FAQ : Nilai raport naik turun apa bisa lolos SNMPTN?

Nilai raport naik turun apa bisa lolos SNMPTN Ya Kak?

Halo teman teman semua, kali ini saya akan sedikit menyinggung tentang cara menghitung nilai rata rata raport untuk snmptn. Sebelumnya saya mau Tanya dulu apakah kalian sangat berharap bias tembus snmptn ke universitas impian kalian? Pasti semuanya akan berkata IYA. Lalu berapa nilai raport kalian? Nilai raport kalian naik turun kah? Nilai tak menentu gara gara sering ikut remedy? Gara gara itu semua kalian jadi takut untuk berharap bias lulus snmptn? Kalau salah satu pertanyaan saya ada yang pas ngena banget ke kalian coba deh baca dulu postingan ini sampai selesai karena saya akan mencoba memeberikan sedikit pencerahan mengenai bagaimana sih nilai naik turun dalam snmptn apakah peluangnya sangat kecil atau bagaimana. Nah penasaran? Simak penjelasan berikut.
Pertanyaan : Nilai raport naik turun apa bias lolos snmptn?
Jawab : Bisa kok, asalkan nilai yang turun itu hanya sebagian kecil saja dan mayoritas mata pelajaran memiliki peningkatan nilai berturut-turut dari semester 1 hingga 5.

Baca juga : Nilai Ujian Nasional mempengaruhi kelulusan SNMPTN

Gambar : insurancenewsnet.com

Baca juga : Cara menghitung nilai raport untuk SNMPTN

Adanya mitos nilai naik turun tidak bias lolos…
Karena banyak yang beranggapan bahwa syarat agar bisa lolos dan diterima SNMPTN adalah memiliki nilai raport yang senantiasa mengalami peningkatan yang signifikan. Namun sampai detik ini masih ada saja yang nilainya naik turun bisa dan lolos ke PTN impiannya.

Contoh dari siswa yang nilainya naik turun atau tidak stabil adalah kakak kelas saya sendiri. Ceritanya bisa dibaca disini. Dia adalah anak SMK yang bisa dikatakan berntung bisa lolos ke Unnes lewar jalur undangan.Namun dibalik keberhasilannya tersebut bukan tanpa alasan. Ada faktor yang menurut saya menjadi nilai lebih dibalik keberhasilan lolos. Hal yang mempengaruhi ada dua yaitu pelampiran bukti prestasi serta jumlah alumni di PTN tempat mendaftar.

Sudah hampir pasti bahwa yang melampirkan bukti prestasi akan mempunyai nilai lebih dibanding yang tidak melampirkan. Hal ini juga sudah disampaikan oleh panitia pusat SNMPTN. Namun bagi yang tidak melampirkan berkas bukti prestasi juga tidak apa-apa, karena berkas ini sifatnya hanyalah pendukung.

Kedua adalah jumlah alumni yang sudah berada di PTN tempat kamu mendaftar. Bila jumlah alumni ada lumayan banyak maka sudah barang tentu kamu memiliki peluang untuk lolos yang terbuka lebar. Jumlah alumni akan memberi pesan tidak langsung kepada PTN terkait bahwa alumni dari sekolah kamu memang siswa yang berkualitas dan layak diperhitungkan.

Maka bersenanglah jika kamu memiliki kakak kelas yang sudah berada di PTN yang akan kamu lamar. Karena pintu kamu untuk menjadi suksesor mereka sangatlah besar. Kendati demikian kembali lagi kepada sistem penilaian SNMPTN itu sendiri yang menggunakan acuan nilai raport kamu sebagau bahan utama untuk menentukan kamu layak diterima atau tidak. Walaupun sistem penilaian SNMPTN terkadang sangat misterius karena banyak siswa yang pandai tapi tidak lolos dan anehnya siswa yang nilai raportnya biasa saja malah bisa menembus SBMPTN.

Well, tidak ada yang tahu pasti bagaimanakah sistem penilaian SNMPTN selain menggunakan nilai raport dan prestasi akademik siswa. Semua wajib kita kembalikan lagi kepada Tuhan Yang Maha Berkuasa, pasrahkan semuanya kepada-Nya dan yakinlah apa yang akan kamu terima nanti adalah yang terbaik.

Bagaimana dengan jawaban ini? Apakah masih bingung atau kurang puas? Jika ada yang perlu ditanyakan terkait Cara menghitung Nilai raport untuk pendaftaran SNMPTN bisa menghubungi kami lewat Whatsapp atau bisa tulis pertanyaan di kolom komentar dibawah. Jika pertanyaan kamu menarik akan di posting dalam artikel seperti ini. Terimakasih, semoga bermanfaat!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel