Tips Lolos UGM Paling Ampuh

Tips untuk lolos di UGM paling ampuh - Ada beberapa tahap untuk bisa lulus SBMPTN tanpa harus bimbel. Walaupun tidak mudah, tapi setidaknya kita berusaha. SBMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Dilakukan serentak di seluruh Indonesia untuk menyaring siswa siswi yang layak untuk masuk ke perguruan tinggi negeri.

Hal yang mesti Kamu perhatikan agar lulus SBMPTN

Bisa dikatakan susah susah gampang untuk bisa lolos SBMPTN. Yang pandai saja belum tentu bisa lolos, sedangkan yang kurang pandai belum tentu juga tidak lolos. Semuanya tergantung dari pribadi masing-masing bagaimana dalam menjawab soal yang diujikan. Maksimalkan waktu yang singkat untuk menjawab soal yang dirasa mudah untuk di kerjakan. Pastikan saat selesai mengerjakan satu soal jawaban yang kamu dapat itu adalah jawaban yang memang kamu yakin. Kalau tidak yakin lebih baik di lewati saja dan mengerjakan soal yang lain. Banyak cerita dari teman bahwa dia gagal lolos hanya karena hal sepele. Dia hanya terpaku pada satu soal yang ditemui jawabannya. Alhasil waktu yang seharusnya digunakan mengerjakan soal yang lain malah terbuang percuma.


Tips mengerjakan soal SBMPTN dengan mudah

Berdasarkan pengalaman pribadi, lebih baik dalam mengerjakan soal SBMPTN kerjakanlah soal yang dianggap paling mudah. Soal yang dianggap mudah lebih efisien dalam waktu daripada soal yang sulit. Jangan berdiam pada satu soal yang sama dalam waktu lebih dari 3 menit. Ingat, SBMPTN itu ujian seleksi bukan ujian evaluasi. Berbeda dengan saat masih SMA. Jika berkutik pada satu soal saja maka bisa dipastikan akan kehabisan waktu dan belum sempat mengerjakan soal yang lain. Biasanya soal yang mudah ada di soal-soal akhir, jadi jangan lupa saat menerima soal lihat dulu dari awal sampai akhir mana soal yang kamu bisa jawab dengan waktu yang singkat, mana soal yang bisa dijawab tapi dengan waktu yang agak lama atau bahkan lama sekali, dan mana soal yang kemungkinan besar kamu tidak bisa mengerjakannya. Jadi berstrategilah saat mengerjakan soal-soal SBMPTN kalau ingin menang.

Apa sih penyebab utama gagal tembus SBMPTN?

Hal ini tidak pasti, juga kembali ke pribadi masing-masing. Kalau ingin lolos ya belajar yang rajin. Kalau tidak belajar ya nanti tidak lolos. Tapi belajar disini bukan berarti harus menghafal rumus yang banyak sekali. Cukup pahami konsep dasarnya dari teori tersebut supaya tidak akan lupa. Karena dari proses menghafal tersebut itu sendiri pasti akan terkikis dengan sendirinya materi yang sudah dihafal. Apalagi dengan sistem SKS atau Sistem Kebut Semalam, itu lebih tidak disarankan lagi.

Ciri Khas dari mereka yang lolos SBMPTN
Dari pengamatan pribadi, mereka yang lolos SBMPTN adalah orang yang belajarnya tidak setengah-setengah. Mereka belajarnya full karena tahu betapa sulitnya bertarung dengan lebih dari delapan ratus ribu pendaftar di SBMPTN. Yang lolos tidak lebih dari 15%.
Sedangkan mereka yang tidak lolos adalah yang menganggap bahwa materi yang akan diujikan di SBMPTN nanti sudah mereka kuasai, padahal belum. Belajar teori saja tidak cukup. Masih harus latihal mengerjakan soal-soal dari tahun lalu.

Pentingnya mengerjakan soal-soal SBMPTN tahun lalu

Penting sekali, karena kalau tidak terbiasa nanti akan kaget dengan jenis soal SBMPTN. Berlatihlah dengan soal-soal SBMPTN tahun sebelumnya karena jenis dan bentuk soalnya hampir sama. Hanya kata-kata dan angka yang berubah. Berlatihlah dengan waktu yang sesungguhnya seperti pada SBMPTN, maksudnya begini pakailah timer atau stopwatch pada saat mengerjakan soal-soal tahun sebelumnya, jika waktu selesai maka berhentilah mengerjakan. Lakukan ini pada setiap mata uji. Strategi ini saya menyebutnya dengan tryout mandiri, yang mana kita tidak perlu repot-repot datang ke tempat bimbel atau yang menyediakan tryout SBMPTN. Kita cukup download soal-soal SBMPTN dari internet lalu print untuk bisa dikerjakan. Jangan lupa juga download lembar jawab komputer untuk lembar jawabnya. Kalau sudah tinggal siapkan alat tulis dan stopwatch lalu mulai tryout mandiri. Ini sangat efektif untuk melatih naluri saat mengerjakan soal yang sesungguhnya.

Tip trik dan strategi lulus SBMPTN tahun 2018
Dituntut kecepatan dalam mengerjakannya
Cepat disini dalam artian tidak boleh bersantai walau sudah mengerjakan mayoritas soal yang dianggap mudah. Walaupun begitu tetap manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mencoba memecahkan soal yang lain agar skor nasional nantinya maksimal dan bisa lulus.
Banyak cara yang bisa diterapkan dalam belajar SBMPTN agar bisa lulus. Namun tidak semua sesuai dengan gaya belajar tiap-tiap individu. Dibawah ini ada segelintir coretan dari seorang bernama Adyth (dengan pengubahan seperlunya) tentang bagaimana caranya bisa lulus SBMPTN di UGM.

Penasaran? Simak ceritanya berikut :

" SBMPTN itu mudah, asal tau trik nya

Ini trik yang aku kembangkan sendiri. Berawal dari cara yang diberikan oleh bimbingan belajar yang ku masuki, karena kurasa kurang sesuai, lalu ku ubah dengan cara sendiri, hasilnya aku dan beberapa temanku lolos di universitas pilihan kami masing-masng dengan cara ini.
And me, Teknologi Informasi UGM

Beberapa poin yang harus dipersiapkan :

1.Pemilihan Program Studi/Jurusan
Mungkin ini agak telat, but it's vital.Lupakan sejenak brainwash dari sekolah atau bimbel tentang peluang kerja, gaji, karir dsb.

Program Studi yang kalian pilih itu harus sesuai dengan minat kalian, kalau bisa sampai pada state
'Aku berani tidak dibayar demi menjalani proyek ini'

Karena kalau kalian masuk ke prodi yang tidak sesuai, kalian akan kesulitan baik pikiran maupun batin.
Masih ada orang di luar sana yang juga memiliki minat yang sama dengan kalian.

Pemilihan prodi bisa berdasarkan minat belajar, impian kerja, atau mungkin hobi (misalnya saya, milih IT karena suka game)
kalau kalian diminta untuk masuk satu prodi tertentu oleh orang tua, dan tidak sesuai dengan prodi pilihan kalian, masukkan pilihan ortu pada pilihan ke 2, dan usahakan prodi pilihan kalian di restui
(tanpa do'a orang tua, kalian tidak akan menang)
dan ingat, utamakan prodi daripada pilihan universitas.

2.Pemilihan Universitas
Yakin pilih UGM? Memang sih UGM itu terbesar, dan terbaik ke 2 di indonesia, tapi UGM juga ada sisi negatif nya. Untuk kalian yang berada di luar pulau jawa, pikirkan tentang biaya hidup, seberapa sering kalian bisa pulang ke kampung halaman, dll. Untuk pemilihan universitas, kalian bisa menggunakan cara tersendiri. Namun usahakan urutan pilihan universitas sudah berurut sesuai passing grade nya. UGM memang pilihan yang bagus, namun belum tentu yang terbaik bagi kalian. Kalau memang dari perhitungan kalian UGM yang paling pas, maka mantapkanlah.

Note : Dua hal di atas bisa disesuaikan dengan cara kalian masing-masing. Usahakan jarak passing grade ketiga pilihan kalian terpisah jaraknya 3% (untuk saintek), atau 5% (untuk soshum), atau 7% (untuk ipc)

3.Untuk menang SBMPTN
Kunci menang SBMPTN dari ku terletak pada jumlah soal yang kalian jawab, tidak lebih.
Bahkan kalau kalian seorang siswa malas yang jarang belajar dan nilai hancur semua (seperti aku), masih bisa menang kalau pakai trik ini.

Total soal untuk SBMPTN ada 90 soal TKPA, 60 soal Saintek, dan 60 Soal Soshum. Dengan sistem penilaian poin 4 untuk jawaban benar, 0 untuk kosong, dan -1 untuk salah.

Preparation
Lihat PG pilihan kalian yang paling tinggi (pilihan 1), kalikan 3/2 (1,5) untuk melihat jumlah minimal jawab benar (kalau pecahan, bulatkan ke atas).

Answer Number/ Tentukan berapa soal yang akan kalian jawab

#Steps
Siapkan materi-materi yang akan kalian jawab. List materi mana saja yang akan kalian jawab.
Jangan pernah mencoba untuk menjawab soal sbmptn sebanyak mungkin, karena resiko gagal akan semakin tinggi.

Pertama cari dulu materi yang benar-benar kalian kuasai, atau kalian senangi, masukkan dalam list.

Lihat hasil Try Out kalian sebelumnya, materi materi mana saja yang kalian jawab benar (misal : kalian banyak jawab benar di materi matriks, maka masukkan materi itu ke list). Materi yang sering kalian jawab salah lebih baik tidak usah dijawab. Jumlah soal yang kalian jawab tergantung pada prodi yang kalian pilih (yang pilihan 1 tadi).

Materi yang berhubungan dengan prodi yang kalian pilih sebaiknya dijawab, karena jika nilai kalian berada dalam batas terima, dan ada orang lain yang nilai nya sama, maka yang diterima adalah yang menjawab soal yang berhubungan dengan prodi yang di tuju paling banyak.

Setelah di list materi yang akan dijawab, lihat perbandingannya dengan soal-soal tahun sebelumnya. Mana saja materi yang sering keluar dalam soal, dan mana saja yang tidak pernah keluar.
Kalau ada materi yang sama sekali tidak keluar, jangan dipelajari, buang dari list. Gantikan dengan materi yang berhubungan dengan prodi tujuan, atau materi yang sering keluar dan cukup bisa kalian jawab.

Setelah list nya sudah fix, hitung berapa kemungkinan nilai yang akan kalian dapat jika mengerjakannya. Alokasikan materi-materi dalam list kalian sesuai dengan answer number. Harap diperhatikan bahwa besar kemungkinan kalian menjawab salah, jadi kembali lihat hasil-hasil try out sebelumnya mana saja yang pernah kalian jawab salah.
(ingat, salah, bukan kosong)
Kemungkinan jawab salah juga bervariasi setiap orang, untuk aku sendiri, kemungkinan salah 20-30%

Bagaimana aku lolos SBMPTN
Pilihan 1 : Teknologi Informasi UGM (PG 40%)
Pilihan 2 : Teknologi Informasi USU (PG 37%)
Pilihan 3 : Teknik Informatika UNSRI (PG 33%)

-Alasan pemilihan Prodi : karena suka game.

-Alasan pemilihan universitas
UGM : ada keluarga di Jogja, passing grade tidak terlalu tinggi, serta biaya hidup murah.
USU : Dekat
UNSRI : PG nya cukup untuk jadi backup

Materi yang dikuasai : Logika (TKPA)
(karena logika adalah pokok utama teknologi informasi)

Asnwer : 100 - 75 soal TKPA, 25 soal Saintek
Persen salah di TO2 sebelumnya : 30%
Rata2 PG di TO2 sebelumnya : 39%

Answered
75 soal tkpa dari 90 soal, mengosongkan 10 soal matematika dasar, 2 soal b. inggris, 3 soal b. indo
aku hanya menjawab 5 soal di matematika dasar karena memang hanya itu yang ku tahu. Tiga soal b. indo dan 2 soal b. inggris yang ku kosongkan itu soal2 yang memang aku tidak mengerti.
Sedangkan soal lain di tkpa ku jawab habis.

25 soal saintek dari 60 soal, hanya menjawab 8 soal biologi, 7 soal fisika, 5 soal matematika dan 5 soal kimia.
To be honest, 50% dari yang ku jawab di saintek hanya berdasarkan firasat. Namun firasat disini adalah pola pertanyaannya yang serupa dengan soal-soal tahun sebelumnya dan ku perkirakan jawaban yang mungkin benar.
Saat SBMPTN, dari semua soal, dipastikan menjawab 80% benar (20% kemungkinan salah dari soal-soal saintek). dan PG yang ku dapat kemungkinan 45%.

Memang agak susah dipahami, soalnya aku sulit menyampaikannya. Tapi cara ini bisa diubah sesuai dengan cara kalian sendiri.
Intinya, Planning
Berapa soal yang dijawab, materi mana aja itu yang menentukan keberhasilan kalian.

4.Cara belajar
Untuk yang akan menjalani SBMPTN sebentar lagi.
Jangan belajar.
Buat planning kalian dan mulailah menjawab soal. Mempelajari materi baru hanya akan membuat pikiran kalian kurang fokus pada materi. Lebih baik menjawab soal-soal dengan materi yang kalian kuasai

-TKPA
Sebenarnya sudah terlambat untuk mengetahui ini sekarang. TKPA adalah senjata terbaik untuk lolos SBMPTN. Jika kalian menguasai TKPA, 90% kalian lolos (kalau tidak asal jawab di saintek/soshum). TKPA dapat dikuasai dengan mengasah logika kalian, cara paling ampuh adalah bermain game atau mengerjakan soal-soal tes IQ. Bahasa Inggris dapat dikuasai dengan film, novel luar negeri, atau musik. Bahasa indonesia bisa dikuasai dengan novel atau cerita.
sedangkan matematika tidak perlu dipaksakan, jawab yang bisa dikerjakan dan yakin benar.

5. Jangan takut dalam SBMPTN Anggap saja ini seperti Try Out, atau sebuah kuis kecil yang mudah. Ketahuilah, camaba sekalian, Kuliah is Hell.
Percayalah pada kemampuan kalian. Dan kalau kalian memang pantas, maka kalian akan masuk ke tempat yang kalian impikan.

-Menjaga pikiran tetap tenang
sedikit tips dari ku, ada 2 cara yang kupakai untuk menjaga pikiran tetap tenang.
1 .Buat senyaman mungkin
Saat mengerjakan soal di rumah, atau latihan menjawab soal, aku memutar musik. Pilihannya ada 2 : musik favorit (kalau aku sih Vocaloid), atau musik instrumental (jazz atau klasik).
2. Khusus muslim
Buat yang muslim, bisa download aplikasi iQuran lalu download audio data tiap surah, dan memutar audio itu saat tidur (atau bisa download versi mp3).

Kedua cara ini sangat ampuh untuk menjaga pikiran kalian tetap rileks, dan dalam kondisi positif. Khususnya cara kedua, efeknya akan terasa sekali.

6. Jangan lupa berdo'a
Tidak usah minta do'a ke banyak orang. Cukup do'a dari 2 orang aja, Ibu dan Ayah.
kalau tidak dapat restu dari mereka, jangan harap bisa lulus dengan mudah.
(malam sebelum ku sbmptn, aku telfon mama, sampai nangis minta do'a supaya lolos. sedangkan papa tidak bisa di telfon)

Sebelum dan sesudah SBMPTN
Belajar di hari terakhir? Jangan. Batin kalian tidak akan sanggup. Lebih baik kalian bersenang-senang seharian di H-1 SBMPTN (jalan-jalan keluar, jangan hanya di dalam rumah). Hal ini akan membuat kalian siap untuk perang (Tapi jangan lupa mempersiapkan alat tulis untuk ujiannya). Dan setelah selesai perang, lupakan semuanya. Bersenang-senang lagi.

Catatan :
Tidak usah takut kalau mau pakai cara di atas, karena aku sendiri hanya seorang siswi malas, yang selalu main game, tidak pernah belajar, sering nyontek, dan nilai hancur. Tapi dengan persiapan yang benar bisa sampai ke kampus biru".

Dengan membaca cerita diatas semoga semakin semangat dalam belajar. Walaupun begitu kiat sukses dan tips Lulus UGM di SBMPTN 2018 kembali pada kita sendiri yang menjalani, semoga sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel