Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat Agar Tidak Salah Jurusan

Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat Agar Tidak Salah Jurusan - kampusajaib.blogspot.com | SNMPTN dan SBMPTN ibarat sebuah panggung ciptaan manusia. Oleh karena itu berbagai upaya perlu disiapkan sedini mungkin agar bisa 'survive' dan jadi pemenang.

Gambar : collegerecruiter.com

Seorang ahli dalam peracik strategi perang asal Cina, Sun Tzu, dalam bukunya yang berjudul The Art Of War menyatakan "Kenali musuhmu, kenali dirimu, lawan jika Anda merasa menang, dan dalam ratusan peperangan Anda tidak akan terkalahkan; Kalau Anda hanya mengenali diri Anda sendiri tanpa mengenali musuh, kemungkinan kalah dan menang seimbang; Kalau Anda tidak mengenali musuh dan diri Anda sendiri, Anda pasti kalah".

Konsep ini mengajarkan kepada kita apa artinya pemahaman, pemikiran, dan pemantapan strategi dalam konteks memenangkan peperangan dalam memilih jurusan.

Konsep ini juga mengajarkan kepada kita bahwa untuk dapat memenangkan setiap peperangan haruslah mengenali diri sendiri dan musuh atau pesaing kita.

Motivasi untuk meningkatkan kemampuan akan bangkit dengan sendirinya ketika kita mampu untuk mengenal diri sendiri dan musuh kita.

Kemampuan tersebut bisa dilatih dan ditingkatkan sering sering mencoba mengerjakan soal soal sbmptn dari tahun lalu.

Tips Memilih Jurusan Yang Tepat


Untuk dapat memilih jurusan/program studi yang sesuai dengan minat dan bakat kita tidak mudah. Diperlukan pertimbangan khusus agar tidak salah pilih.

Pertimbangan tersebut antara lain meliputi minat kamu terhadap jurusan/program studi apakah sesuai passion dan kesukaan, prospek kerja setelah lulus, dan faktor pendukung lain.

Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat kamu supaya nanti kamu saat kuliah tidak mendapat kesulitan karena baru merasakan kalau ternyata kamu salah pilih jurusan.

Selain itu pertimbangkan juga bagaimana prospek/peluang kerja dari jurusan/program studi yang kamu pilih setelah lulus nanti.

Jangan paksakan pilihan pada jurusan yang sulit kamu kuasai, misalnya jurusan Kedokteran, tapi kemampuan kamu kurang di bidang itu, hal itu tentunya akan menyulitkan kamu di bangku kuliah.

Hal-hal yang perlu kamu perhatikan dalam pemilihan jurusan antara lain :


1. Menyesuaikan Cita-Cita, Minat, dan Bakat


Setiap orang memiliki bakat dan cita-cita tersendiri, oleh karena itu carilah jurusan yang dapat membawa kamu ke puncak produktivitas karir kamu. Sehingga kemampuan, minat dan bakat dapat terakomodir dengan baik sesuai tempatnya.

2. Informasi


Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang jurusan/program studi yang kamu minati tersebut. Kamu bisa bertanya dengan senior yang kuliah di jurusan yang kamu incar, atau bisa juga bertanya dari mulut ke mulut. Cara paling efektif adalah dengan mencari informasi melalui internet.

Informasi itu mengenai mata kuliahnya apa saja, lama tempuh pendidikan, dan prospek pekerjaan setelah kamu lulus nanti.

Carilah informasi sebanyak mungkin untuk meyakinkan kamu apa benar benar mau ambil jurusan tersebut atau tidak, tapi jangan mudah terpengaruh oleh omongan orang lain ya, harus dicari tahu lebih dahulu mengenai kebenarannya.

PALING PENTING!!! : Jangan memilih suatu jurusan hanya untuk ikut ikutan teman. Nanti akhirnya kamu yang akan menyesal karena salah jurusan.

3. Lokasi dan Biaya


Lokasi dan biaya merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan jurusan kuliah. Semakin dekat lokasi Universitas yang kamu tuju maka akan semakin hemat biaya yang harus kamu keluarkan.

Bagi masyarakat yang kondisi perekonomiannya menengah kebawah poin ini merupakan poin penting yang tidak boleh terlewat. Pasalnya untuk biaya transportasi saja pasti akan menguras kantong jika lokasi Universitas jauh dari tempat tinggal.

Jika dana yang kamu miliki terbatas maka usahakanlah memilih Universitas yang masih dekat dengan tempat tinggalmu, misalnya masih satu provinsi.

Pemilihan tempat kuliah juga harus memperhatikan biaya hidup di kota tersebut. Ada kota yang biaya hidupnya murah, ada juga kota yang biaya hidupnya mahal. Contoh kota yang biaya hidupnya murah adalah Solo, Malang, Semarang, dan kota kota yang lain. Jika kota tempat tinggalmu biaya hidupnya murah boleh usulkan di komentar :)

Pilih juga Universitas yang biaya pendidikannya tidak terlalu mahal atau rendah. Dalam hal ini cari yang menyediakan banyak kuota beasiswa agar peluang kamu mendapat beasiswa juga besar, dengan begitu akan meringankan biaya yang harus kamu keluarkan.

Contoh Universitas yang memiliki kuota beasiswa bidikmisi banyak dari tahun ke tahun adalah UNNES, UNS, dan UNY.

Tapi yang harus kamu ingat : "Uang bukanlah penghambat dalam mencari ilmu."

4. Daya Tampung Jurusan


Kamu tidak boleh terlalu memiliki obsesi dengan jurusan favorit di kampus yang menjadi favorit. Biasanya kampus yang sudah terkenal akan kualitasnya daya tampung di tiap tiap jurusan tidak banyak. Hal ini karena mereka mengutamakan kualitas mahasiswa dibanding berapa yang akan diterima.

Kita harus optimis tetapi tidak boleh terlalu terobsesi. Sebaiknya kalau mau pilih jurusan yang favorit, di pilihan kedua pilihlah jurusan yang peluang masuknya lebih besar, tapi harus ingat kembali bahwa pilihan kamu harus berdasarkan minat dan bakat yang kamu miliki serta prospek kerja setelah lulus.

5. Karir dan Prospek Pekerjaan


Jurusan yang kamu pilih pastikan akan memiliki prospek perkerjaan yang menjanjikan kelak. Misalnya jurusan Akuntansi banyak peluang bekerja di instansi pemerintahan, bea cukai, perpajakan, bank, dan masih banyak lagi.

Percayalah bahwa pengalaman sangat menentukan dalam nanti mencari pekerjaan. Proses rekrutmen perusahaan dalam mencari pegawai selalu mengutamakan pengalaman dan skill yang dimiliki dan tidak selalu melihat latar belakang dimana kamu menempuh pendidikan.

Tapi terlepas dari itu semua jika skill, keberanian, dan ketangguhan kamu lebih baik dari orang orang normal, maka jurusan apapun yang akan kamu pilih itu sah sah saja.

Apapun jurusan yang akan kamu pilih nanti, pastikan itu yang terbaik untuk kamu dan masa depanmu. Tulisan ini hanya sekadar saran biasa untuk yang sedang bingung mau menentukan jurusan SNMPTN dan SBMPTN.Seperti itulah tips memikih jurusan kuliah agar tidak salah ambil jurusan. Karena masa depan lebih penting untuk diperjuangkan. selamat berjuang para pejuang.

Demikian Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat Agar Tidak Salah Jurusan.

Semoga bermanfaat...!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel