8 Informasi Penting SBMPTN 2018 Yang Harus Kamu Tahu, Baca Sekarang!!!

Informasi SBMPTN 2018 - Saat ini halaman resmi SBMPTN 2018 sudah bisa diakses. Itu tandanya pelaksanaan ujian kian dekat. Perhatikan juga beberapa info penting dibawah ini :


1. Tanggal pendaftaran

Untuk prosedur tata cara pendaftaran SBMPTN masih seperti tahun lalu dan tidak mengalami perubahan.

Pendaftarannya masih berbasis online yang akan dimulai pada tanggal 5 April 2018 pukul 08.00 WIB dan akan berakhir pada pukul 27 April 2018.

Yang berbeda dari waktu pendaftaran tahun ini adalah jauh lebih lama dibanding tahun 2017 lalu. Diperkirakan jumlah pendaftar juga akan semakin tinggi.

Tahun 2017 jumlah peserta yang mengikuti SBMPTN mencapai 797.738 pendaftar. Jumlah ini mengalami peningkatan sebanyak 76.412 pendaftar dibanding tahun 2016.

Total pendaftar SBMPTN 2017 adalah 797.738, lebih tinggi dari tahun 2016 sebanyak 721.326 pendaftar. Hal ini lantaran pemerintah waktu itu menambah waktu pendaftaran yang seharusnya sudah ditutup.

Jika waktu pendataran telah tiba, kamu bisa langsung menuju ke laman https://pendaftaran.sbmptn.ac.id dan mengisi data diri serta jurusan yang akan dipilih.

2. Sudah tidak bisa membayar biaya pendaftaran via Kantor Pos

Untuk yang belum tahu kalau SBMPTN membebankan biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000,- kepada setiap calon pendaftar.

Pembayarannya bisa melalui Bank Mandiri, BNI, BTN, dan Kantor Pos.

Namun pada tahun ini metode pembayaran melalui Kantor Pos sudah ditiadakan. Jadi hanya bisa membayar di Bank Mandiri, BNI, dan BTN.

Cara pembayaran biaya pendaftaran SBMPTN pun mudah. Setelah kamu mendaftar di web https://pendaftaran.sbmptn.ac.id kamu akan mendapatkan pin pembayaran.

Pin tersebutlah yang Kamu gunakan untuk membayar. Caranya dengan datang ke salah satu Bank yang telah disebutkan diatas, dan bilang saja kepada Teller-nya mau membayar pendaftaran SBMPTN.

Setelah selesai melakukan pembayaran barulah kamu bisa mencetak kartu tanda peserta SBMPTN 2018. Kartu ini yang nantinya wajib dibawa saat melakukan Ujian.

Di kartu tanda peserta sudah terdapat informasi seputar tempat tes yang meliputi Universitas penyelenggara, fakultas, serta ruang yang akan digunakan.

Selain itu juga ada informasi urutan waktu ujian yang akan kamu jalani nanti. Biasanya urutannya pertama yaitu TKD SOSHUM, lalu TKPA, dan yang terakhir adalah TKD SAINTEK.

3. Tanggal Ujian

Untuk pelaksanaan ujian CBT dan PBT akan dilaksanakan pada 8 Mei 2018.

Waktu pelaksanaan ujian SBMPTN itu sendiri berbarengan dengan daftar ulang bagi siswa/i yang telah dinyatakan diterima pada seleksi SNMPTN 2018.

Jadi untuk yang sudah diterima pada SNMPTN 2018 namun masih tetap mengikuti SBMPTN maka status kelulusan pada SNMPTN tersebut otomatis dibatalkan.

4. 85 Universitas dibagi menjadi 4 wilayah

Dari sekian banyak PTN yang ada di Indonesia yaitu 85 Universitas, nanti yang menjadi tempat ujian SBMPTN akan dibagi menjadi 4 wilayah.

Jika kamu memilih hanya satu jurusan saja maka bebas mengikuti ujian dari wilayah 1 sampai wilayah 4.

Lalu jika kamu memilih 2 atau 3 Universitas maka kamu wajib memilih 1 universitas yang masih ada dalam satu wilayah dengan asal sekolahmu.

Jika kamu ingin mengetahui dimana lokasi tempat kamu akan ujian dan pembagian wilayah dalam ujian SBMPTN nanti silakan simak cara mengetahui lokasi ujian SBMPTN dan pembagian wilayah.

5. Masih menggunakan CBT dan PBT

SBMPTN 2018 masih akan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) dan Paper Based Test (PBT). Perbedaannya yaitu dari media pengerjaannya.

Jika kita mendapat kuota mengikuti CBT maka nanti pada saat ujian akan menggunakan komputer untuk mengerjakan soal SBMPTN.

Begitu juga jika kita kebagian hanya bisa mengikuti PBT maka pada saat ujian nanti kita mengerjakan soal menggunakan lembar soal dan lembar jawaban komputer (LJK) seperti pada ujian biasa di sekolah.

6. Ujian Keterampilan SBMPTN 2018

Bagi peserta yang pada saat mendaftar memilih program studi bidang seni dan keolahragaan wajib mengikuti ujian keterampilan.

Ujian keterampilan SBMPTN 2018 akan dilaksanakan pada 9 dan atau 11 Mei 2018, tepat sehari setelah pelaksanaan ujian tulis.

Tempat pelaksanaan ujian keterampilan biasanya sama seperti tempat saat ujian tulis. Misalnya jika kamu ujian di UNDIP maka pada saat ujian keterampilan juga dilaksanakan di UNDIP

Ujian keterampilan itu sendiri terdiri atas :

a. Ujian Keterampilan bidangSeni Rupa, Kriya, dan Desain

Yang dilakukan dalam tes ini berupa Tes Menggambar, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan.

Soal tes dibedakan dalam 3 (tiga) kategori sesuai jurusan yang telah kamu pilih yaitu Ujian Keterampilan Seni Rupa, Ujian Keterampilan Kriya, dan Ujian Keterampilan Desain.

b. Ujian Keterampilan bidang Tari

Yang dilakukan dalam tes ini berupa Tes Tari Bentuk, Tes Kreativitas, Imitasi Gerak, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan dalam bentuk wawancara.

c. Ujian Keterampilan bidang Musik, Seni Karawitan dan Etnomusikologi

Yang dilakukan dalam tes ini berupa Tes Musikalitas, Tes Praktik Instrumen, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan dalam bentuk wawancara.

Untuk soal tes sendiri telah dibedakan dalam 2 jenis yang telah disesuaikan dengan jurusan yang dipilih yaitu Ujian Keterampulan Musik atau Ujian Keterampilan Seni Karawitan dan Etnomusikologi.

d. Ujian Keterampilan bidang Teater dan Seni Pertunjukan

Yang dilakukan dalam tes ini yaitu berupa Tes Praktik Monolog, Tes Pantomim/Baca Puisi, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan dalam bentuk wawancara.

e. Ujian Keterampilan bidang Fotografi

Yang dilakukan dalam tes ini berupa Tes Praktik Fotografi serta Tes Pengetahuan dan Wawasan dalam bentuk wawancara.

f. Ujian Keterampilan bidang Film dan Televisi

Yang dilakukan dalam tes ini berupa Tes Praktik Membuat Storyboard serta Tes Pengetahuan dan Wawasan dalam bentuk wawancara.

g. Ujian Keterampilan bidang Olahraga

Yang dilakukan dalam tes ini berupa Tes Kesehatan dan Tes Keterampilan Motorik.

7. Pengumuman SBMPTN 2018

Pada pengumuman SBMPTN 2017 ada sebanyak 148.066 peserta atau sekitar 14,36 persen dari total pendaftar yang diterima. Meningkat dari total yang diterima pada tahun sebelumnya. Peningkatan ini terjadi karena jumlah pendaftar yang juga bertambah daripada tahun 2016.

Bagi kamu peserta SBMPTN 2018 setelah melakukan ujian pada 8 Mei 2018. Kamu harus menunggu sebulan lamanya untuk melihat hasilnya.

Kamu dapat melihat pengumuman hasil SBMPTN 2018 secara online dengan cara mengakses http:/pengumuman.sbmptn.ac.id.

Namun biasanya masalah yang sering terjadi ketika hendak membuka pengumuman adalah website tidak bisa diakses. Penyebabnya adalah saking banyaknya peserta yang membuka halaman pengumuman secara besar-besaran dalam satu waktu. Hal ini yang membuat server menjadi down dan halaman tidak dapat diakses.

Tapi jangan khawatir jika halaman utama pengumuman SBMPTN tidak dapat diakses, ada alternatif halaman yang bisa kamu gunakan untuk melihat hasil pengumuman SBMPTN. Langsung saja kamu bisa membuka mirror web pengumuman yang ada dibawah ini :

  • http://sbmptn.ui.ac.id
  • http://sbmptn.itb.ac.id
  • http://sbmptn.undip.ac.id
  • http://sbmptn.its.ac.id
  • http://sbmptn.ugm.ac.id
  • http://sbmptn.ipb.ac.id
  • http://sbmptn.unair.ac.id
  • http://sbmptn.unand.ac.id
  • http://sbmptn.unsri.ac.id
  • http://sbmptn.unhas.ac.id
  • http://sbmptn.untan.ac.id
  • http://sbmptn.unsyiah.ac.id

Mekanisme cara melihat pengumuman SBMPTN 2018 melalui internet adalah sebagai berikut :

a. Peserta mengakses halaman http://pengumuman.sbmptn.ac.id atau halaman mirror yang telah tersedia diatas.

b. Peserta akan diminta untuk memasukkan nomor peserta SBMPTN dan tanggal lahir pada kolom yang telah tersedia.

c. Jika nanti peserta dinyatakan diterima maka akan ditampilkan Nomor peserta, nama peserta, nama Universitas tempat peserta diterima, nama prodi peserta diterima, dan juga ucapan “ selamat atas keberhasilan Anda”

Namun tidak semua bisa lolos karena daya tampung tiap-tiap Universitas telah dibatasi.

Lalu jika nanti peserta tidak diterima maka akan ditampilkan nomor peserta, tanggal lahir peserta serta ucapan :

“ Mohon maaf, peserta atas nama…, dengan nomor peserta…dinyatakan Tidak Diterima pada SBMPTN 2018. Tetap Semangat Dan Jangan Putus Asa” .

Peserta SBMPTN yang belum lulus diharapkan untuk tetap semangat dan tidak boleh putus asa. Bila nanti saatnya telah tiba apa yang kamu ingin lolos pasti akan tercapai.

Jangan bersedih jika tidak lolos karena masih ada jalur lain masuk perguruan tinggi negeri yakni Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri sebagai jalan terakhir yang bisa ditempuh untuk melanjutkan studi di PTN.

Selain itu, bagi kamu yang tidak lolos SBMPTN 2018 juga bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi swasta (PTS) yang telah diakui oleh pemerintah. Karena tujuan kita kuliah adalah mencari ilmu dan bukan untuk gengsi. Bukan begitu?

8. Program beasiswa terbuka luas

Untuk kamu yang mengikuti program bidikmisi dan ternyata tidak lulus di SNMPTN, kamu bisa mendaftar SBMPTN lagi tanpa harus membayar pendaftaran.
Sedangkan, kalau keterima di SNMPTN namun masih ingin mencoba SBMPTN, pendaftar harus membayar uang pendaftaran seperti yang lain.

Karena seperti yang kita ketahui bantuan bidikmisi diperuntukkan untuk mereka yang kondisi ekonomi keluarganya menengah kebawah bisa mengikuti program bidikmisi dari pemerintah. Selain itu beasiswa saat sudah kuliah nanti banyak sekali jumlahnya, jadi tidak usah khawatir takut kuliah karena tidak ada biaya.

INFO : Pendaftaran Bidikmisi tahun 2018 sudah resmi dibuka pada hari Senin tanggal 15 Januari 2018 pukul 15.00 WIB. Bagi yang hendak mendaftar bisa melalui laman http://bidikmisi.belmawa.dikti.go.id

Sepertinya cukup ini dulu informasi penting mengenai pelaksanaan SBMPTN 2018. Jika ada info baru lagi nanti akan saya bagikan secepatnya.

Untuk kamu yang sekarang sedang berjuang, tetaplah semangat belajar, karena ratusan ribu pesaingmu sedang sibuk belajar untuk memperebutkan satu kursi ke PTN. Jangan sampai kamu menjadi bagian dari 85% peserta yang gagal. Semoga bermanfaat!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel