FAQ : Ujian Mandiri UNNES pakai bidikmisi gratis apa bayar?

kampusajaib.blogspot.com - Jika pada pembahasan sebelumnya mengenai FAQ : Ujian mandiri UNNES bayar apa gratis sih?, pada pembahasan kita kali ini yaitu Ujian Mandiri UNNES pakai bidikmisi gratis apa bayar? Kita tahu sendiri kan kalau pada beranda bidikmisi kita bisa menggunakannya untuk beberapa jalur seleksi. Dan salah satu jalur yang bisa menggunakan bidikmisi adalah jalur ujian mandiri.


Berdasarkan info yang telah saya baca, bahwa siapa saja yang menggunakan bidikmisi untuk mendaftar jalur seleksi ke Perguruan Tinggi ataupun Politeknik bisa mendapatkan bebas biaya registrasi.

Walaupun telah tersedia dan bisa digunakan untuk mendaftar ujian mandiri namun tidak semua PTN membebaskan biaya registrasi atau dengan kata lain harus membayar sejumlah uang tertentu untuk mendaftar.

Lalu banyak pertanyaan yang muncul :

Kak mau tanya, kan aku mau daftar UM UNNES, di blog bilang kalo siswa yang ikut bidikmisi gratis. Tapi pas aku udah daftar, kartunya malah nggak bisa di cetak. Malah harus bayar dulu. Menurut kakak gimana?

Selain itu juga ada beberapa pertanyaan yang serupa :

Fatma
katanya pendaftar bidikmisi biaya pendaftarannya gratis, tapi waktu mau cetak kartu kok harus bayar..mohon prnjelasanya..


Izzu
Bagaimana caranya mendaftar SPMU dengan Jalur Bidik Misi yang sudah memiliki KAP dan PIn, , namun kenyataannya saya masih di suruh Membayar Biaya Pendaftaran, bagaimana dengan pernyataan di atas?
Mohon bantuannya, Terimakasih


Juni Rahwanti
saya sudah daftar di bidik misi dan sudah dapat pin sama kap trus sudah ngisi formulir dan dpt pin…trus saya mau cetak kartu kok katanya harus bayar dulu??yang bener prosedur bwad bidikmisi gimana???mohon jawabannya. thanks


Iya memang di UNNES jika kita mendaftar ujian mandiri tulis menggunakan bidikmisi akan mendapatkan gratis biaya pendaftaran. Kakak kelas saya yang di UNNES juga bilang begitu. Kita tidak perlu lagi pusing memikirkan biaya pendaftaran karena telah ditanggung oleh pemerintah.

Berikut keterangan yang saya kutip dari web resmi UNNES :

Bagi calon peserta yang mendaftar melalui jalur Bidikmisi harus memperoleh KAP dan PIN pendaftaran seleksi mandiri dari laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id untuk dapat dibebaskan dari pembayaran biaya seleksi.

Namun mengenai kartu pendaftaran UM UNNES yang tidak bisa dicetak sebenarnya sudah pernah terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Para pendaftar bidikmisi UM UNNES sebagian kesulitan saat akan mencetak kartu dan berkas yang harus dibawa saat tes nanti.

Lalu bagaimana kak solusinya? Setelah saya tanya-tanya dengan admin di akun resmi UNNES ternyata untuk pelamar bidikmisi jika tidak bisa mencetak kartu pendaftaran memang diharusan untuk membayar biaya pendaftaran. Namun dengan tanda kutip bahwa nanti setelah dinyatakan diterima dan lolos seleksi bidikmisi barulah uang pendaftaran tersebut akan dikembalikan.

Jadi bagi kamu yang bingung kenapa kok sudah daftar bidikmisi dan harus bayar tidak usah khawatir ya. Tips dari saya kalau mau cari aman segeralah daftar saat pendaftaran baru dibuka. Kenapa? karena pada saat pendaftaran baru dibuka belum banyak yang mengakses web penerimaan UNNES, jadi kemungkinan untuk sistemnya error itu kecil (ini hanya pendapat saya saja, bisa jadi salah).

Tahun 2017 beberapa kasus seperti diatas pernah saya temui, namun rata-rata terjadi setelah selang beberapa hari pendaftaran dibuka, yang mendaftar di awal-awal mereka lancar kok tidak ada masalah dgngan kartu yang tidak bisa dicetak.

Kalau diterima dan lolos bidikmisi uang pendaftaranya di kembalikan. Tapi kalau tidak diterima apa di kembalikan juga uang pendaftaranya?

Tidak. Jika Kamu tidak diterima UM UNNES maka otomatis uang pendaftaran juga hilang ya. Sama halnya dengan jika dinyatakan diterima UM UNNES namun ternyata seleksi bidikmisi tidak lolos maka uang pendaftaran juga tidak dikembalikan.

Namun jangan khawatir karena di UNNES tersedia banyak sekali beasiswa jika nanti sudah resmi menjadi camaba UNNES. Dengan begitu biaya yang harus dikeluarkan selama masa kuliah bisa sedikit berkurang.

Semoga bermanfaat...!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel