Pengalaman Mengikuti Ujian SBMPTN Pertama Kali di UNDIP

Banyak yang bertanya tanya bagaimana nanti saya akan ikut ujian sbmptn tetapi saya tidak tahu lokasinya? Nanti saya nginap dimana pas ujian sbmptn? nanti saya disana dengan siapa? nanti kalau sendirian bagaimana? dan pertanyaan tentang kebingungan yang lain.

Tenang dulu tidak usah panik, saya akan berbagi pengalaman mengikuti ujian sbmptn pertama kali yang sudah pernah saya lakukan tahun sebelumnya. Saya akan berbagi tentang tips memilih tempat kost di sekitar kampus yang murah, tips mencari ruang yang akan digunakan ujian, dan tips mencari teman baru disana agar nanti punya lawan untuk ngobrol.


Sebelumnya akan saya ceritakan pertama saat daftar sbmptn. Waktu itu tepatnya bulan april, tepat seusai pengumuman snmptn saya mendaftar ke website http://pendaftaran.sbmptn.ac.id/ .

Menurut informasi yang saya terima bahwa nanti kita daftar bisa memilih untuk ikut tes CBT atau PBT. Syaratnya ikut tes CBT adalah harus daftar pada saat pendaftaran dibuka di awal awal agar tidak kehabisan kuota.

Kuota yang mengikuti tes CBT memang terbatas, tidak seperti tes PBT yang tidak dibatasi. Mulailah saya mendaftar ke website sbmptn. Mulai mengisi data data yang diperlukan, upload foto dan setelah itu selesai akan muncul pemberutahuan nanti kita akan mengikuti ujian sbmptn lewat CBT atau PBT dan tempat dimana nanti kita akan mengerjakannya.

Karena saya daftarnya agak sedikit terlambat akhirnya harus rela dapat tes PBT. Awalnya ingin ikut yang CBT tapi sudah penuh kuota pesertanya.

Oh iya kalau kita mengikuti tes CBT akan ada beberapa keuntungan yang kita dapat seperti tidak akan ada lagi bulatan pensil yang melebihi lingkaran dan akan dapat menghemat waktu mengerjakan soal.

Namun kekurangan saat mengikuti tes CBT adalah bagi yang memiliki gangguan penglihatan mata akan merasa kesulitan jika berada di depan layar monitor dalam waktu lama.

Selain itu kalau menggunakan CBT kita tidak bisa membolak balik soal dengan leluasa untuk mencari soal mana dulu yang lebih mudah dikerjakan dari awal sampai akhir.

Lalu harus pilih CBT apa PBT dong?

Nah kembali lagi dari sisi kenyamanan kamu sendiri dalam mengerjakan soal. Bila lebih nyaman menggunakan kertas ya lebih baik tidak usah memilih yang CBT. Namun jika kamu merasa saat menggunakan CBT merasa lebih terbantu dalam mengerjakan soal dan menghemat waktu maka pilihlah tes model CBT.

Selain itu jika berada didepan layar monitor lama kelamaan mata akan terasa perih walau bagi mata normal sekalipun.

Singkat cerita saya memilih jurusan di rumpun soshum dan memilih panlok semarang. Saya lihat ternyata dapat tempat tes di Undip Tembalang di Fakultas Ekonomi Bisnis ruang EC 3.10 .

Kaget banget, saya harus tes di Undip?

Saya tanya teman, dia bilang kalau tesnya di Unnes. Iya wajar kalau kami berbeda tempat tesnya karena saya masuk ke rumpun soshum dan teman saya ke rumpun saintek.

Waktu itu yang pilih panlok semarang akan tes di dua temoat yaitu di Kampus Undip dan Kampus Unnes. Seperti yang saya ceritakan diatas bahwa Unnes untuk yang saintek dan Undip untuk yang soshum.

Sedikit tips buat kamu yang mendaftar sbmptn di akhir akhir batas pendaftaran kamu akan dapat tempat tes di sekolah sekolah SMA dan SMP di panlok kota yang kamu pilih. Makanya kalau tidak ingin dapat tes di tempat yang asing cepatlah mendaftar jauh jauh hari.

Soalnya pernah terjadi teman saya dari Tegal yang sekarang kuliah di UNS dia pas sbmptn dapat tempat tes di SMP di semarang karena dia daftarnya telat.

Setelah saya daftar dan selesai lalu saya dan teman berinisiatif untuk ke semarang naik travel saja supaya praktis. Dan travel yang kita pilih adalah Qyta Trans.

Travel dari Qyta Trans menurut saya menberikan pelayanan yang memuaskan, dapat dilihat dari mobil yang dipakai yaitu Avanza, drivernya juga ramah banget karena sepanjang perjalanan ke semarang saya ngobrol ngobrol dengan drivernya, sekalian hafalin jalan ke semarang :)

Dengan pelayanan yang baik tentu sebanding dengan biaya yang harus kami bayar. Tapi tidak apa apa karena kami senang dengan yang diberikan.

Siang itu H-1 kami berangkat ke semarang dan tiba di masjid Undip sekitaran jam 1 siang. Setelah sholat dzuhur suasana makin ramai saja dengan gemelur anak anak yang lain yang akan ikut sbmptn besok.

Tips memilih tempat kost yang murah di sekitar kampus...

Sebisa mungkin kamu mencari kontak kakak kelas yang sudah kuliah di kampus tersebut, misalnya ini saya mencari relasi ke kakak yang sudah kuliah di Undip untuk meminta bantuan mencari tempat kost yang hemat di kantong.

Tentu mereka lebih berpengalaman dibanding kita yang baru datang sekali. Ini adalah trik agar tetap hemat apalagi tau sendiri kost di sekitar undip itu mahal, harian saja bisa sampai 100 ribu.

Tips yang kedua adalah dengan menyewa kamar kost untuk dua orang. Ini efektif untuk menekan pengeluaran karena biaya sewa kamar akan ditanggung berdua.

Tips mencari ruang yang akan digunakan ujian sbmptn...

Saat kamu akan mengikuti ujian sbmptn, di kartu peserta tertera tempat dimana kamu akan mengikuti ujian.Gampang saja mencari letak ruangannya, ketika saya di Undup sudah disediakan denah khusus untuk mempermudah penvaruan ruang sbmptn, jadi tinggal menuju lokasi ruangnya.

Sewaktu di Undip saya dapat tempat di Fakultas Ekonomi Bisnis Ruang EC 3.10 . Karena pas awalnya saya tidak melihat denah yang disediakan, saya tanya kakak yang sudah kuliah disana, dan mereka baik sekali.

"Oh disana dek, 3.10 artinya lantai tiga ruang sepuluh." kata kakak itu sambil tersenyum. Aku langsung bergegas menuju ruang tesku besok. Dan sudah ketemu.

Hari H...

Berangkat dari kost pukul 7 pagi langsung nyari sarapan. Karena jadwal tes buat soshum mulainya jam 9.45 pagi.

Langsung berangkat ke Undip setelah sarapan dan nyari tempat duduk di dekat gedung temoat tes. Karena masih pagi jadi sepi suasananya karena yang ambil saintek sudah lebih dulu masuk ruangan.

Tips mencari teman baru untuk teman ngobrol...

Bagi kamu yang nanti berencana datang ke tempat sbmptn sendirian berikut ada tips agar mendapat teman pas di lokasi ujian

Pertama cari teman yang sejenis,maksudnya yang sama laki laki atau sesama perempuan. Tidak disarankan mencari teman lawan jenis karena nanti dia mengira kamu mau PDKT sama dia.

Nah cari temen lalu ajak kenalan dan ngobrol santai, misal tanya nama, alamat, ngobrol sebentar. Tapi kalo dia lagi belajar jangan ajak ngobrol terus nanti malah dia ilfeel karena di ganggu waktu belajarnya.

Pukul 09.45 : masuk ruangan, mengisi biodata, dan pemeriksaan identitas.

Pukul 10.00-11.45 : Tes Kemampuan Dan Potensi Akademik (TKPA)

Pukul 11.45-13.00 : Istirahat

Pukul 13.00-13.15 : Masuk ruang ujian dan mengisi biodata

Pukul 13.15-14.30 : Tes Kemampuan Dasar Soshum (TKD Soshum)

Bersambung...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel