Sejauh Mana Kamu Belajar UNBK Dan USBN

Ujian nasional berbasis komputer atau disingkat UNBK adalah evaluasi tingkat akhir dimana ini hasil setelah menempuh pendidikan di suatu lembaga pendidikan. Sedangkan Ujian sekolah berbasis komputer atau sering disingkat USBN adalah ujian akhir tingkat sekolah pada tiap tiap lembaga pendidikan di Indonesia.

Gambar : Fajaronline.com

Lalu sudah seberapa jauhkah persiapan kamu dalam menghadapi pertempuran di UNBK dan USBN? Sudah 90% ? sudah 99% atau masih dibawah 50%?

Waktu yang kamu miliki tidaklah lama. Kamu harus mempersiapkan segalanya. Kalau kamu kelas 12 maka akan semakin pusing. Karena ada banyak deadline yang siap menanti di depan matamu.

Kesibukan itu yang akan kamu alami sebagai kelas 12 adalah les sekolah,bimbel (jika ikut), ujian semester, simulasi unbk, ujian praktek, dan ujian sekolah berstandar nasional.

Semua itu akan menyita waktu kamu untuk melalukannya. Lalu sudah seberapa besarkah pemahaman dan penguasaan materi kalian? Sudah yakin mendapat nilai yang tinggi?

Jika jawabannya belum berikut merupakan sharing dari pengalaman saya pribadi tentang mengikuti un dan usbn semoga dapat dijadikan pelajaran buat kamu yang masih kelas 12.

Yang pertama UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL...

Ujian ini baru diterapkan pada tahun 2017 kemarin yang mana berbeda dengan penerapan pada tahun sebelumnya yang sudah sudah. Pada ujian sekolah kali ini yang membuat soal bukanlah dari pihak sekolah melainkan dari MGMP seluruh provinsi di masing masing provinsi di seluruh Indonesia.

Hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang membuat soal adalah dari pihak sekolah yang mana sering terjadi manipulasi nilai dari pihak sekolah karena seeing terrjadi kebocoran soal pada siswanya. Nah pada sistim yang baru ini tidak akan bisa terulang lagi karena soal bukan dari pihak sekolah dan nilai langsung masuk ke data pokok kemendikbud yang tidak dapat dimanipulasi oleh pihak sekolah.

Mengenai persiapan yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut:

Pertama mulailah pahami setiap mata pelajaran yang akan diujikan, INGAT PAHAMI!!! buka di HAFAL. Menghafal dan memahami itu beda.

Bila kamu memahamu satu materi maka mau bagaimana bentuk soalnya kamu akan bisa mengerjakan karena sudah paham dan tahu konsepnya.

Jika kamu hanya menghafal materi dari pelajaran yang akan diujikan maka kemungkinan besar kamu akan kesulitan dalam mengerjakan soal. Karena jika keluar soal baru yang belum pernah kamu pelajari kamu akan kebingungan sendiri.

Terlebih lagi bentuk soal dalam USBN 2017 adalah pilihan ganda dan essay. Nah lhoh bagaimana nanti kamu bisa mengerjakan kalo hanya modal hafalan saja. Ini bukan praktik mendongeng yang harus dihafal semua. Ini adalah strategi untuk bisa menang.

Yang kedua UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER...

Sebenarnya apasih yang diujikan di ujian nasional itu? Yang diujikan adalah materi yang sudah kita pelajari. Dan sudah barang tentu kamu akan paham tentang materi tersebut.

Oleh karena itu tidak usah khawatir tidak bisa mengerjakan soal nanti karena kamu pasti bisa. Jangan beranggapan bahwa soal ujian nasional itu menakutkan , namun berpikirlah bahwa soal ujian nasional itu adalah sebuah tantangan yang harus kamu hadapi.

Sekadar info buat yang belum tahu bahwa dalam unbk nanti kamu akan menggunakan komputer dalam semua mapel yang diujikan. Nah ada mapel yang mewajibkan menggunakan alat bantu pendengaran dalam mengerjakan soal yaitu mapel bahasa inggris pada topik soal listening section. Pada saat listening section kamu harus menggunakan alat bantu pendengaran seperti headphone dan sejenisnya agar bisa mendengar suara apa dalam soal.

Hal hal yang harus diperhatikan saat akan dan menjelang selesai UNBK...

Saat akan dimulai sesi dalam ujian pastikan menunggu aba aba dari pengawas untuk log in ke server. Jangan sampai pengawas belum memberi aba aba namun kamu sudah login duluan. Nanti akibatnya no peserta kamu akan error.

Kedua, saat mengerjakan soal bahasa inggris dalam soal listening section pastikan alat bantu pendengaran sudah berfungsi dengan baik, namun jika ada masalah segera lapor ke pengawas agar segera diperbaiki.

Ketiga,saat sudah selesai mengerjakan semua soal pastikan tidak ada soal yang belum kamu jawab karena yang akan rugi kamu sendiri. Cek kembali semua jawaban pastikan semua sudah terjawab. Jika sudah kamu tinggal log out dari servernya. Namun jika kamu membiarkan pada saat waktu sudah habis maka kamu akan secara otomatis log out dengan sendirinya.

Banyak yang harus dipersiapkan untuk semuanya. Tidak ada waktu lagi untuk bersantai atau nongkrong. Tentukan langkah dan mau kemana arahmu. Karena kamu di masa masa kelas 12 tidaklah lama. Semua akan berubah dengan cepat, lalu dunia yang sesungguhnya yang akan kamu hadapi.

Persiapkan semuanya dengan sebaik baik persiapan. Berjuanglah, karena usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel