Surat Permohonan Banding UKT,Surat Pernyataan Kebenaran Data Orangtua

Terkadang kita membutuhkan surat sebagai permohonan untuk melakukan banding terhadap UKT yang telah di tetapkan oleh pihak universitas. Bisa saja karena biaya yang terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan kondisi ekonomi keluarga saat ini.

Dalam kondisi yang demikian dapat dimungkinkan bagi para mahasiswa/i untuk melakukan pengajuan keringanan biaya UKT. Namun yang pasti sesuai dengan prosedur yang berlaku di tiap-tiap universitas.

Namun yang pasti salah satu syarat yang harus dipenuhi atau dibuat untuk disertakan dalam kumpulan dokumen untuk pengajuan keringanan UKT adalah surat pernyataan untuk ditujukan kepada pihak universitas yang berisi tentang pemohonan dan mengutarakan keinginan untuk banding.

Surat Pernyataan Banding UKT



Jika Kamu masih bingung bagaimana cara membuat surat permohonan untuk melakukan banding terhadap UKT yang didapat bisa melihat contoh yang akan saya lampirkan di bawah ini.

Namun sebelum melanjutkan pahami dulu apa yang harus di ketahui :

1. Profesi Orangtua

Pastikan dapat mendeskripsikan apa pekerjaan orangtua kamu selama ini yang mana membuat kondisi ekonomi pas-pasan sehingga tidak mampu untuk membayar biaya yang telah ditetapkan dan memungkinkan untuk melakukan permohonan penurunan ukt.

2. Penghasilan Orangtua Per bulan

Pastikan juga Kamu mengetahui berapa penghasilan yang didapat oleh orangtua baik bapak ataupun ibu selama satu bulan.

3. Alasan banding

Tentukan apa alasan yang paling tepat dan masuk akal untuk memungkinkan dapat diterimanya permohonan yang diajukan. Jangan sampai memberikan alasan yang tidak masuk akal karena kondisi ekonomi yang kekurangan padahal bapak dan ibu bekerja sebagai PNS golongan 3a.

Contoh alasan yang paling masuk akal adalah jika mendapat ukt 4,5 juta sedangkan orangtua bekerja sebagai buruh tani dengan total gabungan penghasilan orangtua sebesar 2 juta perbulan dan ada tanggungan anggota keluarga lain misalnya 2 adik yang masih sekolah (sebutkan alasan mengajukan banding, dalam bentuk cerita secara lengkap dan terperinci).

Berkas lain yang perlu dikumpulkan juga adalah surat keterangan penghasilan orangtua, slip gaji, surat keterangan tidak mampu (SKTM) dan surat pendukung lainnya (opsional).

Surat Keterangan Kebenaran Data Dari Orangtua


Segala sesuatu yang berbau hukum perlu sebuah pertanggungjawaban agar kelak jika data yang bersangkutan digunakan untuk keperluan tertentu dapat dipastikan kebenarannya.

Begitupun dengan surat pernyataan banding ukt, slip gaji dan surat keterangan penghasilan orangtua perlu adanya sebuah penegasan. Yaitu penegasan akan keabsahan data yang telah diberikan.

Konsekuensi yang didapat apabila dokumen tersebut adalah palsu atau tidak sesuai dengan kondisi pada sebenarnya maka bisa dipastikan akan mendapatkan sanksi hukum terkait pelanggaran yang telah dilakukan.

Jadi jangan sekali-kali membuat dokumen palsu. Misalnya karena keinginan yang kuat untuk banding ukt lalu membuat surat keterangan penghasilan orangtua serendah-rendahnya dan padahal diketahui pada keadaan sebenarnya penghasilan yang diperoleh orangtua lebih dari nominal yang tertera maka hal ini sangat dilarang karena masuk ke dalam pelanggaran.

Atau mungkin saja membuat SKTM tapi kondisi ekonomi keluarga sudah menengah keatas demi ukt yang lebih murah, hal ini juga tidak diperbolehkan ya.

Baiklah berikut dibawah ini merupakan contoh template surat untuk mengajukan banding ukt, silahkan di pakai ya :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel