Voucher UM Gunadarma dan Info Penting Lainnya

Saat liburan semester adalah waktu yang tepat untuk meremajakan pikiran sejenak dari beban beban rutinitas. Tak terkecuali bagi seorang mahasiswa. Ya seorang mahasiswa hampir setiap hari bergelut dengan tugas dan presentasi. Hal ini lambat laun pasti akan mengakibatkan rasa bosan.

Menjalani kehidupan sebagai mahasiswa bisa dibilang susah susah gampang. Tidak seperti masa SMA, saat kuliah kita dibebaskan tidak mengenakan seragam lagi, iya pakaian bebas tapi dalam tanda kutip masih dalam batas sopan.

Sedangkan saat yang sulit ketika akhir semester yaitu setelah ujian. Setelah nilai diumumkan ternyata IPK tidak sesuai harapan. Padahal sudah belajar sungguh sungguh sampai larut malam. Apa kamu juga mengalaminya?

Namun dibalik nilai yang kurang tersebut ada yang unik di salah satu universitas swasta di Indonesia, yakni di Universitas Gunadarma. Apa yang berbeda?

Di Universitas Gunadarma, mahasiswa yang mendapat nilai B, C, atau D di mata kuliah tertentu bisa melakukan perbaikan nilai. Untuk yang nilai mata kuliahnya B, C atau D bisa memperbaiki nilai dengan cara mengikuti Ujian Mandiri (UM).


Menurut info yang kami dapat yang menerima nilai D pada mata kuliahnya tidak bisa mengikuti Ujian Mandiri. Bagi yang mendapat nilai D diwajibkan untuk mengulang kelas lagi dari awal.

Satu satunya syarat untuk bisa mengikuti ujian mandiri adalah dengan membeli voucher UM Universitas Gunadarma. Barulah setelah membeli voucher dan syarat syarat terpenuhi bisa mengikuti ujian.

Harga voucher UM Gunadarma


Seperti yang kita tahu yang sering kita sebut voucher adalah selembar kwutansi sebagai bukti telah melakukan pembayaran dan untuk syarat mengikuti ujian mandiri.

Dari tahun tahun sebelumnya infonya masih sama yaitu biaya yang dibebankan pada mahasiswa untuk membeli satu voucher adalah sebesar Rp 75.000,00. Namun ingat setiap voucher yang telah dibeli ad masa pakainya.

Tempat beli voucher UM Gunadarma


Jika ingin membeli datang saja ke loket voucher UM Gunadarma yang bertempat di Gedung 2, Lantai 2 Kampus D Depok.

Hari biasa Senin-Jum'at melayani pembelian pada pagi hari jam 10.00-11.30 dan siang hari pada pukul 13.30-14.30 . Sedangkan pada hari Sabtu melayani pembelian hanya pagi hari yaitu pada pukul 10.00-11.30.

Syarat beli voucher UM Gunadarma


"Mas, syarat apa saja sih yang harus dipersiapkan?"

• Siapkan uang pendaftaran
• Membawa KRS aktif
• Membawa cetakan studentsite asli yang terbaru.
• Pas Foto terbaru ukuran 2x3 sebanyak satu lembar.

Info tambahan : Setelah mendapat voucher (kwitansi) lalu isi bagian baris mata kuliah untuk memudahkan panitia mengetahui mata kuliah apa saja yang akan kalian ikuti untuk ujian mandiri. Pastikan kamu selalu mengecek di studentsite kamu sebelum menuliskan mata ujian di voucher (kwitansi) yang hendak kamu ikuti. Usahakan mata kuliah tersebut tersedia untuk semester pendek, karena jika yang tertera adalah tulisan N/A itu artinya mata kuliah tersebut belum bisa di UM-kan.

Masa berlaku voucher UM Gunadarma


"Mas berapa sih masa berlaku vouchernya? apa kalau sudah beli harus langsung ikut ujian apa bagaimana? tolong jelasin mas..."

Baik, masa berlaku dari voucher yang telah kamu beli adalah selama 6 bulan lamanya. Kamu punya waktu selama 6 bulan dari tanggal pendaftaran kalau mau mempersiapkan segala materi agar mendapat nilai yang tinggi. Namun satu hal yang perlu diingat bahwa lebih cepat itu lebih baik. Bayangkan jika masuk semester baru dan tugas sedang numpuk ditambah lagi masih punya beban ujian mandiri yang belum dijalani.

Tempat pelaksanaan Ujian


Setelah selesai membeli voucher ujian mandiri kamu bisa mengikuti ujian mandiri di tempat yang telah ditentukan panitia.

Tempat yang sudah ditentukan adalah di Kampus D Gedung 5 lantai 2 ruang A. Sedangkan yang untuk yang mengikuti ujian secara tertulis di Kampus D Gedung 5 lantai 3 ruang C.

Keuntungan mengikuti ujian mandiri


Semua hal tidak serta merta dipandang dari satu sisi. Hal yang kurang baik belum tentu semua tidak punya nilai kebaikannya. Saat mengikuti ujian mandiri kamu bisa memperbaiki nilai kamu jadi lebih baik lagi atau bahkan bisa melebihi nilai siswa yang cerdas.

Ditambah lagi nilai mata kuliah yang bagus akan berbanding lurus dengan IPK pada akhir semester nanti yang akan diperoleh. Dengan mendapat nilai IPK yang tinggi kamu akan semakin mudah untuk melamar pekerjaan setelah lulus kuliah nanti.

Kerugian mengikuti ujian mandiri


Disadari atau tidak yang namanya kerugian ujian mandiri pasti ada. Saat kamu mengikuti ujian mandiri akan menimbulkan perbincangan oranglain bahwa kamu kuliahnya malas-malasan jadi nilainya jeblok. Pernah mengalami hal seperti itu?

Dampak yang lain adalah boros uang. Kalau mata kuliah yang akan kamu ulang hanya satu itu masih lumrah. Tapi bagaimana jika mata kuliah yang harus diulang jumlahnya lebih dari 3, alhasil harus mengeluarkan uang Rp 225.000,00.

Penutup

Selain mengikuti ujian mandiri ada cara lain yang bisa kamu tempuh agar mendapat nilai mata kuliah yang sesuai harapan, caranya yaitu dengan belajar sungguh sungguh dan rajin mengerjakan tugas kuliah secara disiplin. Dengan begitu peluang mendapat nilai mata kuliah yang rendah dapat di minimalisir. Semoga bermanfaat!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel