FAQ : Berapa Nilai Minimal Supaya Diterima SBMPTN?

Siapa yang ingin kuliah di UGM? Di ITB? Atau di UI? Berapa sih nilai minimal supaya bisa diterima SBMPTN? Harus jawab berapa soal minimal untuk lolos ke kampus impian kita? Apa harus jawab semua soal kah? Apa harus setengahnya? Atau ...? Dan yang lainnya.


Berbicara mengenai kuliah tak luput dari SBMPTN. Banyak juga adik-adik kelas 12 yang belum terlalu paham tentang aturannya. Akhir-akhir ini grup-grup diskusi makin ramai saja di penuhi pertanyaan seperti diatas. Saya pun tak ingin tinggal diam melihatnya. Oleh karena itu mari kita bahas sama-sama pada kesempatan kali ini.

Adapun syarat lulus dan diterima SBMPTN yaitu :
1. Daya tampung masih tersedia
2. Memiliki nilai terbaik dari yang lain

Lalu bagaimana dengan passing grade kak? Katanya passing grade juga penting?

Kata siapa? Passing grade itu sebenarnya tidak terlalu penting. Kamu boleh-boleh saja menggunakan passing grade. Tapi hanya untuk tryout saja dan bukan untuk SBMPTN.

Alasannya karena setiap mata pelajaran yang diujikan dalam SBMPTN memiliki bobot nilai yang berbeda-beda. Dan jika dua orang memiliki passing grade yang sama belum tentu juga mereka memiliki nilai yang sama. Kemungkinan besar nilainya pasti berbeda walaupun passing gradenya sama.

Kita ambil contoh

Misalkan saja di jurusan Arsitektur menyediakan kuota untuk 40 mahasiswa pada SBMPTN 2018. Lalu peminat setiap tahun tinggi sekali dan pada tahun 2018 yang mendaftar ke jurusan arsitektur mencapai 2800 pendaftar. Apakah dari 2800 pendaftar akan semuanya lulus? tentu tidak.

Dari data daya tampungnya saja hanya 40 kursi dan harus diperebutkan oleh 2800 pendaftar. Jadi satu peserta harus menyingkirkan 7 orang atau dengan kata lain 1 : 7.

Kesimpulannya dari contoh diatas yaitu jika Kamu ingin diterima SBMPTN maka nilai yang Kamu peroleh harus mengungguli peserta lain dan masuk ke dalam 40 peringkat dengan nilai teratas. Sampai disini paham?

Tidak ada alasan untuk takut tidak diterima SBMPTN. Asalkan Kamu mau berjuang dan berstrategi mulai dari sekarang pasti nanti akan membuahkan hasil yang positif. Semangat pejuang SBMPTN 2018!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel