Udah Sarjana Kok Masih Pengangguran?

Tidak ada pepatah yang mengatakan kalau pengen dapat uang banyak harus sekolah tinggi tinggi, harus jadi sarjana, magister, master atau apalah itu namanya. Tapi yang pernah saya baca dan lihat disekeliling kalau banyak para wirausahawan yang dulunya adalah lulusan SMK atau bahkan SMP atau SD. Postingan ini bukan bermaksud menyinggung siapapun tapi hanya corat coret saya yang tidak penting, jadi tidak usah dibaca.


Saya lulusan SMK jurusan TKR dan aslinya pengen kuliah tapi :'( that's all You know saya ngga lolos SBMPTN. Tapi saya ngga akan ngomongin ini, yang pengen saya bahas yaitu penting ngga sih gelar sarjana itu?

Gelar sarjana kalau lulus langsung dapat kerja di perusahaan bonafide its no problem karena emang itu goal utama saat awal masuk kuliah.

Tapi buat kalian yang punya ijazah sarjana sudah 5 tahun nganggur tidak kepakai itu ijazah lantas uang kuliah dan segala kerepotan tetek bengek saat kuliah buat apa? terutama yang perlu digarisbawahi kata UANG nya.

Percuma kan kalo kuliah tapi ngga dapet apa apa sampai sekarang.

Percuma juga karena sudah membuang waktu sangat lama hanya untuk kuliah namun hasilnya kamu kerja di bidang yang orang tidak kuliah pun bisa melakukannya.

Usahakan kamu memiliki skill setelah lulus kuliah karena akan kamu pakai buat daftar kerja ke perusahaan.

Skill saat kuliah dulu akan ditanya saat kamu interview kerja.

Kalau tidak punya skill lebih baik bilang saja ke HRD karena jika berbohong pasti akan ketahuan soalnya mereka ahli psikologi juga.

Skil dalam dunia kerja berfunsi sebagai pengenal kepada orang lain bahwa kita punya kemampuan yang layak dipakai.

Nah kembali lagi setelah wisuda kenapa tidak kunjung mendapat banyak kerja. Banyak teman yang sudah kerja tapi kenapa kamu belum kerja juga.

Pertama, mungkin jurusan yang kamu pilih ini memang jurusan yang prospek kerjanya tidak menguntungkan sama sekali buat kamu.

Pemilihan jurusan saat awal daftar kuliah itu akan berpengaruh saat nanti setelah lulus karena akan menentukan masa depanmu.

Penting sekali bagaimana jurusan kuliah itu.

Hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan jurusan yaitu pilihlah jurusan yang benar benar kamu ingin.

Tanyakan Terlebih dahulu pada orangtua terkait jurusan yang akan kamu pilih. Jika orangtua setuju maka itu pertanda baik.

Jangan sekali kali milih jurusan karena ikut teman atau karena urusan gengsi.

Nanti ujung ujungnya kamu bakalan ngga semangat buat kuliah kalau udah terlanjur.

Perlu di ketahui bahwa lulusan sarjana setiap tahun itu jumlahnya ratusan ribu. Mereka wajib dan dituntut memiliki skill yang memadai kalau tidak ingin kalah dalam persaingan.

Karena yang dicari dalam dunia industri adalah individu yang punya skill mumpuni. Tidak ada perusahaan yang akan merekrut kamu sembarangan jika tidak punya skill apa apa.

Nasihat buat kamu yang masih duduk di bangku kuliah, belajarlah sungguh sungguh, asahlah skill yang kamu milikki, karena rugi kuliah kalau tidak mendapatkan apapun saat lulus nanti. Kasihan juga orangtua yang sudah susah payah mencari uang buat biaya kuliah kamu.

Semoga ke depan nanti jumlah pengangguran sarjana di Indonesia semakin berkurang.

Perlu juga adanya pembukaan lapangan kerja baru untuk menampung lulusan lulusan tersebut. Namun dibalik itu semua kembali lagi ke usaha kita sendiri apakah sudah maksimal apa belum.

Kalau tidak mendapat pekerjaan kenapa tidak menjadi pengusaha saja. Harusnya dengan ilmu yang sudah didapat dibangku kuliah sudah lebih dari cukup untuk merintis usaha sendiri walau skalanya masih kecil kecilan.

Semoga uneg-uneg saya ini dapat bermanfaat, oh iya lulusan diploma sekarang banyak yang bisa melamar ke BUMN, kalaupun tidak jadi sarjana dan hanya lulusan diploma kamu punya kesempatan kerja di BUMN. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel