10 Cara Mengatasi Malas Saat Belajar

Walau sudah dinasihati oleh guru atau orangtua kadang seorang murid masih saja malas belajar. Kalau ditanya banyak alasannya. Bilang ini lah bilang itu lah. Selalu ada aja yang disebutkan. Sebagai orang tua ataupun guru pasti jengkel jika anaknya malas belajar, apalagi kalau ujian sebentar lagi.


Ada banyak cara agar si anak tidak malas belajar, cara paling sederhana adalah memberi nasihat dan petuah agar semangat belajarnya, namun kadang juga tidak mempan. Berikut tips agar anak tidak malas dan supaya rajin belajar.

1. Niat sungguh-sungguh dalam hati

Sampaikan ke anak bahwa belajar harus didasari ketulusan untuk mencari ilmu dan jangan sampai mereka terkesan belajar karena keterpaksaan karena nanti akibatnya tidak baik baginya.

Dengan niat yang serius dipastikan membuat fokus belajar dan nilai nilai pasti akan bagus.

2.Karena ibadah

Sudah tahu kalau belajar adalah ibadah? Pasti tahu sebagaimana hadits yang berbunyi :"Belajarlah dari lahir sampai liang lahat." Yang mana artinya adalah kita umat manusia tidak boleh puas ketika sudah lulus kuliah karena tidak harus belajar lagi.

Itu anggapan yang sangat salah.

Belajar itu tidak mengenal usia baikitu masih berumur 5 tahun atau sudah 90 tahun, semua anjurannya sama yaitu mencari ilmu.

4. Malu sama pacar

Kalau kamu punya pacar sebaiknya tingkatkan porsi belajar kamu.

Jangan sampai nanti pas doi lagi main ke rumahmu tau kalo nilai ulanganmu jelek. Nanti malu abis.

Nah lhoh harusnya malu sama pacar kalo nilai jelek gara gara ngga mau belajar, jadi jangam sampai doi malu punya pacar nilainya ancur banget. Maka belajarlah.

5. Pengen dapat prestasi

Achievement adalah hal yang diinginkan oleh semua orang. Karena hal ini dianggap saty hal yang baik dan dianggap khusus dalam lingkungan yang pastinya akan dihormati.

Jika kamu sekolah nilai selalu jelek, prestasipun nol maka apa yang mau dibanggain dari diri kamu? Semamgat?

6.Ilmu itu penting


Yap, ilmu itu penting. Buktinya kalau tidak ada ilmu kita tidak akan bisa menulis dan membaca. Semua titik awalnya dari sebuah ilmu yang berbuah kebaikan kebaikan lainnya.

Di dalam lingkungan jika kamu memiliki ilmu maka akan dinggap spesial karena beda dari mereka.

Kamu pun akan disegani oleh mereka.

7.Pengen masuk kampus favorit

Siapa sih setelah lulus SMA tidak mau melanjutkan kuliah? Keinginan itu ada walau masih ada sedikit yang memilih kerja daripada kuliah.

Kuliah juga penting buat membangun mental dalam banyak hal.

Kalau kamu masih kelas 12 maka alangkah baiknya belajar sungguh sungguh agar masuk kampus favorit.


8.Ingin membanggakan orangtua

Ciri anak yang berbakti kepada orang tua andalah bagainana cara membuag beliau bangga.

Dengan mendapat nilai yang bagus apalagi nilai seratus saya rasa sudah cukup membuat senyum mereka sumringah.


9.Pengen jadi paling pintar

Tujuan dari belajar itu sendiri adalah mencari ilmu, bila kamu tidak ada niat sama sekali buat jadi pintar ya apa gunanga.

10.Ngga suka nilai jelek

Yang terakhir ini kalo samai rumah dimarahi abis abisan sama ibu dan bapak. Gara gara nilaimu jelek, jangan sampai itu terjadi, jangan sampai hal sepele merusak segalanya.


Terimakasih sudah meluangkan waktunya sebentar membaca artikel pendek ini. Jika beemanfaat bisa di share. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel