FAQ : Saya adalah alumni tahun kemarin apa bisa mendaftar SNMPTN lagi tahun ini?

Saya adalah alumni tahun kemarin apa bisa mendaftar SNMPTN lagi tahun ini?

Tidak diperbolehkan, karena dalam aturan panitia pusat SNMPTN menjelaskan bahwa ini hanya diperuntukan kepada siswa siswi kelas 12 yang akan lulus pada tahun tersebut. Jika sudah menjadi alumni maka tidak diperkenankan mendaftar kembali karena sudah tidak memiliki kesempatan.

Di suatu waktu entah dimana tempatnya kalau tidak salah di grup Facebook ada yang bertanya perihal SNMPTN. Dia sudah menjadi alumni karena lulus tahun lalu namun penasaran apakah masih diperbolehkan mendaftar jalur seleksi SNMPTN untuk kedua kalinya apa tidak.

Sontak dalam waktu kurang dari lima menit thread dari orang tersebut langsung jadi trending topic di grup. Banyak yang menyanyangkan pertanyaan seperti ini kenapa bisa-bisanya ditanyakan. Padahal di website resmi SNMPTN sudah dijelaskan secara gamblang terkait aturan dan prosedur pendaftaran SNMPTN.


Dari homepage SNMPTN sudah dijelaskan secara gamblang prosedur pendaftafannya. Disitu tertulis bahwa yang bisa memgikuti seleksi hanyalah para siswa/i yang masih duduk di bangku kelas 12 SMA atau sederajat yang tahumn ini akan lulus. Maka bagi para alumni tentu saja sudah tertutup kemungkinan mengikuti jalur undangan karena mereka telah mendapat kesempatan itu pada tahun sebelumnya.

Seleksi SNMPTN adalah jalur khusus dari Kemendikbud untuk kelas 12 yang akan lulus agar mereka yang memiliki potensi prestasi akademik baik dapat tersalurkan ke perguruan tinggi negeri tanpa harus mengikuti seleksi tertulis. Tentu saja tidak semua bisa berkesempatan mengikutinya. Hanya yang masuk kedalam kriteria peringkat terbaik di sekolah saja yang diperbolehkan daftar.

Solusi untuk alumni yang tidak bisa mengikuti seleksi jalur undangan adalah memanfaatkan jalur ujian tulis SBMPTN. Sebenarnya masih ada jalur ujian tulis yang bisa dicoba selain itu seperti UMPN dan UMPTKIN. Jalur UMPN adalah jalur tes tulis untuk masuk ke Politeknik Negeri sedangkan UMPTKIN adalah seleksi tertulis untuk masuk ke Perguruan Tinggi Keislaman Negeri.

Jadi, kesimpulannya para alumni yang telah menunggu setahun atau istilahnya gap year tidak dapat mengikuti jalur seleksi SNMPTN ya karena itu hanya ditujukan untuk kelas 12 yang akan lulus pada tahun ini saja. Semoga tercerahkan :)

Bagaimana dengan jawaban ini? Apakah masih bingung atau kurang puas? Jika ada yang perlu ditanyakan terkait Pendaftaran SNMPTN bisa menghubungi kami lewat Whatsapp atau bisa tulis pertanyaan di kolom komentar dibawah. Jika pertanyaan kamu menarik akan di posting dalam artikel seperti ini. Terimakasih, semoga bermanfaat!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel