Tips SNMPTN Lintas Jurusan

Tips untuk bisa lolos seleksi snmptn melalui lintas jurusan – Tips lintas jurusan di snmptn kali ini saya akan menjelaskan bagaimana sih lintas jurusan snmptn, apakah boleh atau tidak, serta beberapa pertanyaan lain yang akan saya uraikan dalam artikel ini. Khusus kelas 12 yang membaca artikel ini apakah kalian yakin mau lintas jurusan? Apa sudah memikirkan dampaknya nanti yang akan kamu dapatkan? Sebab jika sampai salah melangkah maka hilanglah kesempatan emas untuk bisa kuliah di universitas impian tanpa tes.


Memang benar jika tidak lolos snmptn kalian bisa mengikuti ujian sbmptn, tapi ingatlah kalian jika ikut ujian sbmptn akan mendapat saingan yang banyak sekali. Bukan hanya sesame kelas 12 yang baru lulus saja, namun saingan untuk ujian sbmptn adalah juga dari para alumni yang tidak lolos snmptn tahun lalu. Di artikel kali ini admin akan menjelaskan kenapa kalian harus berfikir berulangkali untuk memaksimalkan peluang lulus snmptn dan sebisa mungkin menghindari yang namanya sbmptn. Langsung saja simak penjelasannya berikut..

Pengertian lintas jurusan

Lintas jurusan adalah mendaftar jurusan IPA atau IPS yang sebelumnya belum pernah kita pelajari materinya di SMA. Pada dasarnya pengertian lintas jurusan itu sama saja. Baik lintas jurusan di sbmptn maupun di snmptn. Yang membedakan hanyalah kita mengikuti jalur seleksi yang mana. Bila kita mengikuti jalur seleksi sbmptn dan kita memutuskan untuk lintas jurusan itu berarti kita sudah melakukan yang namanaya lintas jurusan di sbmptn. Sama halnya juga dengan yang ada di snmptn lintas jurusan di snmptn yaitu kegiatan mengikuti jalur seleksi snmptn dengan mendaftar di jurusan yang bukan seharusnya diambil, dengan kata lain ia mengambil jurusan tidak seperti jurusan pada saat di bangku SMA.

Dikatakan lintas jurusan yaitu misalnya ada seseorang anak yang ppada saat ia di SMA memperlajari jurusan IPA. Sewaktu kelas 12 ia merasakan bahwa passion nya yang sesungguhnya ada pada bidang bahasa inggris. Nah anak ini kemudian memutuskan pada saat pendaftaran snmptn ia memilih mendaftar di jurusan bahasa inggris. Seperti yang kita ketahui bahwa jurusan bahasa inggris adalah jurusan yang masuk kedalam rumpun IPS atau SOSHUM (Sosial Humaniora).

Peluang lintas jurusan di snmptn?


Saat mendaftar snmptn ada pelajar yang mendaftar ke program studi lintas minat. Misal dari siswa IPA mendaftar ke program studi IPS atau sebaliknya. Hail ini pun kerap kali mengundang banyak pertanyaan dari berbagai kalangan, baik si pelajar, guru dan juga orangtua murid. Snmptn adalah jalur seleksi yang berdasar pada nilai akademik siswa sewaktu di SMA dari semester 1 hingga semester 5. Jika seorang siswa pada saat pendaftaran snmptn memutuskan memilih lintas jurusan itu artinya nilai nilai yang digunakan untuk mendukung lolos ke jurusan tersebut sangatlah tidak mencukupi. Maka dari itu banyak yang menyarankan agar tidak melakukan lintas jurusan di snmptn. Sebaiknya agar siswa IPA mendaftar ke jurusan SAINTEK dan siswa IPS mendaftar ke jurusan SOSHUM.

Bagi siswa jurusan IPA, mata pelajaran yang dinilai adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, dan Biologi. Sedangkan bagi jurusan IPS, mata pelajaran yang dinilai adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Geografi, Sejarah, dan Sosiologi. Sehingga ketika ada anak IPA yang mendaftar jurusan IPS maka akan secara otomatis nilai nilai Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan sosiologi akan kosong, dan peluang lolos amat kecil. Oleh karena itu sangat disarankan untuk memilih jurusan yang linier dengan jurusan di SMA.

Apakah snmptn bisa lintas jurusan? Universitas yang bisa lintas jurusan di snmptn dimana saja?


Bisa. Tidak ada peraturan lintas jurusan di snmptn secara resmi dari panitia penyelenggara snmptn mengenai larangan lintas jurusan. Namun dibalik ini semua ada hal yang harus diketahui oleh para siswa. Kebanyakan dari mereka yang mencoba lintas jurusan ke snmptn mengalami jalan buntu alias gagal. Penyebab kegagalannya ialah nilai yang digunakan untuk seleksi tidak mencukupi.


Seperti yang sudah saya singgung mengenai tidak adanya larangan mengikuti snmptn lintas jurusan, maka semua universitas negeri yang menggunakan jalur masuk snmptn bisa dan memperbolehkan para pendaftar memilih lintas jurusan. Oleh karena itu dengan tidak adanya pernyataan secara resmi maka bebas jika mau lintas jurusan ke universitas manapun selagi kalian mau. Setahu admin ada universitas yang tidak menggunakan jalur snmptn, yaitu ITB. ITB tidak membuka jalur masuk snmptn karena mereka memfokuskan mencari calon mahasiswa yang benar benar berkualitas dan memiliki potensi akademik yang baik. Oleh sebab itulah pihak ITB tidak menerima jalur masuk snmptn dan hanya membuka jalur ujian tulis saja.

Apa persyaratan lintas jurusan di snmptn? Lalu bagaimana resiko lintas jurusan di snmptn?


Untuk bisa lulus snmptn ada 3 indeks penilaian yang harus kamu ketahui. Indeks penilaian itu adalah indeks siswa, indeks sekolah, dan indeks wilayah.

Indeks siswa

Pengertian indeks siswa yaitu penilaian seleksi snmptn menggunakan nilai raport dari siswa. Nilai raport yang digunakan adalah dari semester 1 hingga semester 5. Bagi yang lintas jurusan maka yang digunakan untuk penilaian adalah hanya nilai dari semester 1 dan 2 saja. Maka dari itu sangat kecil kemungkinan untuk bisa lolos snmptn lintas jurusan.

Indeks sekolah

Pengertian indeks sekolah yaitu kualitas dari sekolah tempat siswa belajar. Baik dari segi prestasi sekolah, sarana dan prasarana sekolaah, kualitas pengajar, dan yang pasti adalah akreditasi dari sekolah itu sendiri. Faktor yang paling dominan dalam penilaian ini adalah dari segi akreditasi sekolah. Universitas akan melihat lebih dulu apa akreditasi sekolah sebelum meninjau aspek yang lain. Setelah melihat akreditasi sekolah barulah Universitas melakukan penilaian dari segi yang lain. Namun tidak diketahui secara pasti bagaimana dan apa saja yang menjadi penentu penilaian agar bisa lolos snmptn.

Indeks wilayah

Pengertian dari indeks wilayah yaitu tempat dimana sekolah dari siswa pendaftar. Umumnya sekolah yang berada masih satu provinsi mempunyai peluang yang cukup besar untuk bisa meloloskan siswanya. Mengapa demikian? Karena Unversitas ingin membangun dan mengembangkan potensi yang ada didaerahnya dengan lebih mengutamakan putra putrid daerah. Bukan berarti pula bagi yang berasal dari luar provinsi peluangnya kecil, peluangnya akan tetap ada.

Resiko yang harus ditanggung jika lintas jurusan adalah harus siap tidak lolos. Peluangnya sangatlah kecil. Pikirkanlah baik baik sebelum melangkah agar nanti tidak menyesal saat tidak lulus snmptn. Snmptn bukanlah jalur seleksi masuk ptn yang bisa dikuti kapanpun , kalian hanya punya kesempatan mengikuti seleksi snmptn sekali seumur hidup yaitu di kelas 12 SMA. Menyesal di belakang saat gagal lulus karena lintas jurusan itu tidak akan ada gunanya karena semua telah terjadi. Jadi sekali lagi pikirkanlah baik baik.


Pengalaman dan tips lintas jurusan snmptn

Tips lintas jurusan yang paling penting adalah kita harus melihat bagaimana implementasinya. Aapakah siswa IPA memiliki nilai IPS yang lengkap dari semester 1 sampai 5? Begitupun sebaliknya. Faktanya mereka (siswa IPA dan IPS) hanya punya nilai tersebut pada saat semester 1 dan 2 saja. Padahal yang digunakan untuk menilai adalah nilai murni dari semester 1 sampai 5. Lalu jika nekad memutuskan mendaftar lintas jurusan maka nilai yang hanya 2 semester tersebut akan dibagi 5, dan hasilnya sudah pasti akan tersingkir.

Alangkah baiknya jika memikirkan akibat lintas jurusan di snmptn. Manfaatkanlah peluang sebaik mungkin. Dengan membaca tips snmptn lintas jurusan semoga kalian akan lebih bijak dalam melangkah. Sebab seperti yang diketahui bahwa peluang mengikuti jalur snmptn adalah hanya sekali saja. Di tahun tahun berikutnya tidak diperbolehkan mendaftar lagi. Usahakan saat snmptn mendaftar di jurusan yang linier dengan jurusan kamu di SMA agar peluang kamu lulus bisa semakin besar.





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel