Tips Lolos SBMPTN Untuk Anak SMK

Beberapa tahun yang lalu sebelum saya kuliah saya sempat bertanya-tanya kepada seorang mantan anak SMK yang dia ternyata lolos SBMPTN. Penasaran saya mewawancarai dia dan ada banyak ilmu baru dan pengetahuan yang saya dapat dari mbak Chomsah. Oh iya namanya mbak Chomsah Mutoharoh mahasiswi Unnes prodi PGSD lewat jalur SBMPTN. Penasaran bagaimana cara dan strategi mbak Chomsah ini untuk bisa lolos, baca kutipan singkatnya dibawah.


Yoga Aditya : Kak dri smk kan?

Chomsah Mutoharoh : Hooh pie pie

Yoga Aditya : Gimana persiapan buat anak smk untuk sbmptn?

Chomsah Mutoharoh : Ya mumpung masih awal persiapan mulai sekarang soalnya kalo lewat jalur undangan
smk peluangnya kecil kalo
lewat sbmptn materinya ga
ada di smk jad belajar dari awal

Yoga Aditya : Oh yaudah kak, kak tipsnya dong buat kita anak smk yang notabene tidak pernah belajar materi sma, harus bersaing dengan ratusan ribu anak sma

Chomsah Mutoharoh : Oke
1. Semangt belajar soalnya
kalau kita males malesan diluar sana pada berjuang mati matian

2.pahami materi. Pahami bukan dihafal

3. Banyak latihan soal

4. Doa seperti sholat malam dan puasa sunnah

5. Tips ngerjain sbmptn jawab yang pasti pasti aja. Yang ga ngerti ga usah jawab

Yoga Aditya : kaka jurusan apa?

Chomsah Mutoharoh : Aku pgsd unnes, Oh iya matematika ngerjain 3 soal udah
cukup kalau jurusan itu.Ekonomi sejarah bahasa inggris dah banyakin poinya, Kalau matematika ga bisa sama sekali jawab 1 aja.

Yoga Aditya : Pgsd kak? Itu favorit, katanya kak dulu waktu smk sering
dapet ranking kah?

Chomsah Mutoharoh : Iya banyak yang daftar. Iya dapat rangking kalo smp kadang 1 kadang 2. Smk aku ora niat dek dapet 10 besar soalnya aku dari dulu pengen masuk sma. Kamu harus percaya diri dek sbmptn itu main strategi.

Yoga Aditya Iya : kak ngerepotin bgt, aku
banyak tanya

Chomsah Mutoharoh : Gapapa bisa tanya tanya kok. Kalo ga sibuk pasti tak jawab semangat yaaaa Enak lo jadi
mahasiswa huehue

Yoga Aditya : Bentar kak aku masih mau kepoin kakak, kemarin total jawab brapa soal kak utk bisa lolos?

Chomsah Mutoharoh : Aku udah lupa pastinya. Matematika 1 salah pula, sejarah 8, sosiologi 12, geo 7/8,ekonomi 10.an, bahasa inggris 8, bahasa indonesia 7, Tpa 30,an

Chomsah Mutoharoh : Nilaiku banyak di ekonomi. Sejarah soalnya itu paling gede
statistiknya.

Yoga Aditya : Yang yakin benar aja ya kak?

Chomsah Mutoharoh : Iya yang yakin dan sangat yakin. Kalau salah sbm kan
ada minusnya.

Chomsah Mutoharoh
: Usahain sbm dapet agar lolos. ujian mandiri
mahal soalnya.

Yoga Aditya : Makasih kak,

Chomsah Mutoharoh : Kamu jangan berharap snmptn
yaa soalnya smk. Langsung persiapan sbmptn aja. Oh iya googling tentang sbmptn biar tau info info kaya passing grade gitu

Yoga Aditya : Amiin kak, jadi makin
semangat kak hehe

Chomsah Mutoharoh : Ketaulilah dedek aku belajar mulai
januari kadang lembur sampe malem malem

Yoga Aditya : Pernah baca jg kalau UN itu
99% pasti lulus, jadi hanya perlu fokus sbmptn dan tidak
terlalu memikirkan ujian, nanti setlah lulus kan yang ditanya kuliah dimana, bukan brapa nilai ujian, hehe

Yoga Aditya : aku baru sekarang kak
belajarnya, mudah mudahan
blm telat yah kak,

Yoga Aditya : kalau daftat bidikmisi pakai nilai un ngga kak?

Chomsah Mutoharoh : Yaa de kalau mau daftar
bidikmisi nilai un di pertimbangkn. Yaaa jangn gitu kamu kudu fokus dua duanya. Sbmptn paling penting menguasai soshum Alhamduliilah semua itu perjuangan soalnya ptn banyak peminatnya. Nih ya kira kira 700.000 pendaftar yang keterima cuma 100.000 nah sengit banget kan

Yoga Aditya : Sengit bgt yah , semangat
yoga Makasih kak, petuah petuahnya akan aku pakaidalam berjuang sbmptn,

Chomsah Mutoharoh : Iyaaa sippp kalo peminat
pgsd unnes 3000an yang keterima cuma 96 terus ada tambahan jadi 113 Sama aja yang lain juga gitu
saingannya tetep banyak Jangan bosen belajar sih yg
penting

Yoga Aditya : Sip , aku gak akan bosen kak Ikut bidikmisi jg ya kak?

Chomsah Mutoharoh : Iyaa.

Yoga Aditya : kuota bidikmisi di unnes berapa kak?

Chomsah Mutoharoh : Nih kuota unnes bidikmsi snmptn 300 sbmptn 200 mandiri
40 pokoknya total 600. Mending daftar bidikmisi aja soalnya ukt unnes mahal polll rata rata dpt 4- 5 juta

Yoga Aditya : Iya kak, kakak dapet ?

Chomsah Mutoharoh : Iya dapet juga. Entar disurvey
kok

Yoga Aditya : Rejeki kakak tuh, hehe

Yoga Aditya : Kak, aku mau tanya nih, gimana kakak dulu bagi
waktu antara belajar sbmptn dan belajar sekolah?

Chomsah Mutoharoh : Aku dulu gagal sbm kok trus
belajar sbm dan lulus tahun ini

Chomsah Mutoharoh : Kamu jangan main fb
terus kapan belajarnya?

Chomsah Mutoharoh : Bagi waktu sih mending kamu fokus un dulu kan eman eman 3 tahun tapi nilai ga
memuaskan. Nah sbmptn nya disambi pas lagi waktu
senggang setelah un selesai kamu baru belajar sbmptn maksimal kalo perlu fb dinonaktifkan dulu aja atau off sosmed dek. Karena itu
bakal ganggu banget . Aku dulu
online cuman 1 jaman dr jam 5 pagi smpe 6 pagi. Itu aja
cuma buat nyari info ttg sbm
dan perguruan tinggi negeri

Anak SMK juga bisa lolos sbmptn, anak SMK juga bisa kuliah kok, banyak kakak kelas saya yang lolos ke ptn entah itu lewat jalur undangan atau pun lewat sbmptn, so buat kamu anak SMK jangan berkecil hati takut tidak bisa melawan anak SMA, kita punya yel yel kalau SMK BISA!!! dan pasti kita BISA!!!lolos sbmptn #SMKBISA
#PEJUANGSBMPTN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel