Bagaimana Cara Melihat Penilaian SNMPTN?

Seleksi Nasional Masuk Perguruan tunggi Negeri (SNMPTN) adalah seleksi yang dilakukan secara serentak di seluruh indonesia. SNMPTN menggunakan nilai raport semester 1 samoau semester 5 saat SMA sebagai bahan penilaian apakah siswa memenuhi kriteria yang ditetapkan universitas yang di tuju apa tidak.

SNMPTN sering juga disebut jalur undangan karena siswa tidak dituntut melakukan tes tertulis. SNMPTN tidak menggunakan nilai tes, hanya murni nilai raport saja.


Hal yang harus diperhatikan saat akan mendaftar ke SNMPTN adalah mendapatkan username dan password. Username dan password tersebut bisa kamu dapatkan ke kantor tata usaha atau kantor BK di sekolahmu.

Dengan username dan password tersebut lah yang akan Kamu gunakan untuk mendaftar ke snmptn. Namun sebelum mendaftar saat kamu login akan ada nilai kamu dafri semester 1 aampai 5.

Tugas kamu adalah memastikan bahwa nilai itu benar dan sudah sesuai dengan nilai di raport kamu. Karena jika ada nilai yang tidak sesuai dengan nilai raport maka akan menyebabkan panitia snmptn mengira bshwa nilai kamu telah dimanipulasi dan membuat kamu gagal lolos ke snmptn.

Bagaimana jika ada nilai di dasbor snmptn yang tidak sesuai dengan nilai raport?

Baik, jika ada nilai di homepage snmptn kamu yang tidak sesuai dengan nilai raport maka segera lapor ke guru yang menangani snmptn yaitu guru bk atau tata usaha. Segeralah minta agar nilai kamu segera diubah sesuai nilai pada raport.

Saat nilai kamu sudah sesuai nilai pada raport maka langkah selanjutnya adalah melakukan finalisasi. Apa itu finalisasi? finalisasi adalah sebagai tanda bahwa nilai yang ada di dasbor snmptn tersebut sudah benar dan sesuai dengan nilai pada raport kamu.

Setelah finalisasi, dan waktu mendaftar telah tiba maka kamu bisa login untuk mendaftar snmptn. Namun tidak semua siswa bisa mendaftar ke snmptn. Hanyaa suswa dengan peingkat terbaik saja yang di perbolehkan mendaftar.

Dalam hal ini sering disebut dengan pemeringkatan pada snmptn. Adalah siswa yang masuk ke jajaran rangking terbaik yang boleh mendaftar.

Sekolah yang memiliki akeditasi A siswa yang boleh mendaftar snmptn adalah 50% dari peringkat terbaik di sekokahnya. Namun jika sekolah jamu memiliki akreditasi dibawah A, misal B atau C tentu kuota yang dapat mendaftar akan lebih sedikit.

Bagi yang tidak lolos pemeringkatan snmptn jangan bersedih dulu, masih ada jalur ujian tulis (SBMPTN) dan jalur mandiri masuk PTN.

Berikut ini fakta fakta terkait SNMPTN untuk menambah wawasan kamu.

Tidak ada yang tahu pasti bagaimana sistem penilaiannya


Di homepage SNMPTN dan oleh Kemenristekdikti tidak disebutkan secara jelas bagaimana sistem penilaian snmptn. Apakah siswa yang punya presyasi banyak pastu lolos apa tidak tidak ada yang tahu. Faktanya banyak siswa biasa saja saat di SMA namun lolos SNMPTN, dan tidak sedikit siswa pandai yang malah tidak lolos.

Tentu hal ini tidak ada yang tahu pasti bagimana panitia snmptn dalam menentukan bagaimana seorang siswa dapat lolos. Kita hanya bisa memprediksi dan berharap saja.

Selalu ada hal yang diluar ekspektasi


Saat kamu punya banyak prestasi, banyak piagam dan sertifikat penghargaan bukanlah jaminan 100% akan lulus SNMPTN. Namun hal ini prestasi akademik seperri piagam hanya digunakan sebagai pendukung saja, tidak wajib.

Maka bersiaplah jika nanti seandainya kamu tidak lokos SNMPTN, karena selalu ada hal diluar ekspektasi yang sering terjadi.

Tips dalam mendaftar SNMPTN


Jangan terlalu berharap lebih pada SNMPTN. Anggap kalau lolos itu rezeki dan kalau tidak lolos tidak masalah, masih bisa ikut jalur SBMPTN dan Ujian Mandiri.

SNMPTN usahakan kamu harus berstrategi dalam memilih jurusan. Pilihlah jurusan yang mempunyai persaingan yang tidak tinggi, tapi tetap menjadi passion kamu. Jangan memilih jurusan yang sulit ditembus. Logikanya sesuaikan nilai dengan jurusan impian kamu.

Gosip tentang SNMPTN ada PTN yang tidak mau di nomorduakan?


Mas benar kah kalau ada PTN yang tidak mau dinomorduakan ?

Pertanyaan ini sering muncul baik di grup facebook, whatsapp maupun line tentang PTN yang tidak mau dinomorduakan. Jika menengok sistem pada SNMPTN yaitu nilai diterima oleh panitia pusat lalu dikumpulkanlah semua siswa yang mendaftar pada jurusan dan kampus yang sama, lalu dilakukan perangkingan nilai.

Jika nilai kamu tidak memenuhi pada jurusan pertama maka akan dilakukan perangkingan pada jurusan kedua. Apabila nilai kamu tidak memenuhi ketiga jurusan yang kamu pilih maka kamu dinyatakan tidak lolos SNMPTN.

Lalu jika menengok pertanyaan tersebut kalau kita melihat sistem pada SNMPTN harusnya pertanyaan tersebut hanyalah berita hoax semata. Namun entah kebetulan atau tidak ada juga yang mengaku tidak lolos karena ada PTN yang tidak mau dinomorduakan?

Darimana mereka tahu? Asal mengira-ira sajakah?

Lebih baik tidak usah percaya kabar tersebut. Tempatkanlah pilihan utama pada nomor 1 begitu seterusnya.Dan yakinlah bahwa kamu bisa lolos SNMPTN.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel