Kata Mereka Kuliah Itu Tidak Enak

Tidak selamanya kuliah itu enak dek, tidak selamanya kuliah itu cuma datang absen lalu pulang. Mungkin yang ada dibenak adek kelas 12 bahwa kuliah itu enak karena bebas mau pakai baju apa saja, bebas milih jadwal kuliah sendiri, bebas tidak masuk kuliah, dan bebas yang lainnya.

Tak kenal maka tak tahu, itulah kata yang tepat untuk mengibaratkan. Bahwa kalau belum menjalani masa-masa kuliah jangan dulu bilang kalau kuloah itu enak, tapi bukan berarti kuliah itu menyiksa diri.


Ada banyak hal baru yang bisa didapat saat kuliah seperti ikut organisasi mahasiswa contohnya Mapala, BEM dan sebagainya. Manfaat yang didapat dari mengikuti kegiatan tersebut banyak contohnya kita jadi aktif berorganisasi yang akan berguna nanti setelah lulus karena banyak relasi, kita jadi punya komunitas sesuai hobi misalnya Mapala yang sering melakukan kegiatan di alam, kita jadi bisa saling sharing tentang mata kuliah yang sulit atau juga sharing dosen yang galak agar bisa menaklukkannya. Selain itu ikut organisasi mahasiswa juga bisa melatih mental kamu saat berada dihadapan orang banyak, karena ini juga akan berguna nanti setelah lulus.

Kata mereka kuliah itu tidak enak, bisa saja iya bisa juga tidak, tergantung dari sudut pandang dan perspektif tiap individu bagaimana memandangnya. Dibawah ini ada kutipan wawancara saya dengan mahasiswi dari Unsoed bernama Farah Matin.

[28/10 10:42 PM] Yoga Aditya: Emang rasanya kuliah itu gimana mbak?

[28/10 10:43 PM] ‪+62 823-2490-xxx: Jujur saya juga terkadang berpikir kalo kuliah itu susah kalo ngga niat mending ngga usah kuliah aku ngerasain capek kuliah

[28/10 10:47 PM] Yoga Aditya: Nah iya mbak aku mikir pertama bukan capek atau ngganya, aku mikir orangtua gimana nanti, syukur kalo dapet bidikmisi.

[28/10 10:47 PM] ‪+62 823-2490-xxx : Dek aku sekrang juga ngerasain ini egois banget aku😭

[28/10 10:48 PM] ‪+62 823-2490-xxx : Aku kuliah aja belum lunas bayarnya semester ini aku bingung mau kemana mau nyari dimana belum makan kos bayar semua aku egois semakin kesini semakin malas kuliah karena apa ya itu bayar

[28/10 10:48 PM] ‪+62 823-2490-xxx : Untung aku dapat beasiswa PPA

[28/10 10:50 PM] Yoga Aditya: coba mbak kerja sambilan mbak

[28/10 10:50 PM] ‪+62 823-2490-xxx: Susah dek

[28/10 10:50 PM] ‪+62 823-2490-xxx‬: Susahnya aku ikut BEM

[28/10 10:51 PM] ‪+62 823-2490-xxx‬: Udah gitu kuliahnya jadwalnya berantakan

[28/10 10:53 PM] Yoga Aditya: iya mbak tapi kalo DO sayang udah 2 thn juga,

[28/10 10:54 PM] ‪+62 823-2490-xxx‬: Lanjut lah nanti ambil cuti semster 5 sama 6

[28/10 10:55 PM] Yoga Aditya: kuliah kok cuti mbak?

[28/10 10:55 PM] ‪+62 823-2490-xxx: Bisa dek

[28/10 10:56 PM] Yoga Aditya: baru tau aku

[28/10 10:58 PM] ‪+62 823-2490-xxx : Bisa kan ada 3, DO itu kalo mahasiswa udah semester 14 atau 7 tahun belum lulus bisa DO, terus mahasiswa yang ngga pernah hadir juga bisa jadi DO , ada juga cuti keluar ada juga cuti berhenti jadi cuti berhenti itu satu tahun.

[28/10 10:58 PM] ‪+62 823-2490-xxx ‬: Kalo cuti setengah tahun ngga bisa

[28/10 11:01 PM] Yoga Aditya: lha masa mau ambil cuti mbak?

[28/10 11:02 PM] ‪+62 823-2490-xxx ‬: Insya Allah sayang😂mumet mikir bayar kuliah,jadi nanti kalo aku cuti masuk kuliah sm adek tingkat temenku semester 7

[28/10 11:04 PM] Yoga Aditya: Dari beasiswa PPA ngga bisa bantu ya mbak?

[28/10 11:04 PM] ‪+62 823-2490-xxx : Bisa udah aku pake untuk semester ini dek

[28/10 11:05 PM] ‪+62 823-2490-xxx ‬: Semester ini kalo ngga ada beasiswa PPA aku ngga kuliah

Sudah ada gambaran kah mengenai dunia di kampus itu seperti apa? Tentukan pilihanmu mulai dari sekarang apakah mau kuliah atau kerja, yang jelas tidak ada yang jelek salah satunya karena sama baiknya, baik kerja ataupun kuliah itu semua merupakan salah satu wujud ibadah kepada Allah. Mau kerja atau kuliah yang penting tetap tertanam dihati sebuah kebaikan ya dek.

Untuk para Calon Mahasiswa/i yang sedang berusaha



Kepala yang baik dan hati yang baik merupakan kombinasi yang hebat, namun saat kamu menambahkan lidah dan pena yang terpelajar maka kamu akan memiliki sesuatu yang istimewa. Dan sesuatu yang datang dengan mudah tidak selalu bertahan selamanya, karena sesuatu yang bertahan selamanya tidak selalu mudah. Maka, jangan pantang menyerah, tetap optimis dan terus bersemangatlah. Tunggulah, Segala Kebaikan & Keindahan dariNya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel