Cara Menghitung Nilai Raport Untuk Seleksi SNMPTN

Membahas tentang cara untuk menghitung dari nilai digunakan untuk SNMPTN – Seleksi nasional masuk perguruan tinggi atau SNMPTN merupakan salah satu jalur yang dapat ditempuh oleh siswa-siswi kelas 12 untuk melanjutkan jenjang ke bangku perkuliahan. Dalam proses seleksi snmptn menggunakan raport sebagai bahan utama untuk menentukan lolos atau tidak.


Oleh Karena itu diperlukan strategi khusus untuk menganalisa seberapa bagus nilai untuk masuk ke jurusan yang di harapkan. Perlu tips untuk melihat seberapa layak kita untuk bisa masuk ke jurusan tersebut. Karena melihat saingan tentu mereka juga adalah siswa yang telah terpilih karena lolos pemeringkatan. Kita juga tak boleh main mian dalam menentukan jurusan serta universitas tujuan. Mau tahu kenapa alasannya? Coba baca penjelasan artikel ini sampai selesai.

Salah satu yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan peluang masuk ke jurusan impian kita yaitu dengan menganalisi nilai raport yang ada. Nilai yang digunakan untuk SNMPTN adalah nilai sampai semester lima. Itu artinya jika selama kamu belajar di SMA telah bersungguh-sungguh maka semakin terbuka peluang untuk kamu bisa kuliah disana. Asal syarat syarat yang ada harus terpenuhi dahulu.

Saya disini hanya sekadar berbagi pengalaman dari teman teman sewaktu mengurus nilai di PDSS yang akan dianalisa seberapa besar peluang kelulusannya. Namun terlepas dari berapa bagus nilai pada raport, ternyata masih ada beberapa hal yang ikut dinilai dalam snmptn.

Karena nilai yang di input pada PDSS adalah dari semester satu hingga lima, maka yang akan kita analisa adalah nilai pada semester tersebut saja. Nilai pada semester enam tidak ikut dinilai karena pada semester enam siswa telah fokus untuk menghadapi ujian nasional.

Namun selain itu banyak dari siswa siswi kelas 12 yang kesulitan bagaimana cara menghitung nilai raport untuk snmptn agar bisa lulus di universitas yang di harapkan.

Mengenai nilai untuk snmptn, tidak ada pernyataan resmi dari panitia pusat snmptn mengenai berapa nilai minimum agar bisa lulus. Karena proses penyeleksian melihat banyak factor, bukan hanya nilai raport saja. Tentu siswa siswi kelas 12 dituntut untuk sigap dan cerdas mempersiapkan.

Persiapan yang bisa dilakukan adalah :

1. Menganalisa nilai raport kamu dari awal sampai semester 5.

Menganalisa nilai raport adalah langkah awal yang bisa dilakukan untuk memprediksi peluang lulus apa tidaknya kamu. Lalu apa saja dan bagaimana cara analisisnya?

Pertama tentu siapkan raport kamu dari awal hingga semester 5. Perhatikan baik baik, disitu tertera 3 tiga nilai pada raport, yaitu nilai pengetahuan, nilai sikap dan nilai keterampilan. Yang digunakan adalah nilai pengetahuan saja atau bisa juga rata rata dari nilai pengetahuan dan keterampilan.


2. Membuat grafik nilai

Langkah kedua adalah membuat grafik nilai kamu. Buatlah grafik nilai snmptn dari semester awal sampai semester lima. Lalu buatlah kesimpulan manakah pelajaran yang memiliki nilai stabil, selalu naik, dan yang naik turun.

Kemungkinan besar diterima jika grafik nilainya stabil menaik, artinya misalkan saat kelas 10 nilainya stabil, lalu saat kelas 11 semester ganjil nilainya turun (karena beberapa mata pelajaran) tapi nilai rata-rata stabil menaik dari semester awal hingga semester 5 di kelas 12. Artinya nilai naik turun tidak menjadi masalah, yang dilihat adalah grafiknya stabil menaik (rata-rata).

3. Mencari info tentang jurusan yang akan diambil

Perlukah mencari info tentang jurusan yang akan diambil. Jawabnya relative, karena ini hanya faktor pendukung saja untuk melihat kelayakan nilai raport terhadap jurusan yang akan diambil.

Yang harus dicari tahu infonya adalah apakah jurusan tersebut peminatnya tinggi apa tidak, berapa persaingan tiap tahun di jurusan tersebut, lalu setelah itu menengok kembali pada nilai raport.

Bukan berarti yang nilai raportnya jelek dan naik turun tidak boleh mendaftar jurusan favorit, namun tips ini hanyalah sekadar masukkan untuk berstrategi dalam menentukan jurusan yang tepat.

Kak, aku nilainya jelek tapi ingin masuk ke jurusan yang peminatnya banyak, aku harus bagaiman a kak?

Baik, setiap keinginan tidak ada yang salah. Namun terkadang ada keinginan untuk melewati batas, dan itu sangat bagus. Ketika ada seorang siswa yang menanyakan hal tersebut sebenarnya dia tidak salah. Itu keinginannya masuk ke jurusan impian. Lalu jika melihat nilai yang alakadarnya apakah akan membuat peluang lolos hilang? Tentu tidak.

Walaupun nilai salah seorang siswa paling rendah diantara siswa lain yang mendaftar snmptn belum tentu juga ia akan gagal. Peluang untuk bisa lulus semuanya hampir sama.

4. Mencari info alumni yang ada di ptn tersebut

Pernahkah kalian menjumpai alumni dari sekolah kalian diterima snmptn ke salah satu ptn dan kalian juga ingin masuk ke ptn tersebut lewat jalur undangan. Jika jawabannya iya maka kamu beruntung. Mengapa beruntung? Karena setiap sekolah yang telah memiliki alumni di ptn maka akan mendapat nilai lebih tersendiri kepada adik kelas yang akan mendaftar yang berasal dari sekolah yang sama.

Alasannya adalah tentu saja pihak universitas telah melihat dan memiliki rekam jejak prestasi selama menjalani masa masa perkuliahan. Selain itu juga jika alumni tersebut memiliki prestasi akademik bagus saat kuliah akan membuat kamu memiliki nilai lebih daripada siswa lain yang tidak memiliki alumni di universitas tersebut. Seperti yang telah saya tuliskan sebelumnya mengenai kakak kelas saya yang telah lolos snmptn di unnes.

5. Konsultasi dengan orang tua

Orangtua memiliki peran sangat penting dalam menentukan karir dalam studi seorang siswa. Betapa tidak, dari kecil merekalah yang membimbing dan menjaga, tentu mereka pula telah tahu apa kegemaran dan passion kita selama ini.

Solusinya adalah diskusikan mengenai jurusan apa yang akan diambil nanti di universitas pilihan, dan juga tentang nilai raport yang sudah yakin bisa bersaing dengan siswa lain, peminat serta daya saing jurusan tiap tahunnya, serta yang terpenting mengenai alumni yang berasal dari sekolah kita.

Mayoritas dari mereka asal memilih jurusan kuliah

Tahukah bahwa sebagian dari kelas 12 tidak mendapat apa yang mereka ingin dalam SNMPTN. Banyak yang berekspektasi setinggi langit ingin masuk jurusan tertentu. Kesannya mereka memaksakan kehendak bagaimanapun caranya harus memilih jurusan ini. Namun terlepas dari itu semua ada hal lebih penting yang patut diperhatikan sebelum menuruti ego pribadi.


Poin utama yang perlu dilihat lagi yaitu bagaimana kesiapan prestasi nilai akademik untuk bisa masuk dan bersaing. Kenyataannya yang lolos pemeringkatan adalah siswa-siswi terpilih dari sekolahnya. Dalam hal ini setiap dari mereka diharuskan berkompetisi dengan murid-murid terbaik dari seluruh sekolah yang siswanya mendaftar ke SNMPTN.

Maka dari itu melihat persaingan yang begitu sengit demi memperebutkan satu kursi di PTN perlu berstrategi terhadap nilai raport agar nanti tidak menyesal kalau gagal.

Karena penyesalan datangnya hanya di akhir. Penyesalan dating saat seseorang gagal lolos SNMPTN. Padahal harapannya sangat besar untuk bisa kuliah. Padahal prestasi yang ia milikki sangat berlimpah sampa-sampai tak bisa dihitung, misalnya.. Lalu jika sudah gagal mau apa lagi. Karena semua sudah terlambat. Yangbisa dilakukan adalah mempersiapkan segala sesuatu untuk mengahadpi ujian SBMPTN jika memang masih memiliki keinginan melanjutkan studi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel