FAQ : Tidak punya prestasi apa boleh daftar SNMPTN?

Saya tidak punya prestasi apa boleh mendaftar SNMPTN?

Bisa. Maksud memiliki prestasi akademik adalah siswa bisa lulus tepat waktu dan masuk kedalam peringkat terbaik di sekolahnya.

Gambar : inisiaci.blogspot.com

Peringkat terbaik disekolah kamu ditentukan oleh seberapa bagus akreditasi sekolah kamu. Jika sekolah kamu berakreditasi A maka yang berkesempatan mendaftar ke SNMPTN adalah sebesar 50% peringkat terbaik yang ada disekolah. Begitu juga dengan sekolah yang memiliki akreditasi lebih kecil akan mendapat jatah siswa yang diperbolehkan mendaftar juga lebih kecil.

Jika suatu sekolah berakreditasi B maka 30% peringkat terbaim di sekolah, dan jika berakreditasi C sebesar 10% terbaika disekolahnya, dan sekolah dengan akreditasi lain-lain fan juga belum memiliki akreditasi mendapat jatah 5% peringkat terbaik dari siswa di sekolah yang diperbolehkan mendaftar.

Jika kamu bilang bahwa tidak memiliki prestasi apapun disekolah tenang saja karena kamu masih bisa kok untuk mendaftar ke SNMPTN. Sesuai penjelasan saya diatas bahwa yang boleh mendaftar adalah mereka yang masuk kriteria dari akreditasi sekolah.

Cari tahu dahulu apa akreditasi sekolahmu, jika berakreditasi A maka akan mendapat jatah 50% terbaik peringkat di sekolahmu. Pastikan kamu masuk kedalah peringkat tersebut. Jika kamu masuk maka kamu bisa mengikuti seleksi SNMPTN dan menunggu nanti saat diumumkan lolos apa tidaknya.

Ada cara mudah mengetahui kamu bisa mendaftar SNMPTN dan melihat masuk peringkat terbaik atau tidak. Caranya adalah dengan login ke web SNMPTN dengan cara memasukkan username dan password yang telah kamu dapat sebelumnya.

Kamu dapat melihatnya saat waktu pendaftaran SNMPTN telah tiba. Di webpage SNMPTN nanti akan ada pemberitahuan kalau kamu bisa mendaftar apa tidak. Jika kamu tidak masuk kedalam kriteria peringkat terbaik disekolah akan ada tulisan yang kira kira isinya adalah : "Anda tidak dapat mengikuti SNMPTN, Silakan mengikuti SBMPTN."

Jika kamu mendapat informasi diri kamu sendiri saat login seperti nama, NISn dan lain sebagainya itu berarti kamu masuk kedalam kriteria siswa dengan peringkat terbaik disekolah dan diperbolehkan untuk mengikuti seleksi SNMPTN.

Langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran SNMPTN. Silakan isikan data diri kamu secara lengkap dan benar. Pastikan juga kamu sudah memikirkan matang matang dari jauh hari tentang apa program studi yang akan kamu ambil. Pemilihan program studi adalah hal yang vital karena menentukan nasib dan masa depan kamu sendiri.

Setelah selesai mengisikan identitas diri kamu dan jurusan yang dipilih maka kamu tinggal menyelesaikan pendaftaran. Jangan lupa juga jika waktu yang sudah ditentukan kamu mendapat perintah untuk mencetak tanda bukti pendaftaran SNMPTN. Maka lakukan saja sesuai instruksi yang diberikan. Kartu tanda bukti pendaftaran SNMPTN ini yang akan kamu gunakan nanti untuk registrasi ulang di PTN tempat kamu mendaftar jika sudah diumumkan kalau kamu diterima.

Bagaimana dengan jawaban ini? Apakah masih bingung atau kurang puas? Jika ada yang perlu ditanyakan terkait tidak punya prestasi apa boleh mendaftar SNMPTN, bisa menghubungi kami lewat Whatsapp atau bisa tulis pertanyaan di kolom komentar dibawah. Jika pertanyaan kamu menarik akan di posting dalam artikel seperti ini. Terimakasih, semoga bermanfaat!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel