Pengertian Simulasi UNBK Untuk Kamu Yang Belum Paham

(Baca Juga : Apa itu Simulasi UNBK?)

Simulasi UNBK adalah agenda tahunan yang dilakukan oleh tiap-tiap sekolah untuk muridnya dalam persiapan menghadapi UNBK. Simulasi dilakukan di lab komputer dan tiap ruang dibatasi pesertanya. Hal ini dilakukan karena sistim penggunaan komputer dalam ujian nasional baru dilakukan pada tahun 2017 ini di sekolah SMA sederajat dan SMP sederajat.

Gambar : m.liputan6.com

Pemberlakukan ujian nasional menggunakan komputer dinilai pemerintah banyak memberikan hal yang positif. Salah satunya akan mengajarkan siswa siswi agar lebih cakap teknologi terutama dalam hal menggunakan komputer.

(Baca Juga : Apa itu Simulasi UNBK?)

Kita tahu sendiri bahwa di zaman yang serba modern ini hampir aktivitas yang berhubungan dengan kebutuhan informasi tidak lepas dari komputer sebagai salah satu sarana mendapat informasi.

Penggunaan komputer sebagai sarana ujian nasional akan memberikan hal baru bagi para murid. Diantaranya adalah mendapat pengalaman baru ujian nasional menggunakan komputer.

Disamping itu ketika menggunakan komputer juga akan menghemat biaya kertas untuk soal ujian karena soal ada dalam bentuk digital yang mudah di akses.

Selain itu juga penggunaan komputer sebagai sarana ujian nasional akan meminimalisir adanya kebocoran soal. Tentu sudah sering kita dengar bahwa sering terjadi kebecoran soal saat menjelang ujian nasional.

Kebocoran soal tersebut diakibatkan kurangnya pengawasan dan kejujuran dari perusahaan yang ditunjuk oleh pemerintah sebagai pihak pencetak soal. Melihat hal tersebut yang selalu terulang setiap tahun, pemerintah mengambil langkah tegas untuk mengantisipasinya dengan merubah sistem ujian menjadi ujian berbasis komputer.

Dengan ujian berbasis komputer ini kamu akan diuntungkan karena beberapa hal, yang pertama kamu tidak usah membeli peralatan tulis guna melakukan ujian, yang kamu harus lakukan adalah membawa kartu peserta saja.

Keuntungan yang kedua, kamu akan memiliki pengalaman baru ketika menghadai UNBK. Tentu ini akan jadi hal yang berharga karena dalam simulasi ini akan membuat kamu tidak kaget dengan sistem ujian yang lebi modern.

Disamping itu juga bila menggunakan komputer tentu akan menghemat waktu yang kamu perlukan untuk mengerjakan soal. Kamu tidak perlu menghitami jawaban, tidak perlu lagi mengisi identitas, karena semua sudah otomatis di submit saat kamu login ke database kemendikbud untuk ujian.

Dibalik kelebihan selalu ada kekurangan yang dimiliki. Kekurangan saat menggunakan ujian nasional berbasis komputer ada 3 macam.

Yang pertama ketika listrik padam. Jika listrik padam otomatis aktivitas ujian akan terhenti total karena komputer membutuhkan pasokan listrik untuk dapat bekerja.

Yang kedua karena masih awal awal dilakukan tidak bisa dipungkiri akan sering terjadi crash dan error. Pengalaman saya pribadi dulu saat menjalani unbk juga sering terjadi crash atau error namun itu hanya sebentar dan kembali normal lagi. Pesan saya jika komputer atau perangkat yang kamu gunakan sedang bermasalah cepatlah hubungi pengawas ruangan agar segera diperbaiki sebelum waktu ujian terbuang percuma.

Yang ketiga bagi kamu yang menderita gangguan pada mata pasti akan sedikit risih jika harus berlama lama didepan monitor. Bahkan orang yang memiliki mata normal pun akan terasa perih matanya jika lama didepan monitor.

Nah dalam simulasi UNBK kamu akan mengerjakan soal soal yang dibuat seperti nampak ujian nasional sesungguhnya. Dan masalah waktu pun akan disesuaikan berdasarkan waktu ujian nasional yang sesungguhnya. Saat mengerjakan dan kamu ketemu jawabannya tinggal klik saja nomor soal dan pilih jawaban mana yang kamu anggap paling benar.

Jika waktu simulasi telah habis, kamu tidak bisa mengerjakan lagi soal yang ada karena otomatis dasboard ujian nasional kamu akan log out secara otomatis. Namun jika waktu masih tersisa dan kamu sudah selesai mengerjakan soal tryout maka kamu bisa log out secara manual lewat tombol yang sudah disediakan.

Tips untuk yang menjalani simulasi UNBK...

Kerjakanlah soal itu dengan sungguh sungguh karena kamu tidak tahu berapa nilai kamu nanti. Anggap ini sebagai ujian sesungguhnya dan kamu harus mengerjakan dengan seluruh akal dan fikiran. Jika tidak maka kamu tidak akan bisa mengevaluasi sampai mana pencapaian kamu selama ini apakah meningkat atau sebaliknya.

Seperti itulah sedikit gambaran tentang simulasi UNBK mengapa itu dilakukan. Karena pada dasarnya bisa karena terbiasa. Bisa menggunakan komputer sebagai sarana ujian adalah karena terbiasa, oleh karena itu perlu dilakukan simulasi UNBK untuk memposisikan siswa/i seperti saat ujian sesungguhnya nanti. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel