Akreditasi Sekolah Tentukan Jumlah Pendaftar SNMPTN

Pemerintah selaku panitia pusat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN membuat format pendaftaran untuk seleksi masuk PTN.

Pada tahun-tahun sebelumnya sekolah yang memiliki akreditasi berbeda dapat mendaftarkan seluruh siswanya. Namun pada kebijakan yang baru tidak bisa.

Sekolah yang memiliki tingkat akreditasi baik mendapat kuota untuk mendaftarkan siswanya lebih banyak. Begitu juga berlaku bagi sekolah yang memiliki akreditasi lebih rendah akan semakin sedikit kuota pendaftar yang diberikan.


Sekolah yang berakreditasi A berkesempatan mendaftarkan 50 persen siswanya, sekolah terakreditasi B 30 persen, terakreditasi C 10 persen, dan akreditasi lainnya hanya bisa mendaftarkan 5 persen peringkat terbaik di sekolahnya.

Kebijakan ini berdampak sangat positif. Pemerintah menginginkan meningkatkan akreditasi sekolah dan pendidikan di Indonesia agar lebih baik. Akreditasi meningkat tentu mutu pendidikan kita juga meningkat dan ini akan sangat berpengaruh pada kemajuan negara Indonesia.

Para aktivis pendidikan di tanah air juga berharap dengan penerapan kebijakan ini akan dapat membuat sekolah sekolah di Indonesia berlomba-lomba meningkatkan mutu sekolahnya.

Seperti yang disampaikan oleh panitia pusat SNMPTN, penerapan kebijakan akreditasi dengan jumlah pendaftar SNMPTN diharapkan ikut meningkatkan kualitas mahasiswa. Karena semakin sedikit berarti itu yang terbaik diantara lainnya. Dengan jumlah mahasiswa yang dibatasi akan membuat mereka berlomba berebut satu kursi di PTN.

Contohnya saja di Undip, penerapan kuota akreditasi terhadap pendaftar SNMPTN diakui sangat bermanfaat. Mahasiswa yang masuk ke Undip ialah mereka yang terbaik dari yang terbaik.

Bagi siswa yang masih duduk di bangku SMA juga di harapkan membuka mata dan telinga. Terkait kebijakan tersebut mereka dituntut bersaing dengan lebih ketat. Pasalnya hanya yang terbaiklah yang punya kesempatan mendaftar.

Belum lagi pendaftar dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Karena bagi yang masih duduk di SMA mereka punya kesempatan untuk meningkatkan prestasi akademiknya. Ini demi peluang lolos lewat seleksi SNMPTN.

Jika PTN yang dituju adalah kampus favorit semisal UGM atau UNDIP maka para siswa wajib memperhitungkan matang pilihannya. Salah sedikit bisa gagal masuk. Maka pemilihan jurusan akan sangat vital bagi keberhasilan lolos SNMPTN disamping prioritas pemilihan jurusan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel