Download Soal TPA SBMPTN 2017/2018

Banyak yang mencari tentang Soal untuk latihan TPA pada SBMPTN terutama pada tahun 2017/2018. Latihan soal tpa sangat penting dalam persiapan mengikuti seleksi sbmptn 2018/2019 agar dapat maksimal dalam mengerjakan soal.


Fungsi tes soal TPA

Tes Verbal

Berfungsi untuk mengukur kegesitan otak seseorang di bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim ( persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, tes pengelompokkan kata, tes logika umum, tes analisa pernyataan, dan kesimpulan ( silogisme), serta tes logika cerita.

Tes Numerikal

Berfungsi mengukur kegesitan mental seseorang di bidang angka, dalam rangka berfikir terstruktur dan logis matematis. Tes ini meliputi tes aritmetika (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka, dan tes angka dalam cerita.

Tes Figural

Berfungsi mengukur kegesitan mental seseorang dalam hal yang berkaitan dengan gambar, simbol, dan diagram. Tes ini meliputi tes logika diagram.


Tes TPA biasanya digunakan untuk mengumpulkan lumbung nilai di SBMPTN. Ini karena materi yang diujikan sangatlah mudah. Tidak ada alasan untuk tidak menguasai TPA. Dalam praktek nyatanya kita akan dibatasi oleh waktu. Adalah durasi untuk 45 soal kurang dari 1 jam. Tipsnya adalah harus mengerjakan satu soal wajib kurang dari satu menit. Tidak ada tapi. Waktu yang diberikan memang sangat singkat jadi tidak ada alasan bersantai mengerjakan soal TPA.

Yang harus diperhatikan adalah carilah model soal yang kamu anggap mudah dahulu. Kerjakan yqng mudah dari awal sampai akhir soal. Jangan kerjakan soal yang kamu ragu akan jawabannya benar apa salah. Jika kamu ragu akan jawaban dari satu soal tinggalkan saja jangan memaksakan mengerjakan soal yang menyita waktu. Ingat waktu yang diberikan sangat singkat. Jika soal yang mudah sudah dikerjakan semua, maka lanjut berputar pada soal yang tingkat kesulitannya agak sedang tapi selalu tekankan pada soal yang bisa dan kamu yakin jawaban kamu tersebut memang yakin 100% benar. Jika tidak maka peluang lolos akan tertutup karena satu soal salah akan mengurangi nilai kamu yang sudah dikumpulkan susah payah. Jadi harus berstrategi dengan tipe soal TPA. Tipe soal TPA terkadang yang mudah ada di akhiran, jadi usahakan lihat terlebih dahulu keseluruhan soal dari awal hingga akhir. Dengan begitu akan diketahui mana soal yang akan kamu kerjakan terlebih dahulu.

Kamu perlu tahu bahwa komponen soal analisis sangat menyita banyak waktu. Cermati model soak analisis jangan sampai kamu masuk kedalam jebakannya. Jebakan soal model analisis adalah ketika dibaca saat awal awal akan terasa bahwa soal ini bisa mudah dikerjakan namun saat sudah masuk dan mengerjakan soal akan ditemukan kesulitan dalam mengerjakan. Maka berhati hatilah terhadap model soal analisis jika waktumu dalam mengerjakan soal TPA tidak sia sia. padahal masih banyak soal lain yang harus kamu selesaikan yang siapa tahu soal tersebut tingkat kesulitannya lebih mudah.

Apabila dalam mengerjakan satu soal TPA kamu memakan waktu lebih dari satu menit usahakan tinggalkan saja soal tersebut. Bisa saja soal yang kamu kerjakan dengan njelimet dan tidak ketemu jawaban nya tersebut adalah soal yang di desain oleh para psikolog pembuat soal TPA yang sengaja menjebak kamu agar waktumu terbuang secara percuma dan kamu gagal mengerjakan soal lain yang lebih mudah karena waktumu habis percuma di satu soal.

Soal TPA yang paling mudah

Soal TPA yang paling mudah adalah model soal tpa tipe verbal yang diantaranya soal tipe tpa verbal adalah meliputi jenis sinonim, antonim, padanan kata, logika umum, pernyataan, silogisme dan logika cerita. Model soal tpa verbal adalah model soal tpa yang paling bisa kamu andalkan dalam mengumpulkan lumbung nilai pada SBMPTN pasalnya model soal tipe verbal akan membuat kamu memerlukan waktu yang sangat singkat dalam mengerjakan satu soalnya. Misalnya saja adalah kamu saat mengerjakan soal sinonim dan antonim kamu hanya memerlukan waktu kurang dari 15 detik sudah bisa merampungkan satu soal. Bayangkan saja jike soal yang kamu kerjakan adalah analisis pasti saja kamu akan memerlukan banyak waktu dan jika kamu tidak berstrategi waktu kamu akan habis gara gara hanya terpaku ke satu soal yang sulit kamu temui jawabannya apa.

Bagi para kelas 12 yang sebentar lagi akan mengikuti sbmptn cepat cepatlah berlafih dan kuasai soal soal tpa secepat mungkin karena ini akan jadi malaikat penolong kamu dalam bertempur du sbmptn nanti. Dengan tpa kamy bisa memperoleh banyak nilai sbmptn dengan waktu yang relatif singkat dbandingkan soal mata uji lain. Disamping itu juga proses dalam mempelajari materi materi tpa yang akan diujikan dalam sbmptn nanti tidaklah ada kesulitan yang berarti. Materi soal tpa bisa dipelajari sendiri dirumah bahkan tanoa pembimbing sekalipun karena pada dasarnya soal tpa adalah soal yang tidak memerlukan teori melainkan hanya memerlukan logika dan analisis jadi siapapun dapat mengerjakan soal tpa termasuk anak smp sekalipun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel