15 Tips Belajar SBMPTN Lintas Jurusan Agar Lulus di Universitas Impian

Tips belajar sbmptn lintas jurusan - SBMPTN kian dekat waktunya, segera tentukan pilihanmu sekarang juga. Apa passion mu dan apa jurusan yang ingin kamu ambil nanti. Jangan salah pilih ya.


Memilih jurusan itu penting. Jangan sampai kamu salah pilih, nanti akibatnya akan kamu rasakan 4 tahun kedepan.

Gambar : scitechdaily.com

Jika kamu merasa bakat yang kamu miliki menyimpang dari apa yang telah kamu pelajari selama di SMA kamu bisa pilih untuk lintas jurusan saja.Misalnya kamu di SMA jurusan IPA tapi setelah kelas 12 passion itu baru kamu sadari bahwa sebenarnya kamu menyukai dunia sastra yang notabene ada di IPS maka kamu wajib lintas jurusan.

Pengertian lintas jurusan

Pengertian lintas jurusan di SBMPTN

Lintas jurusan adalah seseorang yang mengambil jurusan bukan seperti apa yang telah ia pelajari semasa di bangku SMA. Jadi pengertian sederhananya lintas jurusan yaitu menyeberang dari IPA ke IPS atau sebaliknya. Jadi bila ada yang bilang sbmptn lintas jurusan berarti ia mengambil jurusan di saat pendaftaran sbmptn tidak sejalur dengan program pendidikan yang telah ia pelajari di SMA.

Pengertian lintas jurusan di SNMPTN


Pada dasarnya pengertian lintas jurusan itu sama saja. Bik lintas jurusan di sbmptn maupun di snmptn. Yang membedakan hanyalah kita mengikuti jalur seleksi yang mana. Bila kita mengikuti jalur seleksi sbmptn dan kita memutuskan untuk lintas jurusan itu berarti kita sudah melakukan yang namanaya lintas jurusan di sbmptn. Sama halnya juga dengan yang ada di snmptn< lintas jurusan di snmptn yaitu kegiatan mengikuti jalur seleksi snmptn dengan mendaftar di jurusan yang bukan seharusnya diambil, dengan kata lain ia mengambil jurusan tidak seperti jurusan pada saat di bangku SMA.. Dikatakan lintas jurusan yaitu misalnya ada seseorang anak yang ppada saat ia di SMA memperlajari jurusan IPA. Sewaktu kelas 12 ia merasakan bahwa passion nya yang sesungguhnya ada pada bidang bahasa inggris. Nah anak ini kemudian memutuskan pada saat pendaftaran snmptn ia memilih mendaftar di jurusan bahasa inggris. Seperti yang kita ketahui bahwa jurusan bahasa inggris adalah jurusan yang masuk kedalam rumpun IPS atau SOSHUM (Sosial Humaniora).

Apakah sbmptn bisa lintas jurusan?


Jawabnya tentu saja bisa. Di dalam sbmptn yang menjadi patokan utama seseorang lolos atau tidaknya adalah dari berapa bagus nilai yang telah didapatkan saat sbmptn. Jadi jika kalian saat SMA jurusan IPS bisa mengambil jurusan yang ada dalam rumpun IPA di sbmptn karena yang dilihat hanya seberapa besar nilai.
Kalian bebas mendaftar ke jurusan IPA atau IPS saat sbmptn karena tidak ada peraturan yang melarang mengenai larangan untuk lintas jurusan. Aturan saat pemilihan jurusan sbmptn lintas jurusan adalah 1 jurusan IPA dan 2 jurusan IPS, atau 1 jurusan IPS dan 2 jurusan IPA. Jadi total ada 3 jurusan yang bias kalian pilih saat lintas jurusan di sbmptn. Namun walaupun begitu kita tidak boleh asal pilih saja jurusan yang akan didaftarkan karena hal ini menyangkut masa depan kalian sendiri.

Tapi apakah bisa belajar sbmptn dari nol lagi dengan waktu yang sebentar?


Baca juga : Tips lolos SBMPTN 2018

Bagi yang sudah menyicil belajar buat lintas jurusan sejak masih kelas 11 SMA itu bagus banget sih, karena dengan begitu persiapan kalian buat lintas jurusan bias makin mantep. Tapi gimana dong buat yang baru memutuskan ikut lintas jurusan saat udah berada di kelas 12 SMA? Nah saya paham bagaimana perasaan kalian sekarang. Saya pernah berada di posisi yang kalian hadapi saat ini. Saat itu saya baru menemukan passion saya saat sudah berada di kelas 12. Bingung juga karena nanti mau ambil jurusan yang di pengen tapi yah ini berada di rumpun IPS sedangkan saya berada di IPA.
But its not so difficult, kalian bisa jika kalian punya kemauan yang mantep dari dalam hati kalian sendiri. Ngga ada yang bias merubah hidup lo kalo bukan lo sendiri. Tentu tidak ada yang tidak mungkin bila tekad sudah bulat.

Lintas jurusan IPS ke IPA / IPA ke IPS

Peluang anak IPA masuk jurusan IPS itu sangat terbuka lebar. Tidak ada yang di anaktirikan dalam hal ini karena penilaian sbmptn murni dari nilai tes.Dengan kesempatan yang sama besar tersebut kamu harus bersaing dengan anak IPS asli yang sudah belajar selama 3 tahun. Untuk bisa bersaing atau bahkan mengalahkan anak IPS sungguhan tentu bisa dilakukan dengan sedikit berstrategi. Yang kamu harus lakukan adalah mempersiapkan segala sesuatu terkait itu semua yaitu mencari cara belajar yang efektif dalam waktu singkat.
Lain halnya dengan lintas jurusan dari IPS ke IPA. Bisa kebayang nggak tuh gimana sulitnya lo buat ngadepin angka angka yang sebegitu banyaknya. Yang darinya belajar teori dan sedikit hitungan sekarang lo dituntut buat banyak belajar angka dan hitung hitungan serta sedikit teori. Anak IPS yang lintas jurusan ke IPA memang memerlukan perjuangan yang ekstra kalo beneran mau lulu di jurusan yang lo pengen. Bukan berarti tulisan ini menakut nakuti lo semua yang pengen nyebrang ke IPA ya tapi ini saya berbicara mengenai fakta yang sebenarnya.



Cara belajar yang efektif dalam waktu singkat jika kamu memilih lintas jurusan tidaklah sulit. Yang harus kamu lakukan adalah beberapa cara dibawah ini :

1. Buatlah jadwal belajar yang terstruktur


Aturlah sedemikian rupa jadwal belajar agar tidak bertabrakan dengan belajar UNBK. Membuat jadwal dan memanage waktu akan membuat kalian mau tidak mau akan disiplin terhadap waktu. Orang yang disiplin terhadap waktu akan membuat semua aktivitas yang ia hadapi semuanya akan dapat berjalan dengan lancar. Oleh karena itulah diperlukan sikap disiplin waktu dengan membuat waktu belajar sbmptn agar belajar kalian dapat maksimal. Misalnya kamu atur jadwal seperti ini :

Senin : B. Indonesia , Ekonomi
Selasa : TPA , Sejarah
Rabu : Matematika Dasar, Sosiologi
Kamis : B. Inggris , Geografi
Jum'at : Ekonomi , TPA
Sabtu : Geografi , Sosiologi
Minggu : Sejarah , Matematika Dasar


2. Sejenak meninggalkan aktivitas diluar yang kurang bermanfaat


Lupakan sejenak bila kamu suka nongkrong dengan teman, atau pacar yang suka ajak telfonan atau jalan. Sekarang belajar lebih penting dari itu semua. Ini demi masa depan. Tahukah kalian bahwa salah satu factor yang menyebabkan seseorang gagal sbmptn dari pengalaman teman teman yang dahulu adalah sering melakukan hal yang tidak ada manfaatnya. Mereka lebih sering menghabiskan waktu dgn menonton TV,main game,nongkrong sama temen,dan lain sebagainya. Kamu harus tahu kalau media seperti televise, handphone, dan orang lain termasuk masyarakat sekitar dan teman bermain secara langsung ataupun tidak memberikan pengaruh kepada otak kita yang akan mendoktrin perbuatan karena perintah otak. Banyak perbuatan dan pola piker yang sebenarnya salah dan cenderung bernilai negative yang sering di cerna oleh otak yang bila diteruskan lama kelamaan akan membuat otak kita tertular penyakit tersebut. Solusinya adalah dengan meninggalkan hal hal tersebut dan memfokuskan diri lo buat TOTAL focus ke sbmptn. Itupun kalo lo mau lulus.

3. Fokuskan belajar pada materi yang sering keluar



Ini termasuk cara cerdas dalam bersaing. Maksudnya kamu tidak perlu belajar sampai kelelahan hanya demi mengejar semua materi IPS yang banyak sekali. Kamu hanya fokus pada beberapa materi yang setiap tahun selalu keluar pada ujian sbmptn. Ini merupakan strategi jitu agat lolos sbmptn khususnya bagi yang melakukan lintas minat. Jika kalian mengincar jurusan yang banyak saingannya tentu jumlah materi yang harus lo kuasai harus banyak.

Banyak kok cara jitu lolos dan tembus sbmptn dengan berstrategi. Salah satu cara untuk berstrategi adalah dengan menggunakan buku wangsit yang udah terkenal itu. Kebetulan aku juga punya ini dirumah. Sedikit informasi bahwa buku wangsit ini adalah dari Om Jero yang didalamnya sdah dirancang dengan materi dan soal pembahasan perbab sbmptn. Jadi belajarnya bisa mudah.


4. Belajar dengan rileks


Lakukan sesuai keinginan hati, niscaya pemahaman akan masuk. Tidak peduli belajar di keramaian atau di tempat sepi, bagimu itu yang akan membuat rileks dan akan mudah mencerna materi. Dari pengalaman pribadi, belajar sambil mendengarkan iringan musik santai bisa membuat mood jadi happy dan belajar makin semangat. Efeknya materi akan begitu mudah masuk ke pemahaman kita. Rekomendasi musik yang pas buat menemani belajar yang saya pakai adalah dari Ludwig Van Beethoven - Fur Elise. Coba cari di Google dan dengarkan. Musik ini dulu saya awal dengar dari kakak yang punya kotak mainan yang kalau dibuka akan keluar suara musik, tapi namanya apa saya lupa. Lain halnya dengan bila kamu merasa music adalah sebuah parasit yang bias membuyarkan semua focus dan konsentrasi belajar, maka tips yang satu ini bias di lewati.

5. Fokus pada satu atau dua mata pelajaran yang di rasa cukup dikuasai


Bukan berarti harus mengabaikan mata pelajaran yang lain, tujuan utamanya adalah untuk memaksimalkan nilai nanti yang akan didapat. Tetapi tetap saja kamu harus mempelajari semua mapel agar peluang kamu untuk bisa lolos ke jurusan impian makin lebar. Di tips kali ini tujuan utama yang ingin di tekankan adalah memperoleh nilai sebaik mungkin di mata pelajaran yang sangat kamu kuasai. Bukan berarti fanatic terhadap satu mata pelajaran saja loh yah karena kembali lagi ke alas an utama tadi. Karena sesungguhnya yang harus kamu maksimalkan adalah yabg kau kuasai disamping mapel yang nilai skor nasionalnya tinggi.

6. Belajar 30 menit lalu istirahat


Tidak harus 30 menit, semampu dan sekuat kamu saja, jika 30 menit mood masih bagus bisa dilanjut sampai dirasa penat pikiran. Jika merasa sudah penat itu saat yang tepat mengistirahatkan otak sejenak dari hiruk pikuk materi. Jangan dipaksakan, bila memaksa tetap belajar nanti akibatnya bukan pemahaman yang didapat malah rasa jenuh yang melanda. Otak juga butuh istirahat sejenak. Maka dari itu usahakanlah se-ENJOY mungkin dalam belajar agar otak tidak cepat merasa bosan.

7. Belajar dengan teman yang satu tujuan


Belajar dengan teman akan memberi warna tersendiri, pasalnya kita bisa bertukar pikiran mengenai materi yang sedang dipelajari, kesulitan yang dialami atau materi yang belum di mengerti. Ketika lo sedang bersama sama dengan orang yang satu visi dan tujuan sama elo maka didalam hubungan berteman dan belajar ini elo dan temen elo akan saling membantu dan mengingatkan tentang apa kesalahan yang elo lakuin serta bisa tukar pikiran bagaimana baiknya nanti agar bisa lulus sbmptn bareng bareng. Belajarnya aja bareng bareng maka kalo lulus juga harus lulu bareng bareng juga.

8. Jangan berpikir lintas jurusan itu sulit


Jika kita menengok kisah Mendiang Bob Sadino tentu akan benar benar paham apa itu arti perjuangan. Om Bob yang berjuang dari nol, berdagang kecil kecilan hingga sekarang mempunyai pabrik pengolahan daging ayam sendiri dan sukses. Sepatutnya kita mencontoh Bob Sadino ini karena seberat apapun masalah yang harus dihadapi kuncinya adalah selalu mencoba melawan keluar dari masalah. Maka dari itu janganlah beranggapan kalau lintas jurusan sulitnya setengah mati, tapi berpikirlah bagaimana caranya bisa lolos.

9. Luangkan waktu untuk membaca


Membaca adalah jendela dunia, begitulah kata pepatah. Memang benar adanya kalau membaca adalah jendela dunia. Dengan membaca kita bisa melihat gambaran dunia dalam lembaran kertas. Banyak ilmu yang akan kamu dapat saat membaca, salah satunya adalah yang sedang saya bahas ini tentang sbmptn.
Kata pepatah membaca buku itu adalah jendela dunia. Dunia dengan segala isinya, seluk beluknya, misteri, dan hal ha lasing yang belum pernah kita tahu akan dengan mudah dijumpai jika kita rajin membaca. Membaca buku juga akan membuat IQ kita meningkat. Karena disaat membaca buku otak akan terus merekam setiap kata yang dibaca dan ditampung dalam ingatan, semakin banyak hal yang ditampung maka akan membuat wawasan kita semakin luas dan tentu saja IQ akan meningkat pula.

10. Membeli buku kumpulan soal dan pembahasan SBMPTN


Jika kamu tidak punya kumpulan soal sbmptn dari tahun yang lalu mungkin harus segera menyiapkannya dari sekarang. Sebab latihan soal merupakan salah satu strategi untuk bisa lolos sbmptn. Tips hematnya jika kamu enggan membeli buku adalah mengunduh latihan soal sbmptn tahun 2017, 2016, dan tahun tahun sebelumnya di internet. Jika ada yang mau kumpulan soal utul ugm, um unnes, sbmptn saintek/soshum,umpn polines, umpn polinema, um undip, um uny bisa kontak saya lewat whatsapp. Dan jika saya ada waktu nanti kemungkinan akan saya upload filenya di google drive.

Sebenarnya materi yang sudah kalian dapat di bangku SMA itu sudahlah cukup untuk mengarungi persaingan ujian sbmptn. Hanya saja kalian memerlukan yang namanya latihan soal. Latihan soal berguna untuk mengukur sampai sejauh mana penguasaan materi terhadap soal yang sedang diujikan. Tapi karena masih banyak yang bingung mencari dimana soal soal latihal sbmptn akhirnya merek memutuskan untuk membeli buku latihan soal sbmptn.

11. Pahami cara belajar efektif menurut kamu


Cara belajar efektif adalah metode belajar yang menggunakan pendekatan praktis. Artinya apa bahwa belajarlah sesuai apa yang kamu kehendaki. Misalnya saja belajar dari bab 5 dahulu baru bab 3 dan loncat ke bab 9, dst. Hal ini tidaklah masalah jika merasa ini merupakan cara yang membuat kamu nyaman dalam belajar.

Cara kedua yang bisa dicoba adalah belajar di saat tengah malam. Salah satu keuntungan yang didapat adalah tidak adanya gangguan dari suara berisik yang sering muncul. Belajar di tengah malam akan memberikan kondisi nyaman dan membuat konsenterasi belajar akan semakin bagus. Efeknya tentu saja otak akan semakin cepat dalam mencerna materi yang dipelajari.

12. Jaga kesehatan selalu


Jangan sampai kamu terlalu heboh belajar ini itu sampai sampai lupa makan, lupa istirahat atau lupa ibadah. Materinya memang banyak tapi kesehatan lebih utama sobat. Bayangin aja kalau kamu persiapan materi udah oke tapi pas Hari-H malah kamu drop karena kecapekan.

Ingatlah bahwa nanti saat tes sbmptn tiba hal paling utama yang mempengaruhi bisa atau tidaknya dalam mengerjakan soal adalah kekuatan fisik. Jika kesehatan sdang menurun maka otomatis daya tahan tubuh dan juga fisik akan lemah. Hal ini tentu akan berimbas terganggu kenyamanan dalam mengerjakan soal.

13. JANGAN belum apa-apa kamu langsung mengerjakan latihan soal


Logikanya gini kalau kamu belum pernah pelajari materi IPS atau IPA sebelumnya terus mau latihan soal soal itu adalah hal yang gila. Kecuali kalo emang dari dulu udah nyicil belajar sewaktu kelas 10 dan 11. Tentu kalian butuh belajar materi terlebih dahulu. Hal yang harus dipelajari di materi adalah konsep dasarnya. Itu adalah hal terpentingnya. Sebab kalau kita menghafal jenis soal dan cara menyelesaikannya ketika ada soal jenis baru lo akan kesulitan gimana cara ngerjainnya.

Disilah kegunaan lo belajar konsep dasar dari setiap teori yang lo pelajari. Lupain jauh jauh mulai sekarang tentang kebiasaan hafalan. Hafalan suatu saat nanti bisa lupa seiring berjalannya waktu sedangkan konsep dan pemahaman dasar akan terus mengakar kuat di ingatan sampai nanti waktu yang lama. Itulah betapa pentingnya buat belajar konsep daripada hanya menghafal saja.


14. Walau materinya banyak tapi bukan berarti mustahil untuk dikejar


But I think it's not so difficult. Walau menyeberang ke jurusan lain yang belum pernah kamu pelajari sebelumnya tetaplah berjuang. Iya materinya memang banyak, tapi keputusan lintas jurusan bukan paksaan kan? kalau gitu pelajari materi yang ada tanpa ada rasa terpaksa.Dengan tanpa rasa terpaksa maka materi IPS yang setumpuk itu pun tidak akan terasa berat.

Ingatlah bahwa tidak ada mimpi yang terlalu besar, yang ada hanya usaha yang kurang besar. Lo mimpi buat lolos dan tembus sbmptn di UI atau ITB misalnya. Maka jangan beranggapan bahwa hal itu adalah sebuah mimpi yang tidak akan pernah menjadi nyata. Perjuangkanlah mimpi mimpimu tersebut sampai engkau tak mampu lagi buat berjuang. Realisasikan lah semua mimpimu sampai nanti akhirnya engkau tersenyum bangga ketika sudah berada diatas dengan mimpi yang sudah dicapai.

15. Fokus pada satu mata pelajaran dulu, jangan bersamaan


Memaksakan mempelajari materi yang banyak dalam waktu singkat akan membuat pikiran jadi jenuh. Lalu jika pikiran sudah jenuh materi tidak akan bisa kita pahami. Selain itu dengan memfokuskan pada satu mapel akan membuat lebih mudah paham pada materi.

Terlepas dari tips belajar sbmptn lintas jurusan diatas ada satu kunci terpenting yang bisa membuat kita bisa sukses dan lulus sbmptn lintas jurusan di universitas yang kita ingin. Aapakah itu? Jawabannya adalah berdoa. Tidak ada yang bisa merubah nasib kecuali kita mau berdoa dan kita mempunyai kemauan yang keras untuk dapat mewujudkan impian tersebut. Berdoalah dan meminta kepada ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala agar dimudahkan proses belajarnya dan saat ujian sbptn nanti dapat dilancarkan mengerjakan soal serta dapat lulus di universitas dengan jurusan yang di ingin. AAMIIN…

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel