Berkas Yang Wajib Disiapkan Untuk Bidikmisi 2020

Berkas Yang Wajib Disiapkan Untuk Calon Pelamar Bidikmisi - kampusajaib.blogspot.com | Bagi Kamu yang berencana hendak mendaftar bidikmisi untuk kuliah di PTN maupun PTS, ada beberapa berkas penting yang harus Kamu siapkan mulai dari sekarang.


Mengingat pola seleksi bantuan bidikmisi yang benar-benar ketat, calon pendaftar dituntut untuk bisa melengkapi berkas wajib maupun berkas pendukung selengkap mungkin demi menjaga agar peluang lolos seleksi bantuan bidikmisi semakin besar.

Tahapan yang harus dilalui dalam proses seleksi ini diantaranya adalah tes wawancara dengan di dampingi orangtua calon mahasiswa baru, dan berikutnya survey menuju lokasi tempat tinggal calon mahasiswa baru.

Biasanya dalam sesi tes interview yang ditanyakan seputar kehidupan keluarga, mulai dari pekerjaan, penghasilan, hutang, piutang, beban keluarga, masalah yang sedang dihadapi, dst.

Tak lupa juga calon mahasiswa baru ditanyai perihal kegiatan selama di sekolah dan prestasi apa saja yang telah diraih semasa sekolah. Jawab saja jujur dan apa adanya, jangan sesekali mencoba berbohong karena akan fatal akibatnya.

Selanjutnya pada saat survey biasanya yang melakukan survey adalah mahasiswa dan atau perwakilan dari fakultas. Tidak semua calon mahasiswa baru pelamar bidikmisi di survey sampai lokasi tempat tinggalnya. Hanya yang lokasinya tidak jauh yang akan di survey. Namun jika lokasi tempat tinggal sangat jauh cukup di telfon saja.

Dalam survey bidikmisi biasanya kita akan di mintai beberapa berkas. Nah berkas inilah yang harus kita siapkan mulai dari sekarang. Apa saja berkas untuk persyaratan bidikmisi 2020?

1. Bukti Pembayaran listrik, telepon, air


Berkas ini biasanya akan digunakan saat survey bidikmisi dilakukan. Usahakan agar melengkapinya dengan mengumpulkan bukti pembayaran listrik,air,dan telepon keluarga Kamu. Setidaknya Kamu punya bukti pembayaran listrik yang bisa dilampirkan.

Saran saya sebaiknya kumpulkan bukti pembayaran tersebut diatas sepanjang tiga bulan terakhir. Kalaupun hanya memiliki bukti sebulan terakhir pun tidak apa-apa, namun lebih lengkap akan lebih baik.

2. KIP (Kartu Indonesia Pintar) / SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) dari Kepala Desa


Salah satu syarat wajib pelamar bidikmisi adalah memiliki KIP dan SKTM. Keduanya harus di unggah pada akun bidikmisi masing-masing pelamar sebelum survey dilakukan.

Tapi diketahui jika pemegang KIP hanyalah beberapa siswa/i saja lantaran merekalah anak-anak yang telah terpilih. Namun bagaimana jika pelamar bidikmisi tersebut adalah anak kurang mampu dan tidak memiliki KIP?

Bagi yang hendak mendaftar bidikmisi namun tidak memiliki KIP, solusinya adalah mengajukan SKTM (surat keterangan tidak mampu) ke kantor desa. Memiliki KIP adalah opsional, artinya bukanlah kewajiban untuk memilikinya, bagi yang tidak memiliki KIP cukup menggantinya dengan membuat SKTM.

3. Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah


Surat keterangan tidak mampu dari kepala sekolah merupakan surat yang menerangkan bahwa anak tersebut merupakan siswa/i yang kurang mampu serta memiliki potensi akademik yang baik.

Surat keterangan dari kepala sekolah selain digunakan untuk wawancara/survey bidikmisi nanti, juga digunakan untuk dibawa saat melaksanakan ujian SBMPTN ataupun ujian mandiri tulis yang akan Kamu ikuti.

4. Bukti Pembayaran PBB (Pajak Bumi Bangunan)


Pajak Bumi dan Bangunan merupakan sejumlah biaya yang harus dibayarkan dari masyrakat kepada negara atas pemakain bumi dan bangunan setiap satu tahun sekali.

Pada dasbor bidikmisi, kita diwajibkan mengisi data-data terkait harta dan aset keluarga yang diantaranya adalah tanah dan bangunan yang dimiliki. Untuk mengisinya maka Kamu bisa melihat bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan keluarga Kamu.

Bukti pembayaran PBB juga wajib dibawa saat pelamar bidikmisi melaksanakan wawancara dan survey bidikmisi. Maka dari itu mulai dari sekarang siapkan berkas bukti pembayaran PBB dan jangan sampai ada yang hilang ya.

Demikian berkas-berkas penting yang harus dilengkapi oleh calon pelamar bidikmisi mulai dari sekarang. Untuk berkas lainnya sebenarnya masih ada, namun yang paling penting adalah yang saya uraikan diatas karena berkas lainnya seperti ijazah bagi alumni ataupun SKL (Surat Keterangan Lulus) bagi yang baru lulus tahun ini bisa menyusul.

Semoga bermanfaat...!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel