipasi didalamnya. Menurut jadwal setiap tahun SNMPTN dijadwalkan akan dilakukan setiap setelah siswa kelas 12 melakukan Ujian Nasional. Ujian nasional adalah salah satu syarat untuk siswa dapat mengikuti seleksi ini.


Setiap siswa yang hendak mendaftar diwajibkan untuk telah mengikuti ujian nasional di sekolahnya. Jika tidak, maka tidak akan diperkenankan untuk ikut mendaftar. Syarat lain dalam pendaftaran ini juga mewajibkan calon pendaftar bersedia mengikuti tata tertib yang berlaku atau prosedur bagi para pendaftar.

Setiap tahun sering beredar kabar mengenai nilai ujian nasional yang akan ikut digunakan untuk pertimbangan agar siswa dapat lolos seleksi. Namun banyak juga yang tak mengetahui apakah kabar ini memang benar-benar ada atau hanyalah sekedar kabar angin semata. Baiklah, dalam kesempatan kali ini saya akan member penjelasan mengenai beredarnya kabar tersebut.

Pertama, bahwa ujian nasional dilakukan oleh siswa kelas 12 di akhir semester 6. Setiap siswa wajib mengikutinya jika ingin lulus dan mendapat ijazah. Lalu kita ketahui bahwasanya seleksi SNMPTN itu sendiri dilaksanakan setelah siswa melakukan ujian nasional.
Nilai UN apakah menjadi syarat penentu dan mempengaruhi SNMPTN?
Jawabannya iya, nilai Ujian Nasional akan diperhitungkan dalam SNMPTN. Hal ini disampaikan sendiri oleh Wakil Rektor 1 Universitas Negeri Malang (UM).

Nilai ujian nasional dari siswa sebelum diumumkan telah lebih dulu dimilikki oleh Kemendikbud. Seperti yang dilansir oleh SURYAMALANG.COM, “Memang benar, nilai UN dipertimbangkan dalam proses seleksi SNMPTN, meskipun presentasenya tidak besar”, ujar Prof Dr Hariyono MPd, Wakil Rektor 1 Universitas Negeri Malang (UM).

Jadi memang benar kalau nilai un akan diambil untuk guna melakukan proses seleksi selain menggunakan nilai raport. Maka dari itu mulai dari sekarang mulailah semaksimal mungkin mempersiapkan bekal dalam seleksi nanti untuk bisa masuk ke jurusan serta universitas impian.

Mulai sekarang ubahlah mindset bahwa ujian nasional tidaklah penting . Padahal nilai UN bisa jadi membantu dikemudian hari saat dibutuhkan. Bukan saja untuk seleksi jalur undangan, nilai UN juga konon katanya ikut dilihat saat proses seleksi bidikmisi. Jadi buat Kamu yang berencara mendaftar SNMPTN dan juga melamar bidikmisi persiapkanlah dengan sungguh-sungguh ujian nasionalmu demi masa depanmu sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel