Soal Ujian Mandiri Unnes Tahun 2018,2017,2016,2015,2014


Halo sobat kembali lagi di blog kecil ini. Kali ini saya akan cerita tentang soal yaitu Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang yang ada di tahun 2018 , 2017, 2016 dan tahun tahun sebelumnya.

Sebelumnya apa sih Seleksi Mandiri Unnes itu?

Seleksi Mandiri Unnes adalah salah satu dari tiga jalur masuk ke Unnes yang proses seleksinya dilakukan secara mandiri oleh Unnes. Baik pengelolaan jadwal juga soal dilakukan secara mandiri tanpa keterkaitan lagi dengan Kemenristekdikti.


Berbeda dengan jalur masuk reguler yang kita ketahui yaitu jalur SNMPTN dan SBMPTN, jalur itu 100% murni menjadi wewenang pihak PTN itu sendiri. Kalau SNMPTN kan diselenggarakan oleh Kemenristekdikti, begitu pun dengan SBMPTN yang pengelolaan jadwal serta soal menjadi tanggung jawab pemerintah. Kalau Ujian Mandiri pihak Ptn berhak membuat soal seleksi sendiri. Namun dalam hal ini soal tetap mematuhi aturan soal seleksi masuk Ptn.

Soal ujian mandiri terdiri dari 3. Yaitu sama seperti soal pada SBMPTN ; TKD SOSHUM, TKD SAINTEK, TKPA. Iya sama saja sebenarnya. Kalau kamu mau pilih jurusan di rumpun Ipa ya tes nya TKPA dan TKD SAINTEK, begitu juga saat memilih Ips , maupun campuran yang mengerjakan campuran juga.

Berbicara mengenai soal ujian mandiri Unnes sebenarnya sudah banyak soal yang beredar di internet untuk tahun-tahun sebelumnya. Eh tapi saya punya soal yang terbaru loh yaitu soal UM Unnes tahun 2018 saintek dan juga soshum. Ayo siapa yang mau :)

Saya iseng iseng ikut ujian mandiri Unnes campuran. Yaitu ikut ujian saintek maupun soshum. Ujian campuran ini sampai sore tapi tak apalah demi dapat soal buat pembaca blog ini.

Maaf karena soal tkpa ujian mandiri Unnes tidak boeh di bawa pulang. Entah apa alasannya kenapa tidak boleh dibawa pulang, pas saya tanya pengawas dia tidak menjawab, hanya bilang katanya aturan dari panitia.

Saya sebenarnya tidak kaget kenapa soal tkpa tidak boleh dibawa pulang. Pada tahun 2017 pun saat mengikuti ujian sbmptn yaitu soal tkpa juga tidak boleh dibawa pulang. Kalau di sbmptn kenapa soalnya tidak boleh dibawa pulang karena ini permintaan dari psikolog pembuat soal tkpa sbmptn.

Tapi berhubung saya masih banyak kesibukan di dunia nyata mohon maaf banget belum bisa berbagi soalnya dalam waktu dekat ini. Saya akan usahakan segera mengudate postingan ini. Tunggu ya :)


"UPDATE 29 Januari 2018 : Soal Sudah Tersedia dan Siap di Download"



"UPDATE 25 Juli 2019 : Perbaikan link yang rusak & error"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel