Jurusan Otomotif (TKR) SMK N 1 Blora

Review Bengkel Otomotif (TKR) SMK N 1 Blora - kampusajaib.blogspot.com | Tidak seperti sekolah kejuruan pada umumnya, bengkel otomotif yang ada di SMK N 1 Blora menurut saya sudah lumayan bagus. Hal ini ditunjukkan dengan sistem KBM yang sudah didukung oleh sarana pengajaran untuk menunjang segala aktivitas didalamnya.

Baca juga : Cara Pendaftaran Online SMK N 1 Blora Tahun 2018/2019


Sarana dan prasarana itu antara lain fasilitas ruangan kelas ber-AC, fasilitas praktek yang memadai, alat/tool untuk melakukan pekerjaan pada kendaraan, adanya fasilitas internet gratis (Wi-Fi HotSpot) untuk memudahkan siswa dan guru guna mencari informasi di internet, serta didukung dengan ruangan-ruangan yang bersih serta telah di renovasi.

Pada saat kegiatan belajar sedang berlangsung, disalah satu ruangan sudah dilengkapi dengan LCD Proyektor yang menurut saya ini sangat bagus sebagai media penyampai materi.

Di dalam melakukan praktek telah disediakan alat-alat seperti alat ukur, kunci-kunci, buku pedoman, dan masih banyak lagi yang semuanya sudah tersusun rapi dalam ruang alat. Pada saat kita sedang membutuhkan alat tersebut kita tinggal mengambil dan setelah dipakai pun di tata dan dikembalikan lagi seperti semula.

Namun di bengkel otomotif sering dijumpai para murid yang membuang sampah seenaknya. Seperti di laci meja, selokan, dibawah meja, di depan bengkel, dan banyak tempat lainnya, bahkan di WC pun ada sampah.

Selain itu seringkali para murid tidak menaati peraturan yang berlaku dengan menyalahgunakan fasilitas yang ada. Seperti menggunakan internet gratis saat sedang ada guru yang mengajar di kelas. Banyak yang menggunakannya untuk manin sosial media, main game online, sampai download dan streaming youtube.

Sebagai sekolah yang modern, di bengkel ini juga sudah dibuatkan adanya jalur hijau. Jalur hijau digunakan oleh siswa-siswi yang sedang berada di area sekolah. Ketika berjalan harus diatas jalur hijau, kalau tidak akan mendapat sanksi berupa teguran secara lisan.


Yang saya tahu dan saya tangkap jalur hijau ini sendiri dimaksudkan agar para murid terbiasa berjalan diatasnya agar nanti saat masuk ke dunia industri tidak kaget akan aturan ini dan bisa cepat beradaptasi.

Jalur hijau sudah digunakan di semua industri di Indonesia. Tujuan utamanya tentu karena faktor keamanan dan keselamatan. Ketika kita sedang berjalan di jalur hijau di dunia industri lalu ada musibah yang terjadi maka penanganan akan ditanggung oleh pihak perusahaan. Lain halnya jika tidak berjalan diatas jalur hijau ketika terjadi musibah yang tidak disengaja maka kita tidak akan mendapat penanganan lebih lanjut karena perusahaan sudah lepas tangan.

Harapan saya untuk di masa yang akan datang sudah tidak ada lagi siswa-siswi yang melanggar aturan dengan tidak berjalan diatas jalur hijau, tidak ada sampah yang berserakan dimana-mana, supaya tercipta suasana yang kondusif. Bengkel otomotif juga masih harus perlu dibenahi yaitu perlunya tempat untuk masing-masing kelas di bengkel. Karena jumlah kelas ada 9 sedangkan ruang yang tersedia hanya 3 ruang kelas. Jadi saat akan belajar teori harus bergantian dengan kelas yang lain. Tak jarang juga ada kelas yang harus mengalah tidak mendapatkan ruangan.

Membahas bengkel otomotif tak lepas dari jurusan TKR yang ada di SMK N 1 Blora. Jurusan TKR terbilang merupakan jurusan paling favorit di SMK se-Kabupaten Blora. Tak hanya di Blora saja, kepopuleran jurusan TKR juga tercium sampai Purwodadi.

Tak ayal setiap tahun ada saja anak TKR yang berasal dari Purwodadi. Walaupun minoritas dibanding siswa-siswi asli dari Blora, namun setiap tahun selalu ada. Tak hanya di jurusan otomotif saja, di jurusan lain pun banyak.

Semuanya tersebar di berbagai jurusan. Anak dari Purwodadi yang sekolah di SMK N 1 Blora terbilang lumayan banyak. Hal ini memang benar karena persebarannya lumayan banyak di masing-masing jurusan. Seperti TPM, TLAS, TKBB, dan TITL.

Demikian Review Bengkel Otomotif (TKR) SMK N 1 Blora.

Semoga bermanfaat...!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel