Tidak Lolos Pemeringkatan SNMPTN Apa Yang Harus Dilakukan?

SNMPTN adalah harapan terbesar untuk masuk ke perguruan tinggi negeri. Prosesnya terbilang cukup mudah, hanya menggunakan ponsel saja sudah bisa mendaftar. Karenanya banyak yang berambisi bisa lolos melalui jalur ini.

Sedikit pengenalan bahwa ada aturan yang berlaku pada tiap sekolah menengah yang akan berpartisipasi pada ajang SNMPTN. Bahwa tidak semua siswa pada satu sekolah dapat mengikuti seleksi ini. Hanya siswa-siswi yang terbaiklah yang bisa mendaftar.

Alasannya adalah bahwa jalur undangan merupakan jalur yang khusus untuk siswa-siswi yang mempunyai prestasi akademik bagus di sekolahnya. Sehingga hanya yang terpilih saja yang akan lolos.

Tahapan awal mengikuti seleksi SNMPTN adalah mendapatkan username dan password. Username dan password tersebut yang akan kamu gunakan login ke halaman http://snmptn.ac.id.

Tahap kedua setelah login adalah finalisasi nilai kamu. Pastikan semua nilai sudah benar dan sesuai seperti di raport.

Selanjutnya adalah saat pendaftaran. Seperti tahap pertama yaitu login dengan username dan password.

Jika kamu lolos pemeringkatan maka kamu berhak untuk mendaftar SNMPTN dan memilih jurusan yang kamu inginkan.

Namun jika takdir berkata lain, muncul tulisan : Anda tidak dapat mengikuti SNMPTN 2018, silakan mendaftar SBMPTN 2018. Maka kamu harus berlapang dada bahwa kamu tidak lolos pemeringkatan.

Kenapa Tidak Lolos pemeringkatan?



Seperti aturan dari panitia SNMPTN bahwa kuota mendaftar bagi sekolah akreditasi A adalah 50%, akreditasi B 30%, dan C hanya 10%.

Dari aturan diatas dapat di mengerti bahwa akreditasi
sekolah akreditasi A, hanya 50% terbaik di
sekolahnya yang berhak mendaftar. Kemudian akreditasi B sebesar 30% terbaik di sekolah nya yang berhak mendaftar. Sedangkan akreditasi C sebesar 10% terbaik di
sekolahnya yang diperbolehkan mendaftar.

Alasan kenapa kamu tidak lolos pemeringkatan SNMPTN berdasarkan penjelasan diatas adalah berarti kamu tidak masuk kedalam peringkat terbaik disekolahmu.

Kamu tidak usah berkecil hati tidak lolos pemeringkatan, mereka yang lolos pemeringkatan belum tentu juga akan lolos SNMPTN nanti. Tidak ada yang tahu bagaimana sistem penilaiannya.

Untuk kamu yang tidak lolos pemeringkatan SBMPTN jangan bersedih, ini bukan akhir dari segalanya. Masih ada jalur lain untuk bisa kuliah. Banyak jalur yang bisa untuk kamu ikuti.

Selain SBMPTN dan ujian mandiri, kamu bisa mendaftar PMDKPN (jalur undangan masuk politeknik negeri), SPANPTKIN (jalur undangan masuk perguruan tinggi keagamaan Islam negeri), UMPN (jalur tes masuk politeknik negeri), UMPTKIN (jalur tes masuk perguruan tinggi keagamaan Islam negeri), dan jalur seleksi pada universitas swasta jika berminat.

Hikmah yang bisa kita ambil :


Tak lolos SNMPTN, bisa jadi lolos SBMPTN, anggap SNMPTN sebagai bonus


Jika tidak lolos pemeringkatan tak perlu bersedih. Jika lolos anggap saja itu sebagai bonus namun jika tidak lolos maka harus bangkit dan berjuang lagi. Jalan menuju kampus impian bukan hanya SNMPTN saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel