FAQ : Ujian mandiri UNNES reguler bayar berapa?

FAQ : Ujian mandiri UNNES bayar apa gratis sih? - kampusajaib.com | Bagaimana pengumuman SBMPTN kemarin? apakah lolos? Selamat buat yang sudah lolos ke universitas impian kalian.

Namun bagi yang memang belum mendapat kesempatan lolos tetap semangat dan jangan pernah putus asa. Masih ada banyak jalan menuju kampus impian.

Ibarat hendak menjadi kaya, banyak jalan yang bisa ditempuh untuk bisa kaya. Kalau dalam seleksi masuk kuliah kita tahu berbagai jalur yang bisa dicoba. Salah satu jalur yang bisa menjadi alternative efektif untuk kuliah adalah melalui jalur ujian mandiri.

Jalur ujian mandiri merupakan bisa dikatakan jalur terakhir bagi kalian untuk seleksi ke PTN atau Politeknik negeri. Jika sebelumnya sudah mencoba SNMPTN, PMDKPN, SPANPTKIN, UMPN, SBMPTN, dan UMPTKIN namun masih tetap belum bisa lolos, solusinya adalah mencoba jalur ujian mandiri.

Oke dalam pertemuan kali ini saya akan membahas tentang ujian mandiri. Berbagi pengalaman sedikit Admin pernah mencoba sendiri mengikuti ujian mandiri di UNNES.


Tadinya sih mau ikut ujian mandiri UNDIP juga tapi kepentok masalah biaya, alhasil cuma bisa nyoba UM UNNES saja. Lumayan sih bisa dapat soalnya buat dibagikan untuk pengunjung setia blog ini.

Jalur mandiri di UNNES sendiri dibagi lagi menjadi dua kelompok. Yang pertama jalur mandiri yang menggunakan prestasi dan kelompok kedua ialah jalur ujian mandiri yang menggunakan tes tulis.

Jadi jangan kalian pikir di UNNES menggunakan nilai SBMPTN ya pada seleksi mandirinya karena UNNES hanya menggunakan jalur prestasi dan tes tertulis.

Peserta SM-UNNES diperbolehkan untuk memilih maksimum dua program studi untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum, dan maksimum tiga program studi (Saintek dan Soshum) untuk kelompok ujian Campuran.

Sedangkan biaya seleksi peserta SM-UNNES sebesar Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum, dan Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) untuk kelompok ujian Campuran.

Misalnya saja Kamu mau ikut kelompok campuran dan mendaftar jurusan sastra Inggris dan pendidikan bahasa Inggris, lalu Kamu boleh memilih satu jurusan lagi tapi harus di rumpun saintek (IPA). Jadi intinya maksimal Kamu bisa pilih 2 soshum dan 1 saintek ataupun 2 saintek dan 1 soshum.

Mengenai Ujian mandiri UNNES apakah bayar apa gratis?

Admin sendiri pada waktu itu menggunakan bidikmisi pada seleksi mandiri UNNES. Jadi kita bisa pakai bidikmisi nih, kan di dasbor pada laman bidikmisi ada opsi untuk menggunakan pada jalur ujian mandiri.

Setiap universitas memiliki prosedur yang berbeda terkait penggunaan bidikmisi untuk jalur mandiri. Nah pada jalur mandiri UNNES kita bisa bebas dari biaya registrasi alias gratis.

Jadi bila kondisi ekonomi keluarga Kamu masih pas-pasan, sedangkan untuk membayar biaya pendaftaran merasa kesulitan, Kamu bisa mendaftar ujian mandiri UNNES menggunakan bantuan bidikmisi.

Semoga bermanfaat...!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel